Macam-macam Energi Terbarukan Sebagai Alternatif Energi Fosil

Macam-macam Energi Terbarukan Sebagai Alternatif Energi Fosil
Energi terbarukan dapat didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami dengan proses yang berkelanjutan, misalnya tenaga angin, tenaga panas bumi, tenaga surya dan arus air proses biologi.

Pada tahun 1970-an, konsep energi terbarukan mulai dikenal sebagai upaya untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar fosil yang persediaannya di alam ini semakin terbatas.

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang energi terbarukan dan macamnya, perlu kita ketahui dahulu tentang apa itu energi tak terbarukan sebagai pembanding energi alternatif mana yang baik kita jadikan pilihan bukan hanya untuk kelangsungan hidup kita saat ini tetapi juga anak cucu kita nantinya.

Baca juga: 5 Kelalaian Yang Dapat Memicu Terjadinya Kebakaran Di Rumah Anda


Apa itu energi tak terbarukan dan mengapa perlu ada alternatif dalam penggunaan energi ini?

Energi tak terbarukan ialah energi yang berasal dari sumber daya alam yang proses pembentukannya memerlukan waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun.

Dikategorikan tak terbarukan karena untuk mengganti sumber sejenis dengan jumlah sama sesuai yang telah dieksploitasikan, baru mungkin atau belum pasti akan terjadi hingga jutaan tahun mendatang.

Di samping waktu dalam proses pembentukannya yang sangat lama, cara terbentuknya lingkungan tempat terkumpulkan bahan dasar sumber energi inipun sangat bergantung dari proses dan keadaan geologi pendukungnya saat itu.

Contoh energi tak terbarukan yang paling dikenal yaitu energi fosil seperti Minyak bumi dan Batubara. Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang berasal dari sisa-sisa kehidupan purbakala, baik berupa hewan ataupun tumbuhan.

Begitu juga Uranium dapat dikategorikan sebagai energi tak terbarukan walau sumber energi ini dapat dikembangkan menjadi energi yang luar biasa dan dalam jumlah yang besar.

Namun, saat ini dunia internasional mulai membatasi serta meninggalkan penggunaan Uranium yang utamanya digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Hal ini dikarenakan banyak negara menyadari bahwa PLTN layaknya bom nuklir yang dijinakkan setelah bencana Fukushima terjadi di Jepang.

Saat ini, ketergantungan pada bahan bakar fosil sebagai kebutuhan energi masyarakat dunia menyajikan masalah besar. Bahan bakar fosil merupakan sumber daya yang terbatas.

Pada akhirnya, dunia akan kehabisan sumber energi ini, atau kelangkaan akan terjadi dan menyebabkan harga bahan bakar fosil menjadi terlalu mahal.

Celakanya lagi, proses pembakaran bahan bakar fosil juga menghasilkan gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemanasan global serta menyebabkan polusi udara, air dan tanah.

Kembali pada Energi Terbarukan yang menjadi topik utama dalam pembahasan kita. Dewasa ini, banyak negara di dunia termasuk Indonesia mulai menggalakkan aktivitas pencarian energi alternatif untuk menggantikan energi tak terbarukan.

Misalnya dengan melakukan penelitian mengenai kandungan senyawa kimiawi terhadap spesies tumbuhan tertentu, dilanjutkan dengan berbagai proses percobaan agar energi yang dihasilkan dari senyawa kimia tersebut setara atau paling tidak mendekati besarnya energi yang diperoleh dari sumber energi tak terbarukan yang jumlahnya di alam ini kian menipis.

Selain usaha pencarian energi alternatif di atas, di alam ini sebenarnya juga tersaji banyak bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan, seperti matahari, angin dan tenaga air. Sumber-sumber energi ini menawarkan alternatif pengganti untuk bahan bakar fosil.

Selain itu, disamping tidak akan pernah habis, sumber energi ini juga menghasilkan sedikit atau bahkan tidak ada pencemaran serta gas rumah kaca.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak sumber-sumber energi terbarukan berikut ini sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil.


