Salahkan Orang Lain

Salahkan Orang Lain

Salahkan Orang Lain
Mohon dijawab beberapa pertanyaan berikut sebelum sahabat-sahabat membaca lebih lanjut tulisan ini. Pertama, Saran dan pendapat siapa yang selalu anda dengar?

Kedua, Sebutkan seseorang yang memberikan pengaruh paling besar dalam hidup anda? Ketiga, Siapa yang paling berjasa sehingga anda bisa jadi seperti sekarang ini?

Sudahkah anda menjawab ketiga pertanyaan tersebut? Aku juga ingin menunjukkan jawaban ketiga pertanyaan tersebut.


Baca juga: Jangan Anggap Remeh Orang Di Sekitar Kita

Jawaban dari semua pertanyaan itu bagiku hanya tertuju kepada satu nama yaitu “AKU SENDIRI”.

Berhati-hatilah apabila jawaban ketiga pertanyaan tersebut di atas bukan nama anda karena menurut Paul McGee, mungkin anda mengidap suatu penyakit yang dinamakan SOL (Salahkan Orang Lain).

Paul McGee merupakan seorang pembicara tingkat dunia juga pendiri Professional Speakers Association.

Orang yang memiliki atribut SOL ini sering merasa sebagai KORBAN. Dari mulutnya, kata-kata yang keluar adalah, “Ini bukan salahku. Aku tidak mampu melakukan apapun. Hidupku menjadi kacau gara-gara dosen/pimpinan.

Karena orang tua hidupku menjadi tertekan. Dan sebagainya.” Ia hanya bisa menyalahkan orang lain atas nasib yang diterimanya. Jika anda termasuk di dalamnya, maka atribut SOL harus segera dibuang karena hanya akan menjadikan hidup anda semakin terpuruk.

Mulailah dari sesuatu yang sederhana, misalnya ubah bahasa anda menjadi sesuatu yang positif, seperti “Saat ini aku tidak bahagia, apa yang bisa ku lakukan? Aku harus memperbaiki diri! Selalu ada jalan keluar dan aku harus menemukannya.”

Bila memang faktanya anda diperlakukan tidak adil oleh orang lain, janganlah terus menerus bersikap tidak berdaya. Berbuatlah sesuatu, tingkatkan kompetensi sehingga anda seharusnya memang tidak layak untuk diremehkan. Jadilah orang yang bertanggung jawab atas hidup anda.

Tinggalkan segera atribut SOL yang menempel dalam diri anda. SOL dalam jangka pendek mungkin menenangkan anda tetapi dalam jangka panjang hanya akan menjerumuskan ke ‘Jurang Derita Terdalam’.


Sumber/gambar:
www.jamilazzaini.com/sol/
http://eko-mulyodarmono.blogspot.com/2011/03/kebiasaan-buruk-menyalahkan-orang-lain.html
Baca selengkapnya »
Menjadi Pembicara Yang Baik Dalam Forum

Menjadi Pembicara Yang Baik Dalam Forum

Salah satu kunci kesuksesan seseorang berkaitan erat dengan kemampuan berbicaranya.

Tak dapat dipungkiri, banyak orang pandai tapi kemampuan berbicaranya lemah menjadikan ia sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga kepandaiannya tersebut tidak banyak orang mengetahui.

Hal itu tentu membuatnya kalah saing dengan orang-orang berkemampuan bicara yang baik. Jadi, perlu ada keseimbangan antara pemikiran dan kemampuan berbicara.

Kelihaian lidah seseorang dalam berbicara dapat membuat kita terpana dan kagum hingga menjadikan kita ingin bisa sepertinya.

Baca juga: Pemahaman-pemahaman Tentang Stress Yang Salah

Semakin baik kemampuan berbicara seseorang, semakin baik pula komunikasi dirinya dalam memaparkan sesuatu, sehingga kesalahpahaman antar personal dapat diminimalisir.

Kondisi ini bukanlah mengharuskan kita untuk banyak bicara, tapi bagaimana membuat apa yang kita bicarakan mempunyai esensi dan makna sesuai tujuan pemikiran serta bermanfaat bagi diri kita dan orang yang mendengarkannya.

Bicaralah seperlunya, sampaikan jika memang ada yang ingin dibicarakan.

Menjadi Pembicara Yang Baik Dalam Forum
Berbicara dalam forum nampaknya mudah, tapi praktiknya ternyata sulit dilakukan. Perasaan-perasaan mengganggu seperti: tegang, grogi, takut salah dan lainnya memang sangat menghantui seseorang ketika hendak menyampaikan pemikiran dan pendapatnya.

Bahkan seseorang yang sudah terbiasa vokal pun ketika dihadapkan pada forum dengan audiens yang berbeda seakan muncul perasaan canggung dan ragu saat hendak mulai berbicara.

Pada posisi ini perlulah kita juga mengetahui seni dalam berbicara.

Bagaimana membuat kata dan kalimat sebelum melesat keluar dari kerongkongan, meluncur dari bibir dan lidah sudah harus mampir dulu di otak, diproses, ditimbang-timbang dan dicek ulang.

Agar setiap kata dan kalimat yang diucapkan tertata dan dapat dikontrol sehingga tidak melenceng dari alur pembicaraan serta tidak terlalu banyak mengeluarkan kata-kata yang tidak perlu.

Susah? Memang tidak mudah.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan pada saat berbicara dalam forum. Langkah awal yang perlu dipersiapkan hanyalah soal keberanian.

Sebelum kita mulai berbicara, keberanian untuk ber-argumen menyampaikan pemikiran dan mengemukakan pendapat merupakan hal utama yang harus kita punya.

Kita diharuskan juga memahami isi pembicaraan, jangan sampai nantinya malah ditertawakan orang karena apa yang kita bicarakan dalam forum malah memperlihatkan ketidak pahaman kita akan isi pembicaraan.

Jika pembicaraan kita ingin didengarkan orang lain, maka seyogyanya pula kita harus mau mendengarkan orang lain berbicara. Pendapat dan pemikiran orang lain membantu kita dalam mempertimbangkan apa yang akan kita sampaikan.

Kita juga harus mencermati etika dalam memposisikan diri kapan saatnya menjadi pembicara dan kapan saatnya menjadi pendengar.

Bersikap dan berpikir positif merupakan hal penting ketika berbicara, pro dan kontra menjadi suatu hal yang lazim dalam sebuah pendapat. Jadi sebaiknya kita tidak terjebak dengan emosi dan pemikiran-pemikiran sempit tentang suatu wacana.

Kemudian kendalikanlah apa yang kita bicarakan, antisipasi setiap kata-kata yang keluar agar setiap kalimat memiliki tujuan pasti. Jagalah pembicaraan agar tidak keluar dari jalurnya, sehingga topik yang dibicarakan tidak buyar serta setiap masalah yang muncul dapat segera ditemukan solusinya.

Orang yang pandai berbicara biasanya tahu kapan saatnya menjadi humoris dan kapan pula saatnya harus serius. Orang lain akan lebih mudah memahami apa yang kita bicarakan jika kita menggunakan bahasa yang ringan, sederhana dan bisa membuat orang lain tersenyum.

Bahasa tubuh (body language) dan kontak mata (eye’s contact) juga ternyata mempunyai pengaruh dalam setiap penyampaian isi pembicaraan, penekanan-penekanan pada setiap kata diperlukan untuk memberikan rangsangan kepada otak agar orang lain lebih mudah mencerna dan mengingat apa yang kita sampaikan.

Biasanya setiap orang mempunyai gaya bahasa tubuh yang spesifik dan menjadi ciri khas dirinya dalam berbicara (lihat saja Presiden SBY ketika pidato….☺).

Menurut Larry King, ciri-ciri pembicara yang baik biasanya memandang suatu hal dari sudut pandang yang baru dan berbeda, memiliki wawasan dan cakrawala yang luas, antusiasme pada apa yang orang perbuat dan orang lain ungkapkan, hampir tidak sering membicarakan tentang diri sendiri dan memiliki rasa keingintahuan yang besar.

Selain itu, pembicara yang baik juga mempunyai rasa humoris yang tinggi, menunjukkan rasa empati dan pintar menempatkan diri dalam situasi dan kondisi apapun, serta mempunyai ciri khas gaya bicaranya sendiri.

Melatih diri menjadi pembicara yang baik butuh proses panjang dan memang tidak mudah, yang terpenting adalah bagaimana kita mau membiasakan diri berbicara dalam forum di setiap kesempatan yang ada.


Gambar:
http://wanbul.blogspot.com/2013/12/cara-mengatasi-grogi-saat-presentasi.html
Baca selengkapnya »
Internet Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Internet Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Internet Pendongkrak Pertumbuhan EkonomiIndustri teknologi dunia telah berkembang signifikan. Di Asia, akselerasi pertumbuhan layanan jasa dan pelanggan menunjukkan tren yang berkesinambungan.

Internet sebagai salah satu jenis layanan tekonologi informasi juga membukukan kinerja perkembangan yang tinggi.

Di beberapa negara, selama kurun waktu satu dekade terakhir, pertumbuhan bahkan tercatat melebihi 1.000 persen.

Perkembangan layanan koneksi dunia maya itu tentu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan dan perkembangan bisnis para pelaku usahanya di masa yang akan datang.

Secara total, jumlah pengguna layanan Internet di wilayah Asia mencapai 825,094 juta pengguna atau sekitar 41,95 persen dari total pengguna internet di seluruh dunia yang mencapai 1.966 juta pengguna.

Dari total pengguna di wilayah Asia, China membukukan pengguna internet terbesar yakni 420 juta pengguna.

Indonesia yang memiliki sekitar 242 juta penduduk menempati urutan kelima terbesar di seluruh Asia, dengan pengguna internet sekitar 30 juta orang. Negara lain seperti Filipina, Malaysia dan Taiwan masing masing memiliki sekitar 29,70 juta, 16,90 juta dan 16,13 juta pengguna internet.

Bila melihat dari sisi pertumbuhan, Indonesia juga masuk dalam kategori lima terbesar dengan membukukan pertumbuhan sekitar 1.400 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Hingga beberapa tahun ke depan, kami melihat potensi perkembangan layanan jasa internet sebagai bagian dari industri telekomunikasi masih akan mencatat pertumbuhan yang signifikan.

Beberapa operator telekomunikasi yang ikut menawarkan jasa koneksi internet juga berpotensi mendapatkan benefit dari kondisi tersebut.

Ekspansi usaha yang dilakukan untuk mengembangkan jasa layanan koneksi internet tentu bisa memberikan peningkatan kontribusi total pendapatan konsolidasi perusahaan serta berpotensi menjadi stabilator terhadap penurunan pendapatan maupun stagnannya pertumbuhan pendapatan yang dapat terjadi pada lini bisnis telekomunikasi lainnya.

Kami menilai, perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia akan terus positif.

Sumber/gambar:
Akhmad Nurcahyadi analis dari BNI Securities (VIVAnews)
http://www.setkab.go.id/artikel-6342-ekonomi-indonesia-2012-tetap-kuat-di-tengah-ketidakpastian-global.html
Baca selengkapnya »
Jadwal Kerja Tubuh Manusia

Jadwal Kerja Tubuh Manusia

Bangun pagi membuat badan lebih segar dan produktifitas kita menjadi lebih baik. Persiapan pun bisa dilakukan lebih matang. Anda bisa berangkat kerja atau kuliah lebih pagi  sehingga tidak terburu-buru karena takut dimarahi atasan ataupun malu sama dosen karena terlambat datang.

Berdasarkan sebuah riset ternyata Penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang. Sebab jadwal kerja tubuh manusia adalah:

Malam hari pk 21.00 – 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.

Baca juga: Sudah Baikkah Kualitas Tidur Kita?

Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negative untuk kesehatan.

Jadwal Kerja Tubuh ManusiaMalam hari pk 23.00 – dini hari 01.00 : saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari 01.00 - 03.00 : proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari 03.00 – 05.00: de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini.

Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pagi pk 05.00 – 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.

Pagi pk 07.00 – 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 06.30. Makan pagi sebelum pk 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuat kualitas hidup Anda menjadi Luar Biasa !

