Membuat Curriculum Vitae Tampil Lebih Cantik dan Menarik

Mungkin anda adalah orang yang hendak berburu pekerjaan baru atau anda memang sudah berbulan-bulan mencari pekerjaan idaman? Tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali CV anda!

Mungkin saja CV tersebut belum cukup mumpuni, atau memerlukan sedikit perbaikan. CV (Curricullum Vitae) adalah senjata andalan yang bisa anda gunakan untuk dapat menggaet calon perusahaan tempat anda bekerja nantinya.


Tunjukkan Bukti Keberhasilan Anda

Berikanlah bukti nyata dalam CV tentang kontribusi Anda bagi perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Tuliskan semua pengalaman kerja Anda dan tentunya cantumkan juga setidaknya satu pencapaian Anda di setiap pekerjaan tersebut.

Baca juga: Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Beserta Contohnya

Lebih baik lagi jika prestasi yang pernah Anda capai tersebut sesuai dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Jelaskan secara detail dan menarik. Misalnya Anda dapat menuliskan, "sistem pemeliharaan konsumen terbaru yang saya cetuskan dan terapkan mampu meningkatkan penjualan sekitar 15 persen dalam kurun waktu dua bulan."

Jika tidak ingat angka pasti yang bisa diberikan, cukup sebutkan momen-momen ketika Anda sedang dalam performa terbaik atau bagaimana Anda menggunakan keahlian yang dimiliki untuk membantu rekan-rekan lainnya.


Perbaiki Terus Isi CV Anda Demi Pekerjaan Idaman

Bila menyangkut urusan melamar pekerjaan, menerapkan pendekatan standar biasanya jarang berhasil. Jika Anda merasa sudah mempunyai CV yang cukup baik, tanyakan kembali kepada diri Anda apakah itu berkaitan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar atau tidak.

Perbarui terus CV Anda, bahkan hal itu tidak cukup hanya satu atau dua kali saja. Selain menambahkan pekerjaan terakhir Anda, CV juga harus dimodifikasi lagi setiap Anda melamar pekerjaan.

Pastikan Anda menekankan pengalaman dan keterampilan yang paling relevan dengan posisi tersebut. Kiat lainnya adalah Anda dapat menambahkan kata-kata kunci dan frasa yang pengiklan lowongan tersebut cantumkan pada isi tanggung jawab pekerjaan.


Susunlah Dengan Format yang Tepat

Penampilan merupakan hal penting, susunlah CV dengan format yang tepat supaya memudahkan pewawancara dalam mencari informasi tentang Anda, namun bukan berarti harus tampak menjemukan.

Di internet ada banyak CV dengan tampilan dan desain yang menarik. Tampilan CV yang lebih inovatif mungkin akan membantu Anda tampil menonjol pada lowongan di industri kreatif, meskipun tampilan standar juga diperlukan di beberapa sektor pekerjaan tertentu.

Membuat CV dalam berbagai format kadang diperlukan untuk menggambarkan semua hal paling mendasar dari diri Anda.

Misalnya bisa kita siasati dengan tetap menggunakan CV standar (hanya berupa teks) untuk melamar pekerjaan pada situs lamaran kerja online agar dapat dibaca dalam berbagai perangkat teknologi dengan mudah.

Sedangkan untuk wawancara kerja secara langsung, kita dapat menggunakan CV hand out paper dengan desain visual yang menarik.


Periksa Kembali CV Anda

Setelah CV selesai dibuat, periksa kembali untuk mencari tahu alasan apa yang dapat membuat pihak perusahaan merasa perlu untuk merekrut Anda. Semua yang terlampir di dalam CV haruslah memposisikan diri Anda untuk jabatan yang dipilih.

Pertegas deskripsi diri dan fokus terhadap pencapaian Anda, bila perlu hilangkan keterangan seputar hobi dan minat bila hal tersebut terlalu umum dan tampak menjemukan.

Jika Anda adalah orang yang terbiasa dengan dokumen, ketidaklengkapan informasi, ketidakakuratan dan kesalahan pengejaan dalam CV Anda akan sangat mudah terlihat.


Sertakan Akun Online ke dalam CV

Para manajer perekrutan karyawan kini sering pula memeriksa kandidat karyawan yang potensial di jejaring sosial. Pastikan profil-profil Anda di berbagai jejaring sosial tetap up to date dan menyertakan pula informasi yang sama seperti pada CV Anda.

Saat ini banyak kandidat yang menambahkan URL, email atau nama akun jejaring sosial ke dalam CV mereka, sehingga memudahkan perekrut untuk mencari tahu sang pelamar secara online.

Dan jangan lupa untuk menyertakan informasi seputar profesi Anda pada akun-akun jejaring sosial yang Anda miliki tersebut.

Sumber:
http://id.she.yahoo.com/karir/


Related Posts

Membuat Curriculum Vitae Tampil Lebih Cantik dan Menarik
4/ 5
Oleh