Membuat Hidup Jadi Luar Biasa dan Lebih Bermakna

Kalimat bijak berikut ini mungkin cocok saya letakkan pada pembuka posting Kami kali  ini:

"Saya memilih mati secara luar biasa daripada hidup sia-sia." (Jay Z)

“Kamu bisa mati sebagai pahlawan, atau hidup cukup lama untuk melihat dirimu sendiri pelan-pelan menjadi penjahat.” (Harvey Dent - The Dark Knight)

Jangan salah kaprah menangkap makna pada kalimat bijak barusan. Tak mungkin kita bisa hidup selamanya di dunia ini, untuk itulah kita harus berusaha agar bagaimana membuat hidup yang begitu singkat ini menjadi benar-benar berarti sehingga disaat wafat nanti meninggalkan makna yang mendalam bagi orang-orang di sekitar kita.

Baca juga: Hal-hal Yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang Agar Tiada Penyesalan

Berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa hal yang dapat menjadi renungan dan acuan kita untuk dapat menjalani hidup sehingga sanggup memberi makna bagi orang-orang di sekitar kita.


1. Milikilah Visi Setinggi Mungkin

Bermimpilah, dan jangan batasi mimpimu. Jangan hiraukan mereka yang meragukan dan menertawakan mimpimu. Anggap saja itu semua sebagai motivasi untuk memacu diri mewujudkan impianmu.


2. Berusaha Lebih Keras Dari Orang Lain

Orang yang pengetahuannya paling banyak akan menjadi yang terbaik. Curahkan waktumu tiga kali lebih banyak pada pengembangan pribadi dan pembelajaran profesional untuk menggandakan kesuksesanmu.


3. Orientasikan Diri Pada Proses

Tidak ada hal-hal besar yang dibangun dalam semalam. Sebuah perusahaan setidaknya membutuhkan waktu 20 tahun untuk menjadi besar. Orang-orang terbaik dunia paling tidak mencurahkan sedikitnya 2,5 jam selama 10 tahun untuk berlatih sebelum menjadi bintang besar.


4. Jangan Takut Gagal dan Segeralah Bangkit

Selalu ada jalan terjal untuk mencapai hal besar yang menjadi passionmu. Bertahanlah dan bayangkan kita sedang ditempa untuk menjadi yang terbaik. Ketakutan akan gagal dan terpuruk justru hanya akan menghambat dirimu untuk maju.

Ketika gagal, segera bangkit. Jangan berlama-lama pada penyesalan, tak ada gunanya terpuruk dan putus asa. Yakinlah bahwa kita adalah pemenang dan kegagalan hanyalah pelajaran menuju kesuksesan.


5. Rasa Takut Harus Ditaklukan

Hadapi rasa takutmu, dorong terus dirimu sampai batas kemampuan paling atas yang kita miliki. Walau kadang rasa takut bisa menghambatmu, namun bila kita sanggup menaklukannya maka akan dapat menjadi kekuatan untuk kita berkembang jauh melebihi apa yang diharapkan.


6. Jaga Reputasi dan Abaikan Mereka yang Mencela

Reputasi yang kita miliki merupakan aset yang tak ternilai harganya. Tindakan dan kerja yang baik serta sikap yang dapat menginspirasi orang lain adalah dongkrak untuk meningkatkan nama baikmu.

Mereka para pencela adalah orang-orang yang merasa terancam keberadaannya karena kecemerlanganmu. Tak usah dipikirkan, simpan saja energimu untuk pengembangan diri.


7. Jadilah Orang yang Penuh Kasih dan Bermanfaat

Selama kita mampu, tebarkan kasih sayang dengan sesama. Karena pada akhirnya kita akan berharap untuk bisa memberi lebih bagi sesama. Menjadi orang besar berarti menjadi berguna bagi orang di sekitar kita, bagi masyarakat, dan bahkan bagi lingkungan alam.

Jadikan orang-orang di sekitar kita merasa lebih baik dari diri mereka sebelumnya. Orang sukses ialah mereka yang mampu membangun orang-orang di sekitarnya. Pribadi orang sukses cenderung mendorong orang lain untuk berkembang, bukan malah menjatuhkan mental orang lain.

Hargailah mereka yang bekerja dengan baik, nggak usah ragu untuk memuji hasil  kerjanya bila menurutmu orang tersebut telah melakukan pekerjaan hebat.


8. Tolonglah Dengan Tulus dan Jangan Biarkan Ketidakadilan

Pusatkan perhatian pada seberapa banyak orang-orang yang telah kita tolong, bukan pada seberapa banyak pengakuan yang kita dapatkan. Berhentilah berbuat sesuatu hanya supaya kamu diakui orang lain, belajar lebih tulus pada setiap pertolongan yang kita berikan.

Berbuatlah sesuatu supaya kamu bisa membantu orang lain. Jika menemukan ketidakadilan di sekeliling kita, jangan diam saja. Berontaklah, lakukan sesuatu! Jangan biarkan dunia ini dikontrol oleh ketidakadilan.


9. Ucapkanlah Maaf dan Jadilah Pemaaf

Ucapkan terima kasih dengan sepenuh hati dan ucapkan maaf dengan penuh ketulusan. Maafkanlah mereka yang perlu dimaafkan. Dendam hanya akan menghabiskan energimu pada sesuatu yang tidak penting. Berdamailah, karena itu akan lebih baik bagi dirimu sendiri.

Jangan buat dirimu jadi kepikiran sama hal-hal yang sebenarnya nggak perlu kamu pikirkan, karena dapat berpengaruh pada kinerjamu secara keseluruhan.


10. Bersyukurlah

Dengan bersyukur, kita akan merasa lebih bahagia karena bersyukur adalah obat bagi kesedihan. Apabila hati kita bahagia, maka akan ada lebih banyak semangat untuk mencapai hal-hal yang luar biasa.


11. Percaya Diri

Percaya diri akan membuat kita lebih optimis melangkah mencapai tujuan. Percayalah bahwa opini paling penting tentang dirimu adalah opini yang berasal dari dirimu sendiri. Pandangan kita tentang diri sendirilah yang akan menentukan kesuksesan.

Jangan seperti mereka yang sibuk untuk 'meng-copy' orang lain. Setiap manusia diciptakan unik, dengan kemampuan dan bakat yang berbeda satu sama lain. Stop berusaha agar sama seperti orang lain, karena setiap orang memiliki jalan menuju sukses yang berbeda-beda pula.


12. Pentingnya Kesehatan

Kesehatan yang baik akan lebih membuka peluang kita untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Olahraga yang rutin dan terapkanlah gaya hidup sehat untuk membantu kita hidup lebih lama.


13. Kesulitan Adalah Kesempatan Untuk Kita Belajar

Pandanglah sebuah kesulitan sebagai kesempatan untuk berkembang. Saat kita merasa ingin menyerah, sebenarnya adalah saat dimana kita harus terus maju. Kegigihan akan membawamu lebih dekat kepada kesuksesan dan sukses adalah milik mereka yang terus belajar dan bertumbuh.

***

Itulah beberapa catatan kecil pada posting Blogadit tentang bagaimana membuat hidup kita menjadi luar biasa. Semoga bermanfaat dan dapat mendorong kita untuk lebih dekat dengan kesuksesan.

Sumber:
http://www.hipwee.com/gaya-hidup/cara-mati-yang-luar-biasa-bagi-orang-orang-sukses/


Related Posts

Membuat Hidup Jadi Luar Biasa dan Lebih Bermakna
4/ 5
Oleh