Sumber/gambar:
http://okalina.com/perhatikan-jadwal-kerja-organ-tubuh-manusia.php3
Baca selengkapnya »
Bisul di Kening Pak Ustadz

Bisul di Kening Pak Ustadz

Sepulang dari syuting sebuah sinetron, ustadz Sobrak merenung di kamarnya. Ustadz memikirkan keningnya yang sudah sebulan menderita bisul. Akibat bisul di keningnya yang sebesar telur puyuh itu, Ustadz Sobrak tak lagi bisa bersujud mencium sajadah dengan benar.

Dengan begitu, ustadz Sobrak merasa shalatnya tidak sempurna.

"Sujud yang sempurna itu menempelkan kening di atas sajadah. Nah, saya? Udah sebulan ini nggak pernah sujud benar-benar menempelkan kening di atas sajadah," keluh ustadz Sobrak melalui HP kepada Zack, temannya yang jadi sutradara sinetron 'religius'.

"Sabar Ustadz. Ustadz kan pernah bilang, bahwa semua penyakit asalnya dari Tuhan. Dan nggak ada penyakit yang nggak bisa disembuhkan," jawab sang sutradara.

"Tapi Zack, saya bingung. Udah berobat ke mana-mana, tapi nggak sembuh-sembuh juga! Gimana ya Zack. Kayaknya saya libur syuting dulu deh."

"Wah, gimana dong!? Ustadz kan udah tanda tangan kontrak?"

"saya malu, Zack! Bisul saya ini udah nggak bisa ditutupin kopiah lagi! Kagak mungkin kan, saya lepas kopiah terus ngumpetin bisul di depan kamera." Di ujung HP, si sutradara tersenyum simpul,

"Ya udah, kalo begitu Ustadz nggak usah ikut syuting dulu. Nanti saya akan lapor ke orang unit, untuk sementara sampeyan diganti sama ustadz yang lain aja."

Akhirnya ustadz Sobrak benar-benar libur syuting. Habis mau bagaimana lagi. Seandainya beliau nekad datang, beliau tidak mungkin bisa menyembunyikan bisulnya di depan orang-orang.

Ustadz akan bingung menjawab pertanyaan kru tentang keadaan keningnya yang tertutup rapat, bila ia benar-benar ke lokasi syuting, ustadz Sobrak pun memikirkan kemungkinan pertanyaan yang akan ditujukan padanya,

"Ustadz... kok tumben shalatnya nggak jamaah?"

"Ustadz, biasanya di-make-up sama penata rias, nggak make up sendirian kayak gini?"

"Ustadz, pecinya kok kayak ada batunya?"

Jelas saja ustadz Sobrak merasa risih bila nantinya mendapat pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Sebab, semua orang, selain Zack, si sutradara yang masih sahabatnya itu, memang tidak ada yang tahu bila di balik pecinya tumbuh bisul.

Di rumah, keluarganya juga belum tahu. Ayah dan ibunya, adik-adiknya, tidak tahu bila sang ustadz punya bisul di kening. Tapi sebentar lagi ustadz Sobrak akan berterus terang pada mereka. Itu pun kalau mereka mau bicara padanya.

Sebab, sejak ustadz main sinetron berbungkus religius itu, keluarga ustadz agaknya menjauhi dirinya. Mereka mengaku tidak suka pada keputusan ustadz Sobrak turut main sinetron. Ustadz Sobrak menerima main sinetron karena merasa mendapat panggilan jiwa.

Ingin memberikan tontonan alternatif buat pemirsa televisi, yang dianggap cuma bisa menyuguhkan tayangan percintaan remaja dan cerita perebutan harta keluarga. Selain itu, bukankah para ustadz dan kiai terkemuka juga ikut ambil bagian di banyak sinetron bertema religius?

Keluarga ustadz Sobrak tidak mau menerima alasan yang disampaikannya. Menurut mereka, sinetron-sinetron bertema religius di televisi banyak yang menyesatkan. Termasuk yang dimainkan oleh ustadz Sobrak sendiri.

Pak Haji Muntaha, orangtua ustadz Sobrak, memberikan contoh sisi buruk beberapa tayangan sinetron yang bertema religius itu, "Coba, Sob, lu bayangin aja..., mana bisa seseorang yang sudah meninggal dunia bisa menjadi pengantin!

Bukankah syarat menikah itu harus ada mempelai? Bukan mayitnya? Dan, mana bisa mayit memberikan anak pada istrinya yang rela menikah dengan suaminya yang mayit itu! Sinetron apaan kayak gitu?!"

"Iya tuh, Beh!" kali ini Safira, adik sang ustadz, ikut berkomentar, "Coba deh bayangin aja. Kiai baca tasbih bisa meledakkan buaya? Orang sakit dipukul daun kelor terus wajahnya keluar bercak-bercak yang katanya susuk! Malaikat digambarkan berambut panjang dan sakti mandraguna!"

"Belum lagi mayat yang mental ke got! Mayat kebakar! Mayat dilangkahi kucing! Orang terjepit kuburan!" ibu ustazd Sobrak ikut komentar. "Itu kan peringatan bagi pemirsa tentang azab Allah, Pak, Bu...," sang ustadz membela diri.

"Apa hak kalian tentang azab! Bukankah soal azab itu urusan Allah? Bukan urusan manusia seperti kita? Dan bukankah Allah maha pengampun lagi maha penyayang?"

"Benar Pak, Bu, tapi...."

"Jangan-jangan kalian juga nantinya akan diazab karena memperlihatkan tontonan yang tidak benar! Yang banyak dibumbui tambahan dari fikiran kalian sendiri!" potong Haji Muntaha, sambil menghela nafas berat.

Ketika itu ustadz Sobrak menunduk. Tetapi bukan berarti ia berhenti ikut ambil bagian dalam sinetron yang sudah ia tandatangani kontraknya.

Mengingat semua itu, ustadz Sobrak mulai merasa khawatir soal bisul di keningnya. Mau mengaku pada keluarga, takut disangka mendapat azab Tuhan. Tidak mengadu, ia hanya bisa mengurung di kamarnya, karena malu memperlihatkan 'telur puyuhnya'.

"Kamu kok nggak shalat jamaah di masjid lagi, Sob?" disuatu waktu sang ibu bertanya pada ustadz Sobrak.

