5 Cara Agar Anda Selalu Punya Ide Baru

5 Cara Agar Anda Selalu Punya Ide Baru
Kebanyakan Bisnis yang hebat bukan dibangun dari ide-ide bagus, melainkan dari cara orang memecahkan masalah nyata dan membutuhkan pemahaman mendalam tentang apa masalah itu.

Bagi orang-orang kreatif menghasilkan suatu karya adalah sebuah tantangan walaupun bukanlah pekerjaan mudah.

Tentu saja mereka harus terus memutar otak, berpikir agar bagaimana karyanya tersebut bisa diterima oleh masyarakat luas. Hanya saja, mencari inspirasi ini kadang susah-susah gampang.

Di saat kita berpikir keras malah tak kunjung datang, namun sering juga kita menemukan inspirasi itu secara tidak sengaja.

Simak juga: Tips Antisipasi Agar Tidak Tertipu Saat Berbelanja Online

Nah, posting berikut ini akan berbagi tentang cara-cara agar kita bisa mendapatkan inspirasi dengan cara yang mudah, seperti dilansir dari Entrepreneur.com. Mau tahu seperti apa? Silahkan menyimak ya...!!!


1. Perbanyak Teman

“Banyak teman, banyak saudara”, begitu kiranya pepatah mengatakan. Perluas jaringan pertemanan anda sehingga ada banyak wawasan dan ragam pemikiran yang bisa diobrolkan bareng mereka. Membahas konsep dengan rekan juga tidak ada salahnya melalui percakapan-percakapan santai.

Banyak ide-ide kreatif yang dapat muncul dari setiap obrolan tersebut. Banyaknya orang yang menjadi teman anda akan ada banyak cara pula untuk anda memadukan berbagai ide kreatif sehingga ide tersebut bisa lebih matang.


2. Munculkan Kepekaan Terhadap Lingkungan Sekitar

Coba saja lihat sekeliling Anda, biasanya banyak benda atau hal kecil yang kerap datang menjadi sebuah ide. Padahal benda atau hal kecil tersebut, jika kita peka bisa saja mempunyai nilai jual tinggi. Kehidupan anda yang bergerak terlalu cepat, membuat banyak sesuatu yang terlewat begitu saja.

Pasti banyak kesempatan atau ide yang potensial bila kita mencoba untuk lebih bersantai sedikit sambil memperhatikan lingkungan sekitar.


3. Jangan Malu Bertanya

Bertanya itu perlu, jika anda ingin maju. Untuk kemajuan usaha anda, tentunya anda perlu tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen atau klien anda.

Tanyakan saja pada mereka dan jangan sungkan. Anda juga bisa bertanya kepada pasar apa yang mereka inginkan. Dari situ biasanya akan ada banyak ide bisnis yang muncul.


4. Catat Setiap Ide yang Muncul

Cobalah mulai mencatat berbagai ide apapun yang muncul dipikiran anda. Bisa di secarik kertas maupun di telepon selular anda. Walau terlihat konyol, tapi hal ini akan berguna bagi anda. Dengan mencatat ide-ide tersebut, dapat menjamin sebuah ide tidak terabaikan dan menguap begitu saja.


5. Maksimalkan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Anda mungkin akan temukan sebuah ide besar dari lingkungan terkecil anda. Mulailah dengan keluarga anda sendiri, perhatikan keluhan mereka sehari-hari.

Wujudkan pula rasa peduli atau empati yang lebih dibanding sebelumnya kepada keluarga atau teman-teman anda sehingga akan makin banyak gagasan-gagasan yang muncul di dalamnya.

Sumber: http://www.merdeka.com/uang/minim-inovasi-tips-ini-bisa-bantu-anda-raih-ide-bisnis-baru.html
Gambar: komunitas.yellowpages.co.id


Related Posts

5 Cara Agar Anda Selalu Punya Ide Baru
4/ 5
Oleh