Loket Tiket Pesawat Di Bandara Soekarno-Hatta Ditiadakan

Loket Tiket Pesawat Di Bandara Soekarno-Hatta Ditiadakan
Mulai awal Maret 2015 lalu Bandara Soekarno-Hatta sudah meniadakan loket penjualan tiket pesawat dari semua maskapai.

Oleh sebab itu, para calon penumpang diharuskan memesan tiket terlebih dahulu, baik secara online maupun melalui travel agent.

Bagi penumpang yang belum membeli tiket, sejumlah maskapai menyediakan alternatif bagi mereka.

Seperti yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia, untuk pembelian tiket maskapai ini calon penumpang dapat melakukan pemesanan via online atau melalui call center langsung di konter costumer service Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk pemesanan tiket melalui online, maskapai Garuda Indonesia hanya bisa dilakukan  4 jam sebelum penerbangan.

Sedangkan bila melalui call center, bisa dilakukan 2 jam sebelum terbang. Pembayarannya untuk sistem ini hanya bisa dilakukan secara transfer, baik menggunakan ATM, internet banking, maupun sms banking.

 Namun, bagi penumpang yang ingin membeli tiket untuk perjalanan segera (go show) outlet resmi Garuda Indonesia tersedia di Hotel Sheraton, Bandara Soekarno-Hatta.

Penumpang bisa membeli tiketnya langsung di tempat tersebut, pembayarannya pun bisa dilakukan secara tunai atau langsung di tempat.

Setelah itu baru penumpang kembali ke bandara dan melakukan prosedur keberangkatan seperti biasanya. Outlet Garuda di Hotel Sheraton buka  selama 22 jam dari jam 03.00 WIB hingga jam 01.00 WIB.

Sama halnya dengan maskapai Lion Air, mereka juga tidak membuka outlet resmi. Namun, bagi calon penumpang yang hendak go show, hanya diberi pilihan untuk pesan tiket melalui via call center dan secara online.

Namun, untuk pemesanan maskapai Lion Air secara online atau call center harus dilakukan 5 jam sebelum penerbangan. Sementara itu, di konter resmi Lion Air tidak disediakan fasilitas komputer untuk digunakan penumpang memesan tiket.

Satu-satunya cara penumpang bila tidak ingin melalukan pemesanan secara online ialah dengan membeli tiket di agen perjalanan.

Semua loket penjualan tiket di Bandara Soekarno-Hatta sudah diubah menjadi konter customer service dimana penumpang bisa melakukan perubahan jadwal penerbangan melalui konter-konter ini.

Selain itu, konter resmi maskapai ini bisa juga untuk konfirmasi perubahan rute penerbangan, refund, dan pembatalan penerbangan.

Kebijakan meniadakan loket penjualan tiket di Bandara merujuk kepada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor HK 209/I/I/16/PHB.2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandara.

PT Angkasa Pura 2 juga mendorong agar ke depannya maskapai-maskapai penerbangan bisa menyediakan mesin pembelian tiket di bandara. Agar penumpang yang hendak melakukan perjalanan segera (go show) dapat lebih mudah dalam pembelian tiketnya.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2015/03/01/10561371/Inilah.Alternatif.Cara.Pembelian.Tiket.Pesawat.di.Bandara.Soekarno-Hatta
Gambar: ekonomi.kompasiana.com


Related Posts

Loket Tiket Pesawat Di Bandara Soekarno-Hatta Ditiadakan
4/ 5
Oleh