"Lagi nggak enak badan, Bu."

"Kenapa kamu nggak ke dokter?"

"Sudah. Tapi belum sembuh."

"Kamu sakit apa? Itu kening kamu kok dibungkus begitu?" ibu sang ustadz mendesak.

Ustadz Sobrak kebingungan. Apakah ia harus berbohong pada sang ibu? Lalu Ustadz membuka keningnya. Maka terlihatlah bisul itu! Ibu sang ustadz melongo.

Keluarga Ustadz Sobrak menjadi gempar setelah tahu bisul itu. Mereka menduga ustadz Sobrak mendapat azab Tuhan. Mereka menyarankan sang ustadz bertaubat. Berhenti bermain sinetron yang penuh kuburan itu.

Dan beberapa pekan kemudian, ketika ustadz Sobrak tidak berangkat syuting, bisul dikeningnya kempis. Lenyap tak berbekas! Keluarga ustadz Sobrak tentu saja senang.

"Alhamdulillah. Mungkin Allah mendengar doa-doa kita!" ujar Haji Muntaha dengan wajah berkaca-kaca.

"Tapi, Beh, saya masih punya hutang kontrak sama rumah produksi enam episode lagi. Saya diminta main lagi."

"Kamu mau syuting lagi?"

"Seenggak-enggaknya sampai kontraknya habis, Beh." Anggota keluarga lain cuma bisa menghela nafas berat mendengar pengakuan ustadz Sobrak.

Setelah syuting satu episode berikutnya, ternyata ustadz Sobrak mengundurkan diri dari sinetron yang kontraknya sudah ditandatangani itu. Produser dan sutradaranya resah. Mereka bingung pada keputusan ustadz Sobrak.

Namun, pada akhirnya, Zack, sutradara yang masih sahabatnya ustadz Sobrak, mau mengerti pada keputusan tersebut. Sebab, Zack sudah mendapat penjelasan langsung dari sang ustadz.

"Saya sudah mendengar keluhan ustadz Sobrak yang sesungguhnya, Pak," ujar Zack, pada sang produser yang tengah pusing.

"I nggak mau tau, Zack! Kalo ustadz Sobrak nggak mau main lagi, susah cari gantinya! You tahu sendirilah, gara-gara diganti pemain lain, rating sinetron kita merosot terus! Selain itu, ustadz Sobrak kan pintar improvisasi.

Bahkan dia bisa menambah-nambah cerita dari cerita asli. Nah, sekarang, kalo dia mengundurkan diri, kita akan kerepotan. Belum lagi masalah kita soal bahan cerita. Kita sudah kehabisan stock cerita. Semua azab kubur sudah kita ambil. Semua azab durhaka kita sudah take.

Sampai-sampai orang yang durhaka terhadap kucing, anjing.... Bagaimana dong, Zack?"

"Tenang Pak Produser. Nanti saya akan usahain bujuk ustadz Sobrak. Tapi masalahnya, ustadz Sobrak sedang sakit."

"Sakit? Kan tempo hari you bilang udah sembuh. Sakit apa sih dia sekarang?"

"Biasa, Pak. Bisul."

Produser tersentak. Baru kemarin sore produser mendengar dari Zack bila kening ustadz Sobrak pernah bisulan. Dan sekarang?

"Bisul? Bukannya you bilang tempo hari ustadz sembuh dari bisulan?"

"Itu yang dikening, Pak. Sekarang yang dilutut! Bisulnya pindah ke lutut!"

"Ha ha ha!" tiba-tiba Pak Produser tertawa terbahak-bahak. Sang sutradara kebingungan.

"Kok, Bapak malah ketawa?"

"Ha ha ha! Tulis itu! Tulis! Kita bikin ceritanya. Ini kisah nyata! Benar-benar nyata! Dan jangan ditambah-tambah atau dikurangi!"

"Maksud Bapak?"

"Suruh penulis skenario bikin cerita tentang bisul di lutut Pak Ustadz!"

"Pak...!?" Zack bingung.

"Ayo cepat! Kita kan harus syuting besok!" Sutradara hanya garuk-garuk kepala. Lalu ia menghubungi penulis skenario. Tapi ia salah pencet. Telponnya nyasar ke HP Ustadz Sobrak. Pada akhirnya sutradara terlanjur mengobrol dengan ustadz Sobrak.

Ustadz mengeluh tentang bisulnya yang semakin parah. Sutaradara tersenyum dan bersorak dalam hati mendengar cerita ustadz Sobrak. Karena, dengan begitu, bahan cerita sinetronnya nanti akan terus bertambah!


Disadur dari: Cerpen Zaenal Radar T (Pamulang, 07 Desember 2005), dengan sedikit editing oleh Admin.
Baca selengkapnya »
Simpan Yang Baik Dan Lupakan Yang Buruk

Simpan Yang Baik Dan Lupakan Yang Buruk

Suatu hari ada seseorang yang begitu menikmati kebahagiaan dan ketenangan dalam hidupnya. Orang itu memiliki dua buah kantong yang selalu dibawa ke mana pun ia pergi. Pada salah satu kantong terdapat lubang di bawahnya, sedangkan kantong satunya lagi bawahnya tertutup rapat.

Semua pengalaman yang indah, baik, dan bermanfaat, ditulisnya di secarik kertas, digulung kecil, dan dimasukkannya ke dalam kantong yang rapat.

Sedangkan segala pengalaman buruk dan menyakitkan yang didengarnya seperti makian, sindiran, dan kata amarah orang, ditulisnya juga pada secarik kertas, digulung kecil lalu dimasukkannya ke dalam kantong yang berlubang.

Malam harinya, dia mengeluarkan semua gulungan kertas dari dalam kantong yang rapat, membacanya, dan menikmati kembali hal-hal indah yang sudah dirasakannya sepanjang hari itu. Kemudian ketika ia merogoh kantong yang berlubang, dia tak menemukan apa pun.

Baca juga: Salahkan Orang Lain

Ia pun tertawa dan tetep bersukacita karena tidak ada hal buruk yang dapat merusak suasana hati dan pikirannya.

