Tips Aman Dari Kejahatan Pencopetan

Pencopet adalah pencuri kelas teri yang biasanya beroperasi di tempat-tempat umum, dia mengambil barang-barang berharga yang kita bawa secara sembunyi-sembunyi dengan memanfaatkan kelengahan atau sengaja mengalihkan perhatian kita untuk melancarkan tujuannya mengambil barang berharga milik kita.

Copet tidak sama dengan penjambret dan berbeda dengan penodong. Mereka melakukan aksinya dengan lebih terencana dan sistematis, juga kebanyakan mereka memiliki kemampuan dalam menggunakan tangan mereka dengan cepat.


Tempat-tempat Rawan Pencopet

Copet biasanya melakukan aksinya secara sendirian maupun berkelompok. Tempat keramaian apalagi yang penuh sesak seperti Angkot, Bis umum, Metromini, Terminal Bis, Kereta KRL, pasar, kerumunan orang, antrian ATM dan sebagainya merupakan lahan subur bagi para pencopet.

Baca juga: Pengertian Korupsi Beserta Contohnya

Untuk itu, selalu waspada dan berhati-hati bila berada di tempat tersebut, dan berikut ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang bagaimana mencegah diri Anda dari Kecopetan di mana pun Anda berada.

Jangan pernah meremehkan copet. Copet ternyata juga bisa dilakukan di tempat bonafid yang menurut orang bersih dari tindak kriminalitas.

Aksi copet dapat dilakukan oleh orang yang tidak Anda kira sebelumnya, seperti anak kecil, ibu-ibu, kakek-kakek, nenek-nenek, cowok ganteng, dan cewek cantik, atau bahkan dengan penampilan yang dapat mengecoh Anda seperti orang kantoran, orang lugu, security, mahasiswa, pelajar, dan lain-lain.


Sasaran dan Modus

Benda-benda yang menjadi sasaran copet di antaranya adalah dompet, HP / Telepon genggam, Gadget, Uang, perhiasan, barang elektronik, dan macam-macam barang berharga lain yang bisa disembunyikan pelaku dengan mudah, mempunyai harga jual tinggi, serta gampang menjualnya.

Tidak mengeluarkan atau menunjukkan barang berharga Anda selama berada di tempat keramaian yang penuh sesak bisa menjadi langkah awal dalam mengantisipasi kejahatan pencopetan.

Berikut ini beberapa modus atau metode yang biasa dilakukan para pencopet dalam menjalankan aksinya, hati-hatilah jika Anda menangkap gejala mencurigakan seperti di bawah ini di sekitar Anda:

  • Tangan copet langsung merogoh kantong atau tas kita dari belakang saat masuk kendaraan umum yang ramai.
  • Berlagak ikut turun dari bis sambil buka-buka tas kita dari belakang.
  • Berlagak mendesak-desak kita dalam kerumunan.
  • Mengajak ngobrol panjang lebar, temannya beraksi di belakang kita.
  • Berlagak muntah, temannya menggerayang barang berharga kita di dalam tas.
  • Beraksi saat kita tertidur lelap dalam bis/kereta/dan sebagainya.
  • Merobek tas atau celana kita dengan silet/benda tajam.


Melindungi Diri Dari Pencopet

Setelah melancarkan aksinya, si pencopet ini tidak akan perduli dengan nasib korbannya, ia akan membuang dompet dan tas Anda setelah mengambil uang atau barang berharga di dalamnya untuk menghilangkan jejak.

Untuk meminimalisir resiko kecopetan pada barang berharga Anda, cobalah beberapa tips di bawah ini:

1. Berdoalah sebelum bepergian agar di lindungi oleh Allah SWT dari marabahaya yang mengancam keselamatan jiwa dan harta, terutama dari aksi jahat para pencopet dan aksi kriminal lainnya.

2. Gunakan pakaian dengan saku yang ketat dengan bahan yang tidak gampang sobek ketika disilet seperti celana jeans, agar pencopet tidak dapat dengan mudah memasukkan tangannya ke dalam saku celana kita.

3. Gantungkan atau letakkan tas Anda di bagian depan tubuh, agar mudah terlihat mata dan bisa Anda lindungi dengan tangan Anda.

4. Jangan undang perhatian copet dengan mengeluarkan barang berharga di tempat kerumunan, pastikan handphone atau dompet Anda tidak berjendol atau berada pada posisi yang tidak mencolok, serta jangan menaruh barang berharga pada saku yang longgar dan mudah dijangkau tangan kosong.

5. Selalu waspada dan jangan lengah ketika berada di tempat ramai atau kerumunan orang meskipun di tempat yang Anda rasa aman.

6. Buat tempat penyimpanan khusus barang berharga selain di kantong, saku, dompet, atau tas yang tidak terpikirkan oleh para copet.

7. Gunakan aksesoris yang akan mempersulit copet mengambil barang berharga Anda, misalnya dengan rantai besi pada dompet, saku celana berkancing atau berrisleting, dan lain-lain.

8. Jebak copet dengan dompet kosong, ponsel mainan, dan sebagainya. Simpan barang yang asli di tempat yang sulit dijangkau para copet.

9. Jangan taruh kartu identitas, SIM, STNK, kartu ATM dan surat berharga lain di dalam dompet agar jika dompet Anda kecopetan (naudzubillah), barang Anda tidak hilang semua.

10. Simpan uang Anda (pecah) di beberapa tempat pada bagian lain sebagai cadangan supaya apabila Anda kecopetan, Anda masih bisa pulang dengan uang cadangan tersebut.

***

Copet tidak pernah pilah-pilih korban dan tidak mengenal belas kasih. Mereka akan terus mencoba beraksi meraup rezeki yang haram selama ada kesempatan.

Sebaiknya hati-hati juga apabila ingin mengganyang gerombolan copet karena malah bisa-bisa kita yang difitnah atau  digebuki tanpa ampun, lalu pergi begitu saja. Semoga tips tadi bermanfaat dan Anda senantiasa mendapat perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Sumber:
http://www.organisasi.org/1970/01/tips-cara-menghindari-kecopetan-menghindar-aksi-copet-pencopet-barang-berharga-anda.html?m=1


Related Posts

Tips Aman Dari Kejahatan Pencopetan
4/ 5
Oleh