Kisah Dibalik Kelahiran iPhone

Kisah Dibalik Kelahiran iPhone Yang Penuh Kerja Keras
Seorang pejabat Appel yang juga merupakan sosok kunci dalam kelahiran iPhone membeberkan kisah yang mungkin belum pernah diungkap sebelumnya.

Bagaimana cerita dibalik kelahiran iPhone, ponsel cerdas yang hingga sekarang tetap populer dan sebagian kalangan mencitrakannya sebagai simbol kaum elit.

Greg Christie yang merupakan Apple Vice President and Software Design ialah salah satu sosok kunci dalam kelahiran iPhone.

Baca juga: 10 Rahasia Bos Facebook Kini Telah Terungkap

Dirinya bercerita tentang bagaimana kisah terciptanya iPhone dalam ruang sidang pengadilan California di mana kala itu Apple kembali menuding Samsung melanggar paten. Greg pula si pencipta paten slide to unlock yang juga dipermasalahkan Apple.

Berikut kami sajikan kepada sahabat semua tentang kisah lahirnya iPhone yang diungkapkan oleh Greg saat sidang pengadilan antara Apple dan Samsung yang mungkin kisah tersebut ia sampaikan dengan tujuan agar pengadilan memahami bagaimana Apple bekerja keras untuk membuat iPhone sehingga merasa tidak sepantasnya produk ini dijiplak.


Ambisi Apple Membuat ponsel

Suatu hari Greg duduk di kantor ketika Scott Frostall (mantan eksekutif Apple) datang lalu menutup pintu dan bertanya apakah yang akan Greg lakukan untuk membuat ponsel. Dari pertemuan itu, Greg dan timnya pun berdiskusi lebih jauh.

Deskripsinya masih umum, yang pasti ponsel itu akan berbasis layar sentuh, ukurannya lebih besar untuk sebuah telepon genggam namun sangat kecil dibandingkan layar komputer desktop. Setelah itu, Greg dan tim mulai mengerjakan desainnya.

Tim yang dipimpin Greg beberapa bulan kemudian mendemonstrasikan ide mengenai software iPhone. Desainnya mendapat inspirasi dari sistem operasi OS X. Lalu selama beberapa bulan mereka bekerja  mendesain, brainstorm, mendemonstrasikannya dan kemudian me-reviewnya.

Pertemuan untuk membahas desain iPhone dilakukan dalam sebuah ruangan lantai dua di kantor pusat Apple yang biasanya ruangan tersebut dipakai dalam rapat-rapat bersama Steve Jobs.

Ruangan yang memiliki pengamanan cukup ketat, tidak ada jendela, dan untuk memasukinya dibutuhkan sebuah kode PIN.

Pada Januari 2005, seusai Apple menyelenggarakan konferensi MacWorld, melihat perkembangan proyek iPhone yang dirasa masih jalan di tempat, Steve Jobs terlihat mulai tidak sabar. Ia nampak mulai frustasi karena merasa belum ada kemajuan berarti dalam proyek  ini.

Ultimatum diberikan kepada tim yang dipimpin Greg. Steve meminta mereka telah harus bisa mendemonstrasikan keseluruhan proyek pada meeting berikutnya atau proyek iPhone akan diberikan kepada tim lain jika mereka tidak berhasil.

Greg merasa sedikit jengkel karena ia merasa sudah membawa kemajuan pada proyek iPhone tersebut. Greg merupakan orang yang sangat kompetitif dan tidak mau proyek ini lepas ke tim lain.

Ia sungguh ingin memberikan kinerja yang terbaik dan bekerja begitu keras supaya tak mengecewakan Steve.

Pada meeting berikutnya, mereka pun mendemonstrasikan hasil kerja keras mereka untuk iPhone, dan Steve merasakannya sebagai pekerjaan yang hebat dan puas melihat hasilnya.

Proyek iPhone kemudian dikerjakan oleh beberapa tim, Apple langsung memberlakukan keamanan tingkat tinggi. Ruangan Greg dan timnya tidak bisa dimasuki sembarang orang dan memerlukan akses keamanan khusus.

Namun, nampaknya memang tak semudah membalikkan telapak tangan dalam membuat produk final iPhone. Butuh waktu sekitar dua tahun iPhone akhirnya diluncurkan Apple atau tepatnya pada tahun 2007.

Peluncuran generasi pertama iPhone secara resmi dilakukan di San Francisco pada perhelatan Macworld Expo 2007. Greg pun menyatakan antusias sebagai audiens ketika menonton hasil karyanya bersama tim.

Antusias konsumen sungguh menakjubkan kala menyambut peluncuran pertama iPhone bahkan hingga sekarang, merek iPhone masih bertaji walau banyak pesaing bermunculan.


sumber/gambar
http://m.detik.com/inet/read/2014/04/07/155029/2547949/317/3/kisah-kelahiran-iphone-yang-belum-pernah-terungkap
http://www.teknoup.com/news/15911/apple-pernah-pertimbangkan-keyboard-fisik-untuk-iphone-pertama/


Related Posts

Kisah Dibalik Kelahiran iPhone
4/ 5
Oleh