Sahabat, itulah yang semestinya kita lakukan. Menyimpan semua yang baik di dalam "kantong yang rapat" dan memasukkan semua pengalaman buruk dalam "kantong yang berlubang", sehingga tidak satu pun yang baik akan hilang dari hidup kita, sementara yang buruk akan jatuh, hilang dan tidak perlu kita mengingatnya kembali.

Simpan Yang Baik Dan Lupakan Yang Buruk
Tetapi sayang, kebanyakan orang melakukannya dengan terbalik. Mereka menyimpan semua pengalaman buruk yang menyakitkan, dan mudah tuk melupakan yang baik.

Oleh karena itu, banyak keindahan dalam hidup yang kemudian tertutup dan tidak bisa dinikmatinya.

Menganggap beban hidupnya semakin berat serta membuat hati dan pikiran menjadi tertekan sehingga tak ada gairah dalam menjalani kehidupan.

Mari kita belajar untuk menyimpan hanya pengalaman yang baik dan bermanfaat, ambillah hikmah dibalik setiap pengalaman buruk agar kita bisa menikmati kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup.


Diedit dari artikel kiriman ibu MLT (Alexander Sindoro)
Sumber : Milis HR Excellency
Gambar: google.co.id
Baca selengkapnya »
Hati-hati Jamur Yang Membandel Pada Kaki

Hati-hati Jamur Yang Membandel Pada Kaki

Jamur pada kaki merupakan masalah yang sering kita jumpai di tengah masyarakat. Penyakit ini disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada jaringan mati di kulit luar, kuku dan rambut di kaki. Kolam renang atau tempat pemandian yang kotor, biasanya menjadi sumber penyebaran penyakit ini.

Bagian tubuh yang diserang ialah telapak kaki, sela-sela jari atau permukaan kulit lainnya pada kaki. Jamur akan tumbuh subur karena kebiasaan kita yang sering mengenakan sepatu ketat dan didukung iklim yang panas dan lembab.

Gejala yang tampak biasanya kulit pecah-pecah, melepuh, kemerahan, gatal-gatal, iritasi, luka dan rasa terbakar, kemudian menjadi putih lunak dan akhirnya kulit mengelupas. Menimbulkan bau yang khas dan tidak nyaman.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan

Hati-hati Jamur Yang Membandel Pada KakiBuruknya sanitasi dan kebersihan diri yang tidak terjaga sering membuat penyakit ini sulit sembuh dan mudah kambuh.

Oleh sebab itu, faktor kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal serta pola hidup sehat sangatlah diperlukan dalam mengobati penyakit jamur kulit, termasuk jamur kulit di kaki (rangen).


Cara mengobati jamur pada kulit kaki:

- Hindari menggunakan sepatu terlalu ketat agar kulit di kaki mempunyai kesempatan untuk bernafas. Sebaiknya gunakan sandal atau sepatu yang terbuka.

- Biasakan mengganti kaos kaki setiap hari dan usahakan membersihkannya dengan direndam air panas sebelum dicuci. Setelah dicuci, usahakan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

- Hindari tempat-tempat umum seperti toilet, tempat pemandian dan kolam renang yang kurang terjaga kebersihannya. Bisa jadi malah Anda yang menularkan jamur tersebut pada orang lain.

- Biasakan membersihkan kaki dengan sabun antiseptik atau bisa juga dengan sabun sulfur yang baik untuk kulit.

- Usahakan agar kulit kaki selalu kering, ini sangat penting dalam mencegah jamur tidak tumbuh dan menyebar. Terutama setiap kali habis memakai sepatu atau kaos kaki.

- Larutan Hidrogen peroksida bisa membunuh jamur yang sudah tumbuh subur di jaringan mati pada kulit kaki. Jika kulit Anda sensitif pada hidrogen peroksida, larutkan lebih encer lagi.


Selain obat-obatan kimia, jamur pada kaki bisa diobati menggunakan berbagai obat-obatan alami yang bisa ditemukan dengan mudah seperti Minyak kelapa, Tea tree oil (minyak pohon teh), Cuka apel, Air garam, dan air Teh.

Konsultasikan dengan dokter kulit jika jamur tak kunjung sembuh, mungkin Anda terlambat menangani sehingga telah terjadi infeksi sekunder.


Sumber/gambar: Google.co.id
Baca selengkapnya »
Biasakan Bangun Pagi Agar Lebih Sukses dan Bahagia

Biasakan Bangun Pagi Agar Lebih Sukses dan Bahagia

Banyak orang tak terbiasa bangun pagi dan harus terjaga di malam hari. Bisa jadi karena pekerjaan atau sekedar menyenangi hiburan malam. Apakah Anda termasuk salah satunya? Padahal bangun pagi memiliki beberapa manfaat tersendiri, terutama untuk kesehatan. Berikut kita akan coba cari tahu, manfaat apa saja sih yang bisa didapat dari bangun pagi.


Orang Sukses Terbiasa Bangun Pagi

Kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif karena memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan dan waktu hening yang baik digunakan untuk berpikir, berkonsentrasi serta memungkinkan dalam menemukan pemecahan terhadap suatu persoalan penting.

Sebuah penelitian di Texas University pada tahun 2008 menunjukkan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai GPA lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang sering begadang dan jarang bangun pagi.

Baca juga: Tiga Ciri Sederhana Orang Sukses


Bangun Pagi Membuat Kita Lebih Bahagia

Bangun pagi juga dapat membuat mood seseorang lebih bahagia secara umum sepanjang hari. Mental seseorang yang bangun pagi lebih positif dan lebih optimis. Sedangkan orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki mood negatif seperti perasaan depresi dan pesimis. Seperti halnya sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena lebih sering bangun pagi, sementara anak-anak muda dan dewasa yang jarang bangun pagi memiliki mood yang lebih buruk setiap harinya. Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat dan mempunyai kesempatan untuk berolahraga dan menghirup udara segar sehingga memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Suasana yang masih tenang di pagi hari akan menjadi anugrah yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan diri secara profesional, emosional, fisik dan spiritual. Bagi Anda yang masih mengalami kesulitan untuk bangun pagi, mari kita mulai membiasakan diri dari sekarang.


