Sukses Melamar Kerja dan Menghadapi Panggilan Interview

Perbandingan jumlah tenaga kerja yang membludak dengan lapangan kerja yang sangat terbatas saat ini membuat persaingan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan semakin selektif.

Paling tidak, untuk memperoleh pekerjaan, jika kita tidak mempunyai skill yang mumpuni serta kenalan 'orang dalam' dalam suatu perusahaan akan semakin sulit dan kecil peluang agar dapat diterima bekerja pada perusahaan yang kita inginkan.

Tidak sedikit pelamar yang terkadang nasibnya belum beruntung dalam mendapatkan pekerjaan yang sangat ia idamkan.

Baca juga: 5 Tips Melamar Pekerjaan Di Luar Bidang Profesi Anda Sebelumnya

Pada posting berikut ini, kami akan berbagi kepada sahabat sekalian tentang tips-tips dalam melamar kerja dan bagaimana menghadapi panggilan interview agar sukses atau paling tidak memperbesar peluang kita untuk dapat bekerja pada perusahaan dan posisi yang inginkan.

Mari kita simak bersama-sama!


Teknik Melamar Kerja yang Baik

Langkah awal yang harus kita lakukan dalam melamar kerja yaitu mencari sumber informasi lowongan yang tentunya saat ini banyak tersedia di media-media cetak (koran, majalah, dan lain-lain), internet, career center, dan agency (outsourching).

Setelah itu, pilihlah lowongan kerja yang sesuai keinginan dan kemampuan yang kita miliki.

Dalam memilih lowongan kerja, perhatikan hal-hal seperti:
  • Ketahui betul informasi mengenai posisi pekerjaan yang akan dipilih.
  • Cari tahu tentang profil perusahaan pemberi kerja yang akan anda lamar.
  • Kesesuaian antara keadaan diri dengan persyaratan jabatan dan sebaiknya jangan memaksakan diri untuk suatu jabatan tersebut.



Langkah selanjutnya ialah membuat surat lamaran pekerjaan dan yang harus kita perhatikan dalam membuatnya, antara lain:
  • Gunakan kertas berwarna netral.
  • Pilihlah jenis dan ukuran font standard.
  • Untuk ukuran kertas, sebaiknya gunakan ukuran kertas A4.
  • Ketiklah surat lamaran dan daftar riwayat hidup dengan rapi, ringkas dan jelas dengan mencantumkan posisi yang dilamar, tanggal dan tanda tangan pelamar, alamat tempat tinggal atau domisili, nomor handphone anda yang selalu aktif dan mudah dihubungi.
  • Gunakanlah kata-kata atau bahasa yang mudah dimengerti.

Setelah surat lamaran dan dokumen persyaratan siap, selanjutnya ialah pengiriman dokumen lamaran.

Pengiriman dokumen tersebut bisa kita lakukan melalui pos (tentunya dengan alamat penerima dan pengirim harus jelas, melalui email (pertimbangkan besar file yang akan dikirim dan rutinlah membaca inbox email), atau Walk in interview (datang langsung ke perusahaan yang dituju).


Sukses Menghadapi Panggilan Interview

Nah, setelah Anda mengetahui cara-cara dalam melamar kerja yang baik, selanjutnya kita akan mengulas bagaimana cara sikap atau perilaku dalam menghadapi interview kerja yang baik.

1. Penampilan

Penampilan sangatlah penting karena merupakan hal yang pertama dinilai oleh interviewer. Kenakan pakaian rapi (nyaman dan formal), gunakan sepatu tertutup dan datanglah dengan aroma tubuh yang segar.

Untuk pria disarankan menggunakan kemeja lengan panjang dengan warna soft dan celana warna gelap, memakai sepatu pantofel dengan kaos kaki warna gelap (sebaiknya hitam) serta bila perlu mengenakan dasi yang warnanya harus kontras dengan kemeja yang dipakai.

Sedangkan bagi wanita, gunakanlah kemeja warna soft dan memakai blazer dengan warna hitam atau gelap, jangan menggunakan make up berlebihan, kenakanlah sepatu pantofel dengan heels setinggi 5 cm.

2. Body Language

Berjalan dengan tubuh tegap saat memasuki ruangan, tampil semangat dengan gaya anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas.

Sodorkan tangan terlebih dahulu sambil tersenyum saat hendak bersalaman. Sapa interviewer dengan Bapak/Ibu dan jangan duduk sebelum dipersilahkan oleh interviewer.

3. Sikap yang Baik Saat Berdiri dan Duduk

Berdiri dengan badan tegap dan tidak bungkuk, pandangan ke depan (kontak mata) dan sikap siaga kedua tangan di samping. Jangan ada gerakan tambahan yang tidak perlu seperti menggaruk, tolak pinggang, memegang telinga atau kepala dan sebagainya.

Sedangan pada saat duduk, usahakan badan tetap tegak, pandangan ke depan (kontak mata), tangan di bawah atau jangan di atas meja dan posisi tidak menyender pada senderan kursi belakang.

4. Sikap Bicara

Bicaralah yang jelas, tegas namun tetap rileks dengan intonasi suara yang tepat sesuai situasi. Selain ucapan sapaan, sebaiknya tidak bicara sebelum interviewer bertanya atau memberikan kesempatan anda untuk bicara.

***
Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat melamar kerja dan menghadapi panggilan kerja. Semoga beruntung dan sukses selalu untuk anda. Ingat ya sahabat, jangan malu atau minder karena apapun nantinya pekerjaan yang akan anda geluti asalkan halal dan niatkanlah untuk ibadah.

Sumber:
http://www.kompasiana.com/channel/humaniora


Related Posts

Sukses Melamar Kerja dan Menghadapi Panggilan Interview
4/ 5
Oleh