Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Pesatnya perkembangan teknologi komputer saat ini membuat berbagai macam aktivitas ku sehari-hari tak bisa lepas dari sistem komputerisasi. Bahkan bisa dibilang, menjadi sebuah ketergantungan. Baik di tempat kerja maupun di rumah.

Namun, sejak dulu aku tak pernah tahu bagaimana sejarah komputer dari masa ke masa. Yuk, kita ikuti hasil penulusuranku tentang pengertian dan sejarah perkembangan komputer berikut ini!

Aku awali dari pengertian komputer, menurut bahasa, ternyata komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang berarti menghitung.

Sedangkan, jika berdasar dari artikel-artikel yang kubaca di internet dan mendefinisikannya secara pribadi, Komputer adalah alat elektronik yang mempunyai tugas menerima input digital, mengolah data atau informasi sesuai perintah yang telah dirumuskan untuk menghasilkan output yang dibutuhkan dan berjalan secara otomatis.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Tentang Macam Kabel yang Terdapat Pada Komputer atau Laptop

Setelah mengetahui tentang definisi komputer, selanjutnya aku coba cari tahu bagaimana sejarah pertama kali komputer dibuat, dan bagaimana perkembangannya dari masa ke masa.


Komputer Generasi Pertama

Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum.

ENIAC mulai dibuat dan dikembangkan sejak tahun 1946 dengan ukuran sangat besar, penempatannya saja membutuhkan ruang kurang lebih 500m2, menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor.

Tidak tanggung-tanggung, untuk bisa mengoperasikannya dibutuhkan daya sebesar 140 kilowatt. Pada masanya, ENIAC bisa dibilang sebagai mesin yang sangat canggih, dalam waktu satu detik,

ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari, dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya.

ENIAC pertama kali digunakan sebagai keperluan kalkulasi sensus di AS dan dioperasikan sampai tahun 1963.


Komputer Generasi Kedua

Kelahiran komputer generasi kedua ini ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Teknologi sirkuit yang digunakan berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
  • Operasi bahasa yang digunakan sudah tingkat tinggi, seperti FORTRAN dan COBOL.
  • Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage dan menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  • Mempunyai kemampuan proses real time dan real-sharing.
  • Proses operasi lebih cepat, ukuran fisik sudah lebih kecil dan kebutuhan daya listrik lebih sedikit.
  • Program-program yang tersedia tidak lagi hanya berorientasi bisnis, tapi juga teknik.


Pada era generasi komputer kedua ini menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan keluarga komputer terbesar kedua. Harganya lebih murah dibandingkan dengan generasi pertama.

Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial. Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya yaitu: UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.


Komputer Generasi Ketiga

Teknologi Integrated Circuit (IC) mulai digunakan pada generasi ketiga. Pada tahun 1959, Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor ialah perusahaan pembuat komponen IC pertama.

Dulunya, IC pertama kali dibuat hanya berisikan enam transistor, bisa dibandingkan dengan prosesor yang kita gunakan saat ini dengan ratusan juta transistor di dalamnya. Sungguh perkembangan yang luar biasa dalam dunia komputer selama kurun waktu setengah abad.

Berikut ini adalah ciri-ciri komputer generasi ketiga yang membedakan dari generasi sebelumnya:

  • Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat karena menggunakan IC.
  • Perkembangan software juga mengalami peningkatan.
  • Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Media penyimpanan luarnya lebih besar atau terdiri dari jutaan karakter dengan menggunakan disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random acces).
  • Memiliki kemampuan multiprocessing dan multitasking.
  • Dapat mengeluarkan suara dan telah menggunakan terminal visual display.
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.


Sebagai contoh jenis-jenis komputer generasi ketiga di antaranya yaitu: IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 dan GE 600.


Komputer Generasi Keempat

Pembeda generasi keempat dengan generasi sebelumnya terletak pada IC nya yang lebih kompleks dan terintegrasi. Perusahaan Intel mendominasi dalam generasi ini.

Pada tahun 1971 misalnya, Intel memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik.

Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama.

Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color). Akan tetapi, pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible.

Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).


Komputer Generasi Kelima Hingga Sekarang

Pada awal 1981, IBM membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal yang hingga saat ini menjadi standar komputer PC atau dikenal dengan nama Standar IBM-PC.

Processor yang digunakan adalah 8088/8086 dengan basis proses 16 bit persatuan waktu dan juga menjadi standar komputer saat ini. IBM bekerja sama dengan Microsoft dalam pengembangan software-software di dalamnya.

Terjadi perubahan besar pada perkembangan selanjutnya sejak IBM-PC diperkenalkan, mulai bermunculan perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang juga menjadi standar baru dalam dunia industri PC. Dipelopori oleh W. Bill Gates sebagai pionir standar hardware dan software dunia.

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, sebuah teknologi pengganti chip yang memiliki kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik.

Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer.

Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti Chip 486 yang diperkenalkan tahun 1989 memiliki 1,2 juta transistor.

Selanjutnya tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Dilanjutkan dengan Pentium 2, 3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32).

Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.

Perlu diketahui bahwa hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas.

Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.


Komputer Masa Depan

Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi
Teknologi komputer yang ada saat ini membuatku agak sulit membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.

Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.

Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.

Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.

Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.

Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

***

Itulah sekilas tentang perkembangan komputer secara umum yang dapat aku sampaikan dalam posting kali ini. Tentu saja dalam perkembangan selanjutnya, teknologi komputer akan menjadi semakin canggih dan menakjubkan.

Dari sini bisa aku simpulkan, komputer yang semula bentuknya sangat besar dengan harga serta biaya pengoperasiannya yang mahal, kini bisa kita gunakan juga nikmati dalam ukuran jauh lebih kecil dan efisien dari segi harga serta biaya operasi.


Sumber:
Google.co.id


    Related Posts

    Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi
    4/ 5
    Oleh