Macam-macam Banjir

Macam-macam Banjir
Indonesia menjadi salah satu Negara yang setiap tahunnya menghadapi musibah banjir di beberapa kota seperti Jakarta, Semarang dan kota-kota di daerah Jawa, Banda Aceh, Pekan Baru, Jambi, Makassar, juga seperti yang baru saja terjadi di Manado dan Sulawesi Utara.

Bahkan bisa dikatakan hampir kebanyakan kota besar di Indonesia adalah daerah rawan bencana banjir yang setiap tahun selalu mengalami bencana ini. Biasanya mulai terjadi di saat musim penghujan tiba antara bulan Oktober – Maret.

Baca juga: Waspada Banjir Serta Penanggulangannya

Secara sederhana, banjir dapat didefinisikan sebagai datangnya aliran air yang berlebihan pada suatu kawasan luas sehingga merendam daratan pada kawasan tersebut.

Bencana banjir sering dikaitkan dengan penderitaan manusia dan kerugian ekonomi karena sebagian besar dari kerusakan yang berhubungan dengan semua bencana alam adalah disebabkan oleh banjir. Berikut ini beberapa macam banjir yang perlu kita waspadai:


Banjir Air

Penyebab banjir yang sudah umum ini adalah meluapnya air sungai, danau, atau selokan sehingga menggenangi daratan. Biasanya banjir ini disebabkan karena hujan yang turun terus-menerus sehingga danau, sungai atau saluran air tidak mampu lagi menampungnya.


Banjir Bandang

Jenis banjir satu ini sangat berbahaya dengan daya rusak tinggi, dikarenakan derasnya air yang mengalir mampu menghanyutkan apapun yang dilaluinya. Tidak hanya banjir dengan materi air, tetapi juga disertai lumpur.

Seseorang akan sangat sulit berenang untuk menyelamatkan diri di tengah banjir seperti ini. Banjir banding biasa terjadi di area dekat pegunungan, dimana tanah pegunungan seolah longsor karena air hujan kemudian ikut terbawa air ke daratan yang lebih rendah.


Banjir Rob (Laut Pasang)

Bajir rob disebabkan oleh pasangnya air laut. Air laut yang pasang akan menahan air sungai hingga menumpuk dan akhirnya dapat menjebol tanggul dan menggenangi daratan.


Banjir Lahar Dingin

Banjir jenis ini biasanya terjadi ketika erupsi gunung berapi. Lahar dingin akibat erupsi dikeluarkan dari puncak gunung dan mengalir ke daratan yang ada di bawahnya. Air sungai akan mudah meluap dan meluber ke pemukiman warga karena terjadi pendangkalan yang diakibatkan lahar dingin.


Banjir Lumpur

Banjir lumpur jarang terjadi, sedangkan kalau di Indonesia identik dengan peristiwa banjir lumpur Lapindo di daerah Sidoarjo. Banjir ini disebabkan oleh keluarnya lumpur dari dalam bumi dan menggenangi daratan.

Lumpur yang keluar dari dalam bumi bukan lumpur biasa tetapi juga mengandung bahan dan gas kimia tertentu yang berbahaya.


Itulah beberapa macam banjir yang harus kita ketahui sebagai pengetahuan agar kita dapat mengantisipasi dari bahaya terhadap keselamatan jiwa dan harta yang mungkin akan dihadapi saat terjadi banjir di daerah kita.


Sumber/gambar:
http://www.ykai.net/index.php?option=com_content&view=article&id=992:banjir-bagaimana-menghadapinya&catid=89:artikel&Itemid=121
http://rizkynovi99.blogspot.com/2013/05/pengertian-penyebab-dampak-dan-cara.html
http://alamendah.org


Related Posts

Macam-macam Banjir
4/ 5
Oleh

1 komentar: