Penyebab-penyebab Banjir

Banjir adalah peristiwa ketika aliran air yang berlebihan merendam wilayah daratan. Perendaman air ini bersifat sementara pada daratan yang biasanya tidak terendam air.

Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.

Terjadinya banjir bisa disebabkan oleh berbagai faktor, berikut ini adalah penyebab banjir yang umumnya sering terjadi:

Baca juga: Meminimalisir Kerugian Materi Saat Banjir


1. Peristiwa Alam
  • Bertambahnya volume air yang melebihi kapasitas saluran sungai, seperti akibat endapan dari hujan atau pencairan es pada daerah bersalju yang menyebabkan debit air melebihi kapasitas saluran sungai.
  • Rintangan drainase tidak terduga seperti tanah longsor, es, atau puing-puing yang menghambat aliran sungai yang dapat mengakibatkan banjir perlahan di sebelah hulu rintangan.
  • Curah hujan konvektif yang berlangsung cepat, termasuk terjadinya banjir bandang atau pelepasan mendadak endapan hulu yang terbentuk di belakang bendungan, tanah longsor atau gletser.
  • Luapan air di daerah muara, biasanya diakibatkan oleh penggabungan pasang laut atau saat terjadinya banjir badai akibat siklon tropis atau siklon ekstratropis.
  • Peristiwa mendadak, seperti jebolnya bendungan atau bencana lain seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.
  • Gempa bumi bawah laut yang menyebabkan gelombang pasang tsunami.


2. Manusia

Kerusakan akibat aktivitas manusia, baik disengaja atau tidak, mengakibatkan terganggunya keseimbangan alam. Pembalakan liar misalnya, menyebabkan kemampuan tanah untuk dapat meresap air menjadi berkurang.

Belum lagi padatnya pemukiman di daerah perkotaan yang membuat sungai-sungai tidak lagi berfungsi maksimal dalam menampung air.

Selain karena pendangkalan dan penyempitan aliran sungai yang diakibatkan rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, juga karena sungai-sungai dipenuhi dengan berbagai jenis sampah.


3. Penyebab Lain

Banjir juga dapat terjadi ketika air meluap pada permukaan kedap air dan tidak dapat terserap atau menguap dengan cepat.

Termasuk dalam penyebab lain banjir, misalnya saja rangkaian badai yang bergerak ke daerah yang sama, berang-berang pembangun bendungan yang dapat membanjiri wilayah perkotaan dan pedesaan rendah, atau penumpukan endapan lumpur di dasar sungai.


Itulah penyebab-penyebab banjir yang dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori. Semoga bisa menggugah kesadaran kita untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam agar terhindar dari bencana.


Sumber/gambar:
http://rizkynovi99.blogspot.com/2013/05/pengertian-penyebab-dampak-dan-cara.html
http://www.ykai.net/index.php?option=com_content&view=article&id=992:banjir-bagaimana-menghadapinya&catid=89:artikel&Itemid=121
http://forum.kompas.com


Related Posts

Penyebab-penyebab Banjir
4/ 5
Oleh