Berbagai Manfaat Tanaman Krisan

Berbagai Manfaat Tanaman Krisan
Di balik keindahannya sebagai tanaman hias, tanaman krisan (Chrysanthemum sp) baik bunga maupun daunnya ternyata banyak digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Diantara khasiat kembang krisan untuk pengobatan misalnya untuk menyembuhkan nyeri perut karena angin, sakit batuk, dan sinusitis (peradangan rongga sinus).

Berikut ini kami akan berbagi kepada sahabat semua tentang bagaimana mengolah tanaman Krisan menjadi ramuan obat tradisional.

- Perebusan kembang krisan dan daunnya selama lima belas menit dalam dua gelas air mampu mengobati sakit batuk berlendir (batuk produktif) akibat bronkhitis dan kongesti.

Baca juga: Minum Kopi Ternyata Menyehatkan

- Perebusan akar krisan bisa juga digunakan sebagai obat sakit kepala.

- Tanaman krisan juga mampu menurunkan demam, memperbaiki penglihatan, mengobati panas dalam, memberi gizi pada darah, serta menurunkan tekanan darah.


Karena khasiat-khasiat tersebut, bunga krisan juga termasuk salah satu bahan ramuan yang penting pada pengobatan tradisional Cina.

Belum banyak orang tahu, selain digunakan sebagai tanaman hias, kembang krisan juga dapat dinikmati sebagai minuman yang menyegarkan seperti lazimnya orang menikmati seduhan teh dan rasanya pun tak kalah nikmat dengan minuman teh yang biasa kita minum.

Tunas dan bunga krisan juga dapat dimakan sebagai salad, serta daunnya bisa dimasak untuk acara-acara meriah.


Sumber:
Majalah INTISARI edisi Agustus 2001, "Temukan Khasiat Kembang Krisan Dibalik Keindahannya" oleh Taja


Related Posts

Berbagai Manfaat Tanaman Krisan
4/ 5
Oleh