Tenaga Surya (Solar Energy)

Matahari merupakan sumber energi kita yang paling kuat. Energi surya merupakan pencahayaan utama planet bumi, dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pembangkit listrik, pemanas air, serta berbagai macam proses industri.

Sebagian besar bentuk energi terbarukan berasal dari matahari baik secara langsung atapun tidak langsung.

Misalnya, panas dari matahari menyebabkan angin bertiup, memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pohon dan tanaman lain yang digunakan untuk energi biomassa serta memainkan peran penting dalam siklus penguapan dan curah hujan yang menjadi sumber energi air.


Energi Angin

Angin adalah gerakan udara yang terjadi karena perbedaan suhu di suatu daerah, terbentuk dari akibat matahari yang memanaskan permukaan bumi secara tidak merata. Energi angin telah digunakan selama berabad-abad untuk kapal layar dan kincir angin untuk menggiling gandum.

Energi Kinetik dari angin dapat menjalankan turbin angin, beberapa mampu memproduksi tenaga 5 MW. Keluaran tenaga Kubus adalah fungsi dari kecepatan angin, dengan demikian turbin tersebut paling tidak membutuhkan angin dalam kisaran 5,5 m/d (20 km/j).

Memang dalam prakteknya, sangat sedikit wilayah dengan angin yang bertiup terus-menerus. Namun di daerah Pesisir atau daerah di ketinggian, angin yang tersedia cukup konstan.


Tenaga Arus Air (Hydropower)

Air adalah sumber daya terbarukan yang terus diisi oleh siklus global penguapan dan curah hujan. Panas matahari menyebabkan air di danau dan lautan menguap kemudian membentuk awan.

Air lalu jatuh kembali ke bumi sebagai hujan atau salju, mengalir ke sungai hingga kembali lagi ke laut. Air yang mengalir ini merupakan kekuatan, dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator dan menghasilkan energi listrik.


Biomassa

Sumber energi ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan sebagai bahan bakar untuk transportasi atau industri. Biomassa telah menjadi sumber energi penting sejak orang pertama mulai membakar kayu untuk menghangatkan diri dan memasak makanan.

Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tetapi juga terdapat sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi:

  • Tanaman dan rumput
  • limbah pertanian dan kehutanan serta residu
  • komponen organik dari limbah kota dan industri
  • gas metana dari tempat pembuangan sampah



Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Panas di dalam bumi menghasilkan uap dan air panas yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik atau untuk aplikasi lain seperti pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri.

Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007 dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia.

Meski panas bumi di masa sekarang lebih populer sebagai penghasil energi listrik, energi ini sebenarnya telah dipergunakan sejak peradaban romawi untuk memanaskan air atau ruangan ketika musim dingin.


Hidrogen

Hidrogen sebagai sumber bahan bakar dan energi memiliki potensi yang luar biasa, tetapi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih memerlukan proses yang tidak sederhana. Hidrogen merupakan elemen paling umum di Bumi, air adalah dua-pertiganya hidrogen.

Tetapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainnya. Setelah dipisahkan dari unsur-unsur lain, hidrogen dapat digunakan untuk menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, untuk menghasilkan listrik dan menggerakkan kendaraan.


Energi Laut

Lautan menyediakan beberapa bentuk energi terbarukan, dan masing-masing didorong oleh kekuatan yang berbeda.

Energi dari gelombang laut dan pasang surut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, dan energi termal laut dari panas yang tersimpan dalam air laut dapat juga diubah menjadi listrik.

Meskipun pada masa sekarang, energi laut memerlukan teknologi yang mahal dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya, namun laut tetap penting sebagai sumber energi potensial untuk masa depan.


sumber/gambar:
https://m.facebook.com/ForumHijauIndonesia/posts/394474727310297
http://dreamindonesia.wordpress.com/2011/11/17/inilah-top-7-sumber-energi-terbarukan/
http://kunaifi.wordpress.com/
|

|
|sumber


Related Posts

Macam-macam Energi Terbarukan Sebagai Alternatif Energi Fosil
4/ 5
Oleh