Sumber
Baca selengkapnya »
Ketahui Setiap Hari Penting Dalam Kalender

Ketahui Setiap Hari Penting Dalam Kalender

Hari Ulang Tahun mungkin adalah salah satu hari yang paling diingat seseorang dan menjadi tanggal yang paling dinantikan setiap tahunnya. Kita biasa merayakannya dengan berbagai acara, dari yang paling mewah hingga yang sederhana.

Namun, sebagian orang ada juga yang memilih untuk tidak merayakannya. Hal ini juga dilakukan oleh banyak organisasi, lembaga, institusi dan bahkan negara. Jadi, tidak hanya perorangan saja lho yang merayakan Hari Ulang Tahunnya.

Baca juga: Manfaatkan Waktu 24 Jam Anda Dengan Maksimal

Dalam kalender masehi, ada hari-hari penting yang memang tidak tercantum pada penanggalan umum, namun perlu untuk kita mengetahuinya.
Ketahui Setiap Hari Penting Dalam Kalender


Berikut ini merupakan daftar hari penting, hari libur dan hari bersejarah yang perlu kita ketahui, baik nasional maupun internasional.


JANUARI

1 Januari: Tahun Baru Masehi, Hari Perdamaian Dunia
3 Januari: Hari Kementerian Agama Republik Indonesia
5 Januari: Hari KOWAL (Korps Wanita Angkatan Laut)
10 Januari: Hari Lingkungan Hidup Indonesia (Gerakan Satu Juta Pohon), Hari Tritura
15 Januari: Hari Peristiwa Laut dan Samudra
25 Januari: Hari Gizi dan Makanan, Hari Kusta International
31 Januari: Hari Lahir NU (Nahdlatul Ulama)


FEBRUARI

2 Februari: Hari Lahan Basah Sedunia (Konvensi Ramsar)
5 Februari: Peristiwa Zeven Provincien (Kapal Tujuh Provinsi)
9 Februari: Hari Pers Nasional/PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), Hari Kavaleri
13 Februari: Hari Persatuan Farmasi Indonesia
14 Februari: Hari Valentine, Hari Peringatan PETA (Pembela Tanah Air)
19 Februari: Hari KOHANUDNAS (Korps Pertahanan Udara Nasional)
20 Februari: Hari Pekerja Nasional
21 Februari: Hari Bahasa Ibu Internasional
22 Februari: Hari Istiqlal
23 Februari: Hari Rotary Club
28 Februari: Hari Gizi Nasional Indonesia


MARET

1 Maret: Hari Kehakiman Nasional, Hari Peristiwa Serangan Umum di Yogyakarta tahun 1949
6 Maret: Hari Konvensi Cites (Perdagangan Satwa Liar), Hari Kostrad (Komando Strategis Angkatan Darat)
8 Maret: Hari Perempuan Internasional
9 Maret: Hari Musik Nasional
10 Maret: Hari PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia)
11 Maret: Hari SUPERSEMAR (Surat Perintah Sebelas Maret)
18 Maret: Hari Arsitektur Indonesia
20 Maret: Hari Kehutanan Sedunia
21 Maret: Hari Sindrom Down
22 Maret: Hari Air Sedunia
23 Maret: Hari Meteorologi Sedunia
24 Maret: Hari Peringatan Bandung Lautan Api, Hari TBC (Tuberkulosis) Sedunia
27 Maret: Hari WIC (Women International Club)
29 Maret: Hari Filateli Indonesia
30 Maret: Hari Film Indonesia


APRIL

1 April: Hari Bank Dunia, Hari April Fool’s Day
6 April: Hari Nelayan Indonesia
7 April: Hari Kesehatan Sedunia
9 April: Hari Penerbangan Nasional, Hari TNI Angkatan Udara
12 April: Hari Bawa Bekal Nasional
15 April: Hari Zeni TNI AD
16 April: Hari Kopassus (Komando Pasukan Khusus)
18 April: Hari Peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung
19 April: Hari HANSIP (Pertahanan Sipil)
20 April: Hari Konsumen Nasional
21 April: Hari Kartini
22 April: Hari Bumi Internasional (Earth Day) / KTT Bumi
23 April: Hari Buku Sedunia
24 April: Hari Angkutan Nasional, Hari Solidaritas Asia-Afrika
27 April: Hari Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Indonesia


MEI

1 Mei: Hari Buruh Sedunia, Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat
2 Mei: Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)
3 Mei: Hari Surya
5 Mei: Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)
8 Mei: Hari Palang Merah Internasional
11 Mei: Hari POM - TNI (Polisi Militer - Tentara Nasional Indonesia)
17 Mei: Hari Buku Nasional
19 Mei: Hari Korps Cacat Veteran Indonesia
20 Mei: Hari Kebangkitan Nasional
21 Mei: Hari Peringatan Reformasi
29 Mei: Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional, Hari Keluarga
31 Mei: Hari Anti Tembakau Internasional


JUNI

1 Juni: Hari Lahirnya Pancasila, Hari Anak-anak Sedunia, Hari Susu Nusantara
3 Juni: Hari Pasar Modal Indonesia
5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia
6 Juni: D-Day Serangan Sekutu ke Eropa Perang Dunia II
15 Juni: Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN
17 Juni: Hari Peringatan Dermaga Tanjung Priok
21 Juni: Hari Krida Pertanian
22 Juni: HUT Kota Jakarta (sejak tahun 1507)
24 Juni: Hari Bidan Indonesia
26 Juni: Hari Anti Narkoba Sedunia
29 Juni: Hari Keluarga Berencana (KB) Nasional, Hari Keluarga, Hari Skateboard Sedunia


JULI

1 Juli: Hari Bhayangkara, Hari Anak Indonesia, Hari Buah
5 Juli: Hari Bank Indonesia
9 Juli: Hari Peluncuran Satelit Palapa
12 Juli: Hari Koperasi Indonesia
14 Juli: Hari Peringatan Revolusi Perancis
15 Juli: Hari PT Askes (Persero)
22 Juli: Hari Kejaksaan Indonesia
23 Juli: Hari KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), Hari Anak Nasional
29 Juli: Hari Bhakti TNI - AU
31 Juli: Hari Lahir Korps Pelajar Islam Indonesia (PII)


AGUSTUS

5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional
6 Agustus: Hari Peringatan Pemboman Kota Hirosyima dan Nagasaki
8 Agustus: HUT ASEAN
10 Agustus: Hari Veteran Nasional
12 Agustus: Hari Remaja Internasional, Hari Wanita TNI – AU (WARA)
13 Agustus: Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api
14 Agustus: Hari Pramuka (Praja Muda Karana)
17 Agustus: Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
18 Agustus: Hari Konstitusi Republik Indonesia
19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia
21 Agustus: Hari Maritim Nasional
24 Agustus: Hari Pertelevisian Nasional, HUT TVRI (Televisi Republik Indonesia), Hari Anak Jakarta Membaca


SEPTEMBER

1 September: Hari Polwan (Polisi Wanita) Indonesia
3 September: Hari PMI (Palang Merah Indonesia)
4 September: Hari Pelanggan Nasional
8 September: Hari Aksara Internasional, Hari Pamong Praja
9 September: Hari Olah Raga Nasional
11 September: Hari RRI (Radio Republik Indonesia), Hari Peringatan Serangan 11 September
14 September: Hari Kunjung Perpustakaan
17 September: Hari Perhubungan Nasional
21 September: Hari Perdamaian Internasional
24 September: Hari Tani/Agraria Nasional
26 September: Hari Statistik
27 September: Hari Pos Telekomunikasi Telegraf
28 September: Hari Kereta Api, Hari Hak Untuk Tahu
29 September: Hari Sarjana Indonesia
30 September: Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI


OKTOBER

1 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila
2 Oktober: Hari Batik Sedunia, Hari Susu Nasional
3 Oktober: Hari Arsitektur Dunia (World Architecture Day UIA, Hari Kretek Nasional
5 Oktober: HUT TNI (Tentara Nasional Indonesia)
8 Oktober: Hari Tata Ruang Nasional
9 Oktober: Hari Surat Menyurat Internasional
10 Oktober: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia
14 Oktober: Hari Penglihatan Sedunia
15 Oktober: Hari Hak Asasi Binatang Internasional
16 Oktober: Hari Pangan Sedunia, Hari Parlemen Indonesia
17 Oktober: Hari Pengentasan Kemiskinan Dunia
24 Oktober: Hari Dokter Indonesia, Hari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)
27 Oktober: Hari Listrik Nasional, Hari Penerbangan Nasional, Hari Blogger Nasional
28 Oktober: Hari Sumpah Pemuda
29 Oktober: Hari KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia)
30 Oktober: Hari Keuangan


NOVEMBER

3 November: Hari Kerohanian
10 November: Hari Ganefo, Hari Pahlawan
12 November: Hari Kesehatan Nasional, Hari Ayah Nasional
14 November: Hari BRIMOB (Brigade Mobil), Hari Diabetes Sedunia
16 November: Hari Konferensi Warisan Sedunia
17 November: Hari Peringatan Terusan Suez
20 November: Hari Anak Sedunia
21 November: Hari Pohon
22 November: Hari Perhubungan Darat
25 November: Hari Guru/HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia)
28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia


DESEMBER

1 Desember: Hari AIDS Sedunia
2 Desember: Hari Konvensi Ikan Paus
3 Desember: Hari Penyandang Cacar Internasional
4 Desember: Hari Artileri
9 Desember: Hari Armada Republik Indonesia, Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia
10 Desember: Hari Hak Asasi Manusia
12 Desember: Hari Transmigrasi
13 Desember: Hari Kesatuan Nasional, Hari Nusantara
15 Desember: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Hari Infantri
19 Desember: Hari Bela Negara, Hari Trikora
20 Desember: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional
22 Desember: Hari KOWAD (Korps Wanita Angkatan Darat), Hari Sosial, Hari Ibu
25 Desember: Hari Natal
29 Desember: Hari Keanekaragaman Hayati, HUT Koperasi Pegawai Perpustakaan Nasional (KOPTANAS)


Sedangkan, untuk Hari Besar Keagamaan yang biasanya diperingati setiap tahun tanggalnya dalam penanggalan umum selalu berubah karena mengikuti penanggalan masing-masing agama yang memang berbeda dengan penanggalan masehi.

Hari Besar Agama Islam:
- Idul Fitri (1 Syawal)
- Idul Adha (10 Djulhijjah)
- Tahun Baru Hijriyah (1 Muharram)
- Maulid Nabi Muhammad SAW
- Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Hari Besar Tionghoa:
- Tahun Baru Imlek

Hari Besar Agama Hindu:
- Hari Raya Nyepi

Hari Besar Agama Kristen:
- Natal
- Jumat Agung
- Kenaikan Yesus Kristus

Hari Besar Agama Buddha:
- Waisak

Itulah beberapa informasi tentang hari-hari penting dan bersejarah dalam kalender nasional. Semoga dapat memudahkan kita dalam mengingat atau merayakan beberapa hari yang Anda anggap penting dalam kehidupan Anda.
Baca selengkapnya »
Sudah Baikkah Kualitas Tidur Kita?

Sudah Baikkah Kualitas Tidur Kita?

Sudah Baikkah Kualitas Tidur Kita?
Adakah di antara kita yang tidak suka tidur? Atau mungkin mengalami penyakit susah tidur? Sepertinya di dunia ini tidak ada orang yang tidak menyukai tidur.

Walau ada beberapa di antaranya yang mengalami penyakit susah tidur, atau mungkin jarang bisa menikmati tidur yang baik dikarenakan stress akibat pekerjaan, gaya hidup, serta kesibukan dalam aktivitas sehari-hari.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Mari, sekarang kita coba memahami betapa pentingnya kualitas tidur yang baik bagi kesehatan dan kejiwaan.

Baca juga: Ada 2 Tipe Diabetes Mellitus


Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Kurangnya waktu tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian dini. Hal ini bisa dihubungkan dengan memburuknya tekanan darah dan peningkatan kolesterol sehingga menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke.

Tidur yang baik disebutkan oleh para ahli kesehatan yaitu sekitar 7-9 jam setiap hari, kita akan merasakan tubuh akan lebih fit ketika bangun jika tidur dalam waktu yang disarankan.

