4 Peluang Usaha Di Bidang Komputer yang Menguntungkan

Beberapa Peluang Usaha Di Bidang Komputer
Di jaman serba modern ini, hampir setiap aktivitas baik di bidang pekerjaan, usaha maupun sekolah menggunakan komputer.

Hampir setiap orang yang kita temui pasti memiliki satu buah perangkat komputer atau laptop di rumahnya.

Komputer secara sederhana dapat kita artikan sebagai seperangkat elektronik yang dipergunakan manusia untuk mengerjakan tugas-tugas kantor dan tugas lainnya seperti mengetik, menggambar, internetan dan lain-lain.

Teknologi komputerisasi pun kian canggih, lingkup peralatannya sekarang ini bukan hanya sebatas komputer desktop, tapi juga laptop, netbook dan komputer tablet.

Baca juga: Berbagai Peluang Usaha Baru untuk Ide Bisnis anda di Tahun 2015

Harganya yang semakin terjangkau serta tersedianya berbagai merk dan spesifikasi yang dapat disesuaikan kebutuhan, membuat pasar komputer sudah merambah bukan lagi pada kalangan menengah ke atas, tapi juga pasar menengah ke bawah.

Melihat kenyataan itu, peluang bisnis di bidang komputer memiliki prospek yang bagus dan sangat menguntungkan.

Perangkat komputer saat ini seakan menjadi sangat diperlukan oleh setiap kalangan dan lapisan masyarakat sehingga permintaan pasar dalam bidang komputer ini semakin meningkat di tanah air.

Banyak sekali usaha yang dapat dijalankan dalam bidang komputer. Modalnya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan, ada yang butuh modal besar, sedang, kecil, bahkan ada pula yang nyaris tanpa modal sedikitpun alias gratis.

Mau tahu apa saja peluang bisnis yang dapat dijalankan di bidang komputer ini? Mari kita simak penjelasan di bawah ini:


1. Usaha Jual Beli Komputer

Jika anda termasuk pebisnis yang punya modal memadai, usaha jual beli komputer bisa menjadi pilihan. Anda dapat membuka toko komputer di tempat yang strategis seperti pinggir jalan perkotaan, atau menjualnya secara online untuk membuka pangsa pasar yang lebih luas.

Selain komputer, anda juga bisa menambah barang dagangan anda dengan berbagai aksesoris atau perlengkapan komputer lainnya seperti, komponen-komponen hardware, software-software perkantoran, software-software game, kamera, monitor, speaker, smartphone, dan aksesoris portabel lain sebagai pendukung komputer itu sendiri.

Penjualan aksesoris ini akan sangat membantu dalam menambah penghasilan anda di bisnis komputer.


2. Jasa Reparasi dan Perakitan Komputer

Jika memiliki keahlian yang mumpuni di bidang komputer (software maupun hardware), anda bisa membuka jasa perbaikan komputer dan printer. Kenakan tarif yang terjangkau, dan utamakan kualitas serta pelayanan yang baik.

Bisa juga memberikan garansi kepada jasa perbaikan anda yang tentunya akan memberikan nilai tambah dalam pelayanan anda kepada pelanggan. Sebarkan nomor telepon atau HP anda kepada konsumen, agar bisa melayani juga panggilan reparasi ke rumah konsumen.


3. Warnet dan Rental Komputer

Ada sebagian orang yang menganggap bisnis warnet dan rental komputer sekarang ini agak kurang pendapatannya.

Tapi nyatanya tidak demikian, bisnis ini juga masih menyediakan peluang yang cukup besar, terutama bila anda memilih lokasi usaha yang strategis dan ramai seperti di sekitar sekolahan, kampus, atau perkantoran.

Apalagi jika disandingkan usaha warnet dan rental komputer anda dengan usaha fotocopy, penjilidan serta penjualan alat-alat tulis.

Penikmat game online juga masih banyak yang menggunakan warnet sebagai tempat penyaluran hobi mereka, karena warnet biasanya memiliki koneksi internet yang stabil dan cocok untuk memainkan game-game online dibandingkan dengan koneksi internet menggunakan broadband.


4. Kursus atau Pelatihan Komputer

Usaha ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan bisa dilakukan secara sampingan. Sangat cocok bagi anda mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan, atau penghasilan sampingan anda bagi karyawan seusai pulang kerja.

Bermodal keahlian dan kesabaran, anda bisa mulai mengajar kepada anak-anak sekolah yang merasa ingin lebih expert lagi di bidang komputer.

Keempat referensi usaha bidang komputer di atas bisa juga anda gabungkan dalam satu tempat usaha. Utamakan pelayanan yang baik agar menjadi pilihan konsumen dibandingkan dengan kompetitor anda yang lain.

Sumber: http://www.matapencaharian.com/kenali-bisnis-dalam-bidang-komputer.html
Gambar: www.emje.net


Related Posts

4 Peluang Usaha Di Bidang Komputer yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh