Kiat Mudik Dengan Mobil Pribadi Yang Aman dan Nyaman

Kiat Mudik Dengan Mobil Pribadi Yang Aman dan Nyaman
Mudik merupakan tradisi yang setiap tahun dilakukan orang-orang ketika lebaran tiba. Ribuan bahkan jutaan orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Hari Kemenangan bersama dengan keluarga di kampung halamannya.

Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi pastilah harus melakukan persiapan matang terlebih dahulu sebelum kegiatan tersebut dilakukan.

Baca juga: 6 Tips Mencari Promo Diskon Liburan Terbaik

Berikut kami paparkan beberapa tips mudik yang aman dan nyaman dengan menggunakan mobil pribadi.


Periksa Kondisi Mobil

Sebelum mudik pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Pertama, cek kondisi tekanan angin ban, lalu air radiator, minyak rem, air Aki, dan wiper.

Sesudah itu, pastikan juga sistem kelistrikan dalam kondisi baik. Ingat pula untuk memeriksa oli mesin, power steering, dan karet-karet mobil hingga fan belt.


Persiapkan Perlengkapan yang Harus Dibawa

Untuk langkah antisipasi, selalu persiapkan ban serep, dongkrak beserta pemutarnya, berbagai kunci (kunci busi, kunci inggris, kunci pas, dan lain-lain), obeng (plus dan minus), senter, segitiga pengaman, dan tak lupa untuk sediakan peta kalau-kalau terjadi kemacetan parah dan Anda memutuskan untuk melalui jalur alternatif.

Selain itu, surat-surat kendaraan juga jangan sampai ketinggalan, pastikan Anda selalu membawa SIM dan STNK selama perjalanan.


Persiapkan Kondisi Pengemudi

Seorang pengemudi bertanggung jawab penuh atas keselamatan dan kenyamanan penumpang yang berada di dalam kendaraannya, oleh sebab itu peran pengemudi sangatlah vital. Persiapkan kondisi pengemudi agar tetap prima.

Jangan sekali-kali mencoba mengemudi jika mengantuk, dan sebaliknya jangan sampai mengantuk saat mengemudi. Setidaknya beristirahatlah di tempat aman setiap dua atau tiga jam sekali selama perjalanan.


Selalu Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Jarak aman tidak selalu dipatok dari hitungan meter, namun tetap bisa dipertimbangkan selisih waktu tiga detik karena waktu tersebut merupakan jeda antara respon pengemudi dengan respon mesin mobil saat melakukan pengereman.

Penting untuk diingat, respon manusia relatif lebih lambat dibandingkan reaksi mekanik pengereman.


Utamakan Keselamatan

Selalu gunakan sabuk pengaman selama dalam perjalanan. Patuhi rambu lalu lintas dan ingatlah, "Always Drive Safe". Keselamatan Anda dan keluarga adalah segalanya, keluarga menunggu di rumah, dan selamat berlebaran di kampung halaman.

Baca juga: Berkendara Motor di Libur Akhir Tahun yang Aman & Nyaman

***

Minal Aidin Wal Faizin
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Sumber:
http://m.inilah.com/read/detail/2121573/tips-mudik-aman-nyaman-dengan-mobil-pribadi


Related Posts

Kiat Mudik Dengan Mobil Pribadi Yang Aman dan Nyaman
4/ 5
Oleh