Oleh sebab itu, kurangnya kesempatan tidur bagi tubuh kita merupakan suatu kerugian karena kualitas tidur yang baik dapat membantu peremajaan tubuh dan pikiran.

Sel-sel dalam tubuh memproduksi lebih banyak protein ketika tidur, protein ini berguna untuk memperbaiki kerusakan bagian-bagian dalam tubuh yang rusak. Tidur juga dapat mengurangi peradangan akibat dipicu oleh peningkatan hormon stres.

Banyak kasus serangan jantung dan stroke terjadi di waktu pagi atau subuh. Fakta ini disebabkan karena cara kita tidur sangat mempengaruhi interaksi kinerja pembuluh-pembuluh darah dalam tubuh.

Selain itu, orang yang bekerja pada malam hari atau biasa bekerja hingga larut malam lebih berisiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Hal ini diyakini oleh para peneliti disebabkan karena paparan cahaya pada malam hari mengurangi kadar melatonin dalam tubuh seseorang.

Melatonin adalah hormon yang salah satu fungsinya adalah menjaga tubuh dalam melawan kanker dan menahan perkembangan tumor. Makanya, kalau tidur selalu pastikan lampu kamar dalam keadaan mati ya, agar tubuh bisa lebih optimal dalam memproduksi melatonin.

Coba kita lihat ciri orang yang kurang tidur, biasanya kulit terlihat pucat dan mata terlihat bengkak. Jika kurangnya waktu tidur Anda terus terjadi, maka kulit akan menjadi kusam serta munculnya garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata.


Manfaat Tidur Bagi Kejiwaan dan Stabilitas Otak

Produksi dan kinerja zat-zat kimia dalam tubuh termasuk Serotin sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur kita. Seseorang menjadi mudah stress, marah, sedih, dan kelelahan mental jika kekurangan serotin.

Hal inilah yang memicu tingkat depresi. Kita dapat mencegah depresi dengan memastikan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

Kurangnya waktu tidur dapat memancing stress, dikarenakan fungsi tubuh berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan pelepasan hormon stress dan naiknya tekanan darah.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Amerika dan Perancis pada tahun 2009, kurang tidur dapat melemahkan memori dan akan menyebabkan kita menjadi pelupa.

Hal ini terjadi karena peristiwa otak yang disebut sharp wave ripples bertanggungjawab dalam menguatkan ingatan atau memori otak dan kebanyakan peristiwa tersebut terjadi pada saat kita tidur.

Sharp wave ripples juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan.

Walaupun hingga saat ini penelitian belum dapat memahami dengan begitu jelas kenapa saat tidur kita bermimpi, tetapi sebuah proses yang disebut memory consolidation (penggabungan memory) terjadi ketika kita tidur.

Otak tetap berproses, membuat koneksi antara kejadian-kejadian, perasaan dan memori. Kemampuan memproses ingatan tentang berbagai hal akan tetap terjaga apabila kita menjaga kualitas tidur secara teratur.

Otak manusia memerlukan istirahat yang cukup, layaknya sebuah baterai yang dicharge energi listriknya, jika daya berkurang tentu kinerjanya tidak maksimal.

Tidur terlalu larut akan mengurangi sebagian waktu otak untuk beristirahat sehingga daya berfikir dan konsentrasi otomatis akan menurun.

Bukan hanya itu, tingkat kewaspadaan, penalaran dan kemampuan pemecahan masalah pun akan terganggu. Hasilnya, produktivitas kerja juga akan menurun.


Banyak manfaat bisa kita dapatkan dengan istirahat atau tidur secara teratur. Tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, tapi juga menjaga stabilitas otak. Tidurlah dalam waktu yang disarankan karena tidur terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan, badan akan terasa lemas dan persedian terasa kaku.

Evaluasi kembali pola hidup Anda, menurunnya produktivitas kerja Anda bisa juga disebabkan karena pola tidur yang salah. Semoga posting ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dan selalu ingat bahwa kesehatan itu mahal harganya.


Sumber/gambar
Baca selengkapnya »
Nikmati Kemudahan Kredit Mobil Melalui FIFGroup

Nikmati Kemudahan Kredit Mobil Melalui FIFGroup

Seiring dengan semangat baru yang didapat dari identitas perusahaan yang baru, PT Federal International Finance Group (FIFGroup) yang merupakan grup pembiayaan Astra memang sedang giat melakukan pengembangan bisnis. Perusahaan pembiayaan kredit sepeda motor Honda dan elektronik rumah tangga ini mulai merambah bisnis baru dengan membiayai mobil melalui FIFASTRA. Tepatnya pada pertengahan 2013, bisnis di bidang pembiayaan mobil berbagai jenis, seperti mobil keluarga maupun mobil untuk bisnis ini mulai diluncurkan.

Baca juga: Cara Mudah Agar Pengajuan KPR Anda Cepat Disetujui

Nikmati Kemudahan Kredit Mobil Melalui FIFGroup
Dengan mengedepankan pelayanan yang cepat dan bunga ringan di kisaran 5-8 persen, menjadi harapan FIFGroup untuk membuat pelanggan merasa lebih nyaman tanpa harus menunggu lama dalam hal administrasi serta menikmati angsuran yang relatif murah dengan tenor hingga 4 tahun.

Salah satu penunjang pembiayaan mobil dari FIFGroup ini adalah banyaknya outlet dan jaringan milik FIFGroup yang sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Saat ini, FIFGroup memiliki 528 jaringan pemasaran. Kredit yang ditangani FIFGroup melalui FIFAstra menggarap pasar mobil di daerah yang tidak terjangkau anak perusahaan Astra International lain di bidang pembiayaan mobil, yakni Astra Credit Companies (ACC) yang hanya memiliki 60-an jaringan saja di Indonesia. Misalnya di Papua, ACC belum ada, jaringan FIFGroup akan melayani konsumen di sana.

Pembiayaan mobil oleh FIFGroup sejalan dengan naiknya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, serta harapan perusahaan tersebut untuk dapat membantu konsumen sepeda motor yang ingin membeli mobil murah. Hal ini juga didukung oleh anak perusahaan Astra International lainnya seperti PT Astra Daihatsu Motor dan PT Toyota Astra Motor yang sedang giat mengembangkan mobil murah.
    Baca selengkapnya »