Memilih Profesi yang Cocok untuk Sarjana Hubungan Internasional

Bagi anda yang kuliah di jurusan Hubungan Internasional atau hendak mengambil studi kuliah di bidang ini pastinya memerlukan sedikit gambaran tentang apa saja yang anda pelajari dalam studi tersebut.

Bukan hanya itu, prospek kerja setelah lulus dan menjadi sarjana Hubungan Internasional juga harus anda ketahui sebelumnya agar sejak awal sudah ada perencanaan yang matang untuk ke depannya setelah lulus dari studi nanti.

Studi Hubungan Internasional erat kaitannya dengan bagaimana menciptakan jalinan hubungan antar negara-negara dengan baik dan harmonis.

Selain itu juga anda mempelajari bagaimana menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan antar negara dengan mengedepankan isu-isu umum di bidang politik, sosial, hukum, dan tentunya ekonomi.

Simak juga: Persiapkan Karir Hidup Anda Memasuki Usia 30-an

Tidak hanya itu, anda juga akan mempelajari tentang budaya dan nilai-nilai yang dianut oleh suatu negara sampai pada perkembangannya terhadap kehidupan di negara tersebut.

Dalam studi Hubungan Internasional juga akan diajarkan bagaimana menjalin hubungan antar organisasi internasional, perusahaan multinasional ataupun individu (tokoh) dengan popularitas yang mendunia.

Kemampuan dalam menganalisis nilai-nilai yang dianut oleh kedua belah pihak (negara) yang bersangkutan juga harus anda kuasai, sehingga dapat ditemukan cara-cara berdiplomasi dan bernegosiasi dengan baik dan benar untuk membentuk hubungan yang saling menguntungkan dalam ruang lingkup internasional di antara dua kubu yang bersangkutan.

Mata kuliah penunjang dalam studi Hubungan Internasional di antaranya yaitu: politik luar negeri, bisnis internasional, hukum internasional, dan masih banyak lagi mata kuliah penunjang dalam studi ini sebagai pengembang dari pengetahuan tentang segala isu-isu dari berbagai macam negara.


Prospek Dunia Kerja Lulusan Studi Hubungan Internasional

1. Internasional Officer

Profesi sebagai Internasional Officer mempunyai tugas kerja khusus untuk menangani kasus ataupun permasalahan-permasalahan antar negara.

Biasanya, instansi-instansi tempat bekerja dari Internasional Officer, yaitu Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Atase ataupun Konsulat. Bisa juga di LSM-LSM yang bergerak di dunia internasional atau biasa disebut dengan INGO (International Non Governmental Organization).

Posisi paling tepat dari profesi Internasional Officer ini biasanya diisi oleh lulusan Hubungan Internasional. Karena memiliki hubungan yang sangat erat dengan seluruh materi serta hal-hal praktis yang telah dipelajari dalam perkuliahan Hubungan Internasional


2. Diplomat / Duta Besar

Profesi Diplomat atau Duta Besar merupakan pilihan kerja terbaik dari lulusan Hubungan Internasional. Profesi dalam kantor Kedutaan Besar merupakan kompetensi utama dari lulusan Hubungan Internasional.

Baik untuk menjadi staff nya atau menjadi seorang duta besar. Seorang duta besar maupun diplomat yang ditugaskan oleh suatu negara harus bisa memahami isu-isu internasional ataupun nasional negara yang menjadi delegasinya.

Menjadi duta besar merupakan prospek kerja yang paling menjanjikan dari lulusan Hubungan Internasional.


3. Wartawan atau Jurnalis Internasional

Seorang lulusan Hubungan Internasional mempunyai prospek kerja di bidang kewartawanan dan jurnalistik. Baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Untuk menjadi seorang wartawan internasional tentu harus memiliki kemampuan berpikir kritis dalam melihat suatu permasalahan, kasus ataupun isu yang bertaraf internasional.

Dengan dasar-dasar pembelajaran mengenai analisis isu internasional, profesi wartawan ataupun jurnalis menjadi salah satu prospek yang cukup diincar bagi lulusan Hubungan Internasional.


4. Konsultan Internasional

Konsultan Internasional sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam sebuah hubungan internasional.

Lulusan Hubungan Internasional harus busa menganalisis isu yang berkembang dan sekiranya benar-benar mengerti permasalahan antar negara yang sesungguhnya sedang terjadi. Keahlian yang tidak sembarangan tentunya sangat dibutuhkan dalam menjalin hubungan antar negara.

Harus orang yang benar-benar memiliki keahlian dalam menganalisis nilai-nilai yang dianut oleh negara-negara yang bersangkutan. Konsultan Internasional bisa berperan sebagai penasihat, pendamping ataupun pengamat dalam segala hal yang berkaitan dengan Hubungan Internasional.

Untuk itu, konsultan internasional merupakan salah satu prospek kerja yang baik bagi lulusan Hubungan Internasional.


5. Politisi

Berbekal kepedulian terhadap bangsa serta didukung dengan ilmu-ilmu hubungan internasional yang dimiliki, menjadi politisi juga merupakan kesempatan untuk seorang lulusan hubungan internasional.

Seorang lulusan Hubungan Internasional diharapkan dapat menjadi politisi yang dapat mengkritisi kebijakan-kebijakan baik di dalam negerinya sendiri maupun kebijakan yang berasal dari lingkup internasional yang sekiranya dapat mempengaruhi stabilitas suatu negara.

Tentu bidang yang mumpuni untuk profesi ini harus orang yang mempunyai keilmuan dan keahlian seperti yang dimiliki seorang lulusan Hubungan Internasional dalam praktiknya membina hubungan internasional.


6. Akademisi / Dosen

Anda memiliki peluang sebagai seorang akademisi (dosen maupun tenaga pengajar)  bila anda memang benar-benar menguasai semua hal yang berkaitan dengan teori ataupun praktik dari suatu bidang keilmuan.

Terutama di bidang Hubungan Internasional. Seorang lulusan Hubungan Internasional juga berkesempatan menjadi akademisi yang unggul di bidangnya dengan segala teori dan praktik yang dipahami dan dikuasai dengan baik.


7. Peneliti

Seorang lulusan Hubungan Internasional mampu menjadi seorang peneliti yang handal di bidang ruang lingkup internasional.

Demi kemajuan bangsa yang adil dan beradab. Baik dari bidang politik, sosial, hukum, