Pencegahan Penyakit Diabetes

Resiko diabetes selalu ada di sekitar kita, posting ini sebagai pengetahuan kita agar waspada terhadap penyakit diabetes yang ternyata menurut Badan Kesehatan Dunia merupakan penyakit pembunuh ketiga setelah penyakit jantung dan kanker.

Terganggunya produksi hormon insulin membuat tubuh kita tidak mampu mengubah makanan menjadi energi.

Mengingat saat ini belum ditemukannya obat resmi yang dinyatakan benar-benar mampu menyembuhkan penyakit Diabetes, usaha pencegahan menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Para pakar kesehatan terus mengadakan penelitian terhadap penyakit Diabetes dan sejauh ini telah merumuskan beberapa hal untuk pencegahan penyakit ini sejak awal. Beberapa tips sederhana berikut ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit Diabetes hingga 80 persen.

Baca juga: Penanganan Pada Penderita Sirosis Hati


1. Ketahui riwayat kesehatan keluarga

Seseorang mempunyai resiko 6x lebih besar menderita Diabetes jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang menderita Diabetes. Sebaiknya kita lebih waspada menjaga pola makan dan aktivitas sehari-hari.
Pencegahan Penyakit Diabetes

2. Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan resiko terkena Diabetes. Sebagian besar orang yang terdiagnosa penyakit Diabetes memiliki berat badan berlebih.

3. Diet seimbang

Penting untuk kita membatasi konsumsi gula dan karbohidrat karena Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi atau menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi.

4. Olahraga teratur dan terus aktif secara fisik

Mengontrol berat badan dan meningkatkan alirah darah dengan olahraga secara teratur sangat membantu dalam pencegahan diabetes. Terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi.

5. Tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar

Berdasarkan hasil penelitian, bioflavonoid atau zat warna dalam buah-buahan dan tanaman dapat merangsang produksi insulin serta menghambat proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein (glikasi) sehingga merangsang pembentukan advanced glycation end products (AGE).

6. Periksakan kesehatan secara rutin

Bagi anda yang berusia di atas 45 tahun sebaiknya memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah. Apalagi, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor resiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai sejak usia lebih dini.

Gejala kencing manis dapat berkembang dengan cepat waktu ke waktu dalam hitungan minggu atau bulan. Jangan sepelekan Diabetes. Diabetes bisa semakin parah jika tak diwaspadai sejak dini, bahkan bisa mengakibatkan komplikasi seperti serangan jantung, kebutaan dan gagal ginjal.



***


Related Posts

Pencegahan Penyakit Diabetes
4/ 5
Oleh