Tips Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi di Masyarakat

Tips Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi di Masyarakat
Tanpa disadari, kesibukan pekerjaan telah banyak menyita waktu. Terutama dalam hal bersosialisasi dengan masyarakat.

Lha, bagaimana mau bersosialisasi dengan masyarakat kalau rutinitas kita sehari-harinya ‘Pergi Pagi Pulang Petang’?

Ada baiknya kita mulai merubah pola hidup untuk bisa bermasyarakat, khususnya lingkungan tempat tinggal.

Luangkan waktu di kala libur untuk sekedar ngobrol-ngobrol dengan tetangga, silaturahmi ke rumah teman atau saudara agar kita tidak dipandang sebagai orang yang kurang pergaulan atau kurang bermasyarakat di lingkungan.

Baca juga: Macam Gaya Mempengaruhi Orang Lain Untuk Mencapai Tujuan

Untuk itu, selain kita perlu meningkatkan keahlian teknis dan professional dalam pekerjaann, kemampuan bersosialisasi pun penting untuk dikembangkan sebagai bagian dari interaksi dengan orang lain.

Pada prinsipnya, tujuan bersosialisasi ialah membuat bagaimana orang bisa mengenal dan menyukai kita. Di sini kita harus pintar dalam memposisikan diri dalam setiap situasi dan kondisi di lingkungan masyarakat.

Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa kita lakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan kita bersosialisasi di lingkungan dengan tujuan agar kita lebih dikenal dan disukai banyak orang seperti yang telah dikemukakan di atas.


Punya Sesuatu Untuk Dikatakan dan Sampaikan Dengan Jelas

Jangan berpikir bahwa hanya karena kita berbicara, maka orang lain akan mendengarkan. Pastikan topik atau komentar yang ingin kita sampaikan memang berisi dan mengundang ketertarikan orang.

Cobalah membuka percakapan dengan sebuah pertanyaan yang memperlihatkan kepedulian kita terhadap lawan bicara.

Kita juga harus jadi orang yang periang, karena biasanya orang periang selalu tahu bagaimana membangun suatu pembicaraan. Dan coba lihat, biasanya mereka mempunyai banyak teman.


Penuh pengertian

Mungkin kita memang tidak setuju dengan pendapat mereka, tapi sebaiknya jangan terlalu diperlihatkan. Hindari perdebatan yang tidak terlalu menguntungkan bagi kita.

Coba siasati dengan membuat kesan seolah kita setuju, tapi kita juga punya pendapat lain yang bisa memperkaya topik pembicaraan.

Pahami bahwa setiap orang punya latar belakang, karakter diri, dan pola pikir yang berbeda-beda. Jangan jadikan pembicaraan awal sebagai patokan dalam menilai orang lain.


Beri Pengaruh Positif Pada Orang Lain

Opini dan pendapat yang bermutu dari kita dapat memberi warna dalam bersosialisasi. Hal ini akan mempengaruhi orang lain dan membuat kita disukai oleh mereka.


Jangan Lari Dari Masalah

Tidak selamanya konflik itu jelek. Jadilah penengah apabila konflik itu terjadi bukan menyangkut diri kita. Tetapi jangan lupa untuk selalu mengingat kata bijak “Hati boleh panas tapi kepala tetap dingin”.

Jika memang ada orang yang senang mencari gara-gara ya sebaiknya jauhi saja. Hadapi dan temukan solusi dari setiap masalah. Tunjukkan kalau kita memang punya peran di masyarakat. Kalau kita bisa, lakukanlah.


Itulah beberapa tips sederhana dalam mengembangkan kemampuan kita bersosialisasi. Persiapkan diri ketika akan bersosialisasi.

Kita harus memiliki patokan dalam proses berpikir saat melakukan percakapan sekalipun kita tipe orang spontan dan pandai beromong-kosong. Jangan takut berubah jika memang perubahan itu baik.

Sumber/gambar:
http://www.beritaunik.net/category/tips-trik
http://infosoftwarehardware.blogspot.com/2012/05/jejaring-sosial-selain-facebook.html


Related Posts

Tips Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi di Masyarakat
4/ 5
Oleh