Hati-hati Memilih Agen Perjalanan Online Dalam Membeli Tiket Pesawat

Hati-hati Memilih Agen Perjalanan Online Dalam Membeli Tiket Pesawat
Minat orang untuk bepergian kini semakin tinggi. Membuat penggunaan transportasi pesawat semakin ramai, sehingga pembelian tiket pesawat juga semakin meningkat.

Ditambah lagi, pembelian tiket pesawat sekarang sudah lebih mudah dengan adanya penjualan secara online oleh para penyedia jasa traveling.

Namun, kemudahan yang diberikan bukan berarti kita menjadi tidak berhati-hati. Terutama kepada para penipu yang mengimingi tiket pesawat murah. Banyak juga penyedia jasa perjalanan yang mengalami kasus demikian.

Biasanya penipu tersebut akan berpura-pura menjadi salah seorang sales dari salah satu penyedia layanan perjalanan.

Menanggapi hal tersebut, CEO dari NusaTrip.com Hans Ebenhahn mempunyai beberapa tips dalam membeli tiket pesawat yang aman melalui agen perjalanan online.

Pertama, langsung membeli dari agen perjalanan online yang telah diketahui track record-nya. Biasanya pada agen penjualan online tidak bisa menampilkan jadwal perjalanan serta harga tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan untuk saat itu juga.

Apabila ada, paling hanya beberapa maskapai saja, tidak selengkap NusaTrip.com

Kedua, tidak membeli tiket pesawat via SMS atau telepon dari pihak yang belum anda kenal. Apalagi jika nomor telepon yang dipakai adalah nomor telepon rumah biasa atau nomor telepon genggam (hotline). Karena sebagai sambungan telepon, agen perjalanan biasanya memakai call center.

Ketiga, perhatikan bahwa pelanggan selalu diberikan keleluasaan oleh penyedia jasa perjalanan online dalam memilih maskapai penerbangan, memberikan detail mengenai data penumpang serta memilih berbagai metode pembayaran yang anda sukai.

Jadi, anda harus waspada jika ada penyedia jasa perjalanan yang tidak memberi keleluasaan kepada pelanggannya.

Agen perjalanan palsu tidak mempunyai teknologi yang terintegrasi dengan sistem maskapai penerbangan, sehingga mereka lebih sering melayani pembelian tiket pesawat hanya melalui SMS atau Telepon.

Keempat, perhatikan cara pembayaran yang dilakukan. Biasanya konsumen di Indonesia menyukai cara pembayaran dengan ATM, SMS Banking, atau Online banking.

Dalam poin cara pembayaran ini sebaiknya konsumen mencermati beberapa hal untuk memastikan apakah tiket pesawat yang anda bayarkan benar-benar asli atau palsu.

1. Transfer Bank (ATM, SMS, Online). Dalam melakukan transaksi, agen perjalanan online akan menggunakan akun virtual yang sudah terintegrasi pada sistem bank bersangkutan. Akun virtual ini memiliki ciri-ciri yaitu: jumlah digit rekening berbeda dengan rekening biasa (lebih banyak), anda akan melihat nama agen perjalanan online tersebut ketika transaksi, jadi bukan nama individu atau perseorangan. Biasanya jika ia seorang penipu, maka hanya memiliki beberapa akun rekening saja dan menggunakan nama pribadi sebagai akunnya, bukan nama perusahaan.

2. Online Bank. Dengan e-solution, agen perjalanan online yang resmi biasanya akan terintegrasi di beberapa bank besar. Hal ini untuk membuktikan kalau agen tersebut mempunyai kontrak e-commerce profesional dengan berbagai bank. Sementara kontrak dari bank tersebut tidak dimiliki oleh agen perjalanan palsu.

Demikian tips-tips aman dalam membeli tiket pesawat melalui agen perjalanan online yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
 
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2013/12/21/1410410/Tips.Aman.Membeli.Tiket.Pesawat.Online.
Gambar: kaskus.co.id


Related Posts

Hati-hati Memilih Agen Perjalanan Online Dalam Membeli Tiket Pesawat
4/ 5
Oleh