6 Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Nge-Blog

Beberapa Cara Mendapatkan Uang dari Nge-Blog
Di jaman serba internet ini, mungkin sudah banyak yang bisa dan menguasai cara membuat blog.

Namun, yang jadi pertanyaan adalah untuk tujuan apa blog yang anda buat tersebut?

Apakah hanya sekedar hobi, sebagai media belajar, sekedar iseng saja atau memang dengan tujuan untuk mendapat penghasilan?

Jika tujuan anda nge-blog adalah untuk mendapatkan penghasilan (uang), inilah yang terkadang sulit dilakukan walau secara teori terlihat mudah.

Bahkan, banyak juga para blogger yang belum mengerti caranya.

Tapi sebelum itu coba kita rencanakan kembali tujuan kita dalam membuat blog, dan jika awalnya hanya sekedar hobi ataupun hanya untuk belajar-belajar saja, tidak ada salahnya bila sekarang anda mulai berpikir untuk bisa juga mendatangkan penghasilan dari blog anda tersebut, jadi seperti kata pepatah “sambil menyelam minum air” betul nggak?

Nah, jika anda sudah memutuskan untuk mendapatkan penghasilan (monetize) dari blog anda, sekarang tinggal bagaimana caranya? Berikut ini kami akan berbagi informasi tentang cara-cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang kita miliki (blogging for money).


1. Memasarkan Usaha dan Bisnis Anda

Jika anda memiliki sebuah usaha atau bisnis, adanya sebuah blog bisa mendatangkan keuntungan tambahan untuk bisnis anda lho.

Ya, sebenarnya cara ini hanya mendukung promosi atau pemasaran dari produk atau jasa yang anda miliki, artinya bukan untuk menghasilkan uang secara langsung dari blog anda tersebut.

Anda harus lebih kreatif dalam membuat blog, sesuaikan topik blog anda dengan produk atau jasa yang hendak anda promosikan.

Ini merupakan jenis strategi marketing online yang cukup efektif, sehingga usaha anda akan mempunyai jaringan pemasaran yang lebih luas. Dan diharapkan pula keuntungan yang didapat akan lebih meningkat.

Misalnya, anda mempunyai hobi memelihara ikan hias, anda bisa membuat artikel-artikel tentang tips dalam pemeliharaan ikan hias, sekaligus menjual produk makanan ikan, atau perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan untuk memelihara ikan hias.


2. Melayani Jasa Pemasangan Iklan Di Blog Anda

Traffik tinggi yang dimiliki suatu blog biasanya sangat dicari oleh para pebisnis untuk menjadi media iklan yang potensial. Anda bisa mulai menerima jasa untuk pemasangan iklan di blog anda. Berikan ruang (space) pada widget untuk si pengiklan.

Sebaiknya untuk permulaan, janganlah pasang tarif terlalu tinggi, sesuaikan saja dengan traffik perharinya dan google pagerank blog anda.


3. Menjadi Publisher PPC (Paid Per Click)

Paid Per Click (PPC) merupakan program advertising yang memberikan bayaran kepada publishernya setiap ada iklan yang di klik oleh pengunjung dari iklan yang terpasang pada blog tersebut.

Sebelum memasang kode iklan pada blog anda, tentu blog anda harus terdaftar dulu di penyedia layanan program PPC tersebut.

Salah satu program PPC yang terkenal dan selalu menjadi andalan para pemburu dollar di internet adalah Google Adsense. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dari Google Adsense, blog dengan traffik tinggi harus kita miliki.

Anda pun harus mendaftarkan blog anda dan mendapat persetujuan dari Team Google Adsense terlebih dahulu.

Google sangat ketat kalau soal pelanggaran Aturan, dan jangan sekali-kali melanggar aturan atau kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh Google, jika akun atau blog anda tidak ingin di-Banned.

Misalnya, salah satu pelanggaran yang paling fatal adalah melakukan klik pada iklan yang tampil di blog anda sendiri.

Sudah banyak blogger Indonesia yang sukses meraup dollar dari Google Adsense. Situs-situs besar baik lokal maupun internasional juga banyak yang bergabung menjadi publisher Google Adsense. Inilah mengapa Google Adsense selalu menjadi andalan bagi para pemburu dollar di internet.


4. Menulis Advetorial

Advetorial merupakan bentuk pengiklanan dimana kita akan mendapat upah dari menuliskan review mengenai usaha (bisnis) atau website orang lain, kegiatan ini sering disebut juga dengan Paid for Review.

Tidak jarang perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain, dan biasanya mereka juga bersedia membayar mahal jika menurut mereka ulasan tersebut efektif dalam meningkatkan citra positif bagi bisnis mereka.

Hanya saja, memang tidak mudah untuk mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Butuh negosiasi dan penawaran yang intens kepada perusahaan tersebut. Akan lebih efektif juga bila anda menawarkannya secara offline, melalui teman atau relasi-relasi bisnis anda.

Tapi biasanya jika ada sebuah perusahaan atau pebisnis yang berminat membayar untuk ditampilkannya advetorial mereka, maka mereka akan menghubungi lewat email.

Bisa juga anda coba mendaftar sebagai publisher di Idblognetwork bila anda tak ingin repot menghubungi calon pengiklan. Tidak sedikit blogger yang mendapatkan job menulis artikel review dari Idblognetwork, dan bersedia membayar mahal dari artikel review yang dibuat.


5. Komisi dari Affiliate Marketing

Salah satu cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog adalah bergabung dalam program affiliasi. Program affiliasi yang kita ikuti akan lebih efektif jika menyesuaikan dengan topik pada blog kita.

Tentukan dahulu produk apa yang akan kita promosikan, baru setelah itu kita membangun blog yang berhubungan dengan produk affiliasi tersebut.

Program affiliasi yang terkenal adalah amazon.com, dan banyak juga blogger dari Indonesia yang sudah sukses dengan mendapatkan komisi ratusan bahkan ribuan dollar dari Amazon. Semakin baik konten anda, peluang untuk mendapatkan konversi penjualan pun juga akan semakin tinggi.


6. Bisnis Penjualan Blog

Menjual blog yang anda miliki mungkin bisa dijadikan cara terakhir untuk menghasilkan uang dari blog. Atau jika memang anda berencana serius dalam bisnis ini, anda bisa mulai membuat, dan membangun sebuah blog, jika sudah optimal secara SEO kemudian anda bisa menjualnya.

Banyak juga pebisnis dalam publisher Adsense yang mencari blog-blog potensial untuk dibeli dan dijadikan blog dalam bisnis Adsense mereka.

Atau bagi mereka yang hendak bermain di bidang Affiliasi, juga banyak yang mencari blog-blog Amazon untuk dibeli. Jika kita tidak tahu caranya, memang akan terasa sulit untuk mencari pembeli yang minat dengan blog kita.

Cara yang cukup mudah ialah anda bisa menggunakan jasa broker (perantara) untu menemukan calon buyer yang potensial. Dari hasil penjualan blog anda, bisa digunakan untuk membangun bisnis lainnya.


Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat menghasilkan uang dari blog yang kita miliki. Sesuaikan dengan minat anda, kira-kira cara mana yang cocok dan ingin anda jalankan. Sekali lagi perlu diingat nampaknya secara teori memang mudah, namun realisasinya ternyata sulit dilakukan.

Butuh ketekunan dan kesabaran untuk bisa sukses menghasilkan pendapatan besar seperti master-master blogger lainnya.

Tidak ada yang instan, usaha ini akan sangat memakan waktu dan proses fase demi fase sebelum anda bisa menghasilkan rupiah dari blog anda. Namun, anda harus tetap semangat karena kesuksesan telah berada di depan mata tergantung kesiapan anda untuk menggapainya.

Sumber: https://www.maxmanroe.com/5-cara-menghasilkan-uang-dari-blog-wordpress-sudah-terbukti.html
Gambar: iradewa.com


Related Posts

6 Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Nge-Blog
4/ 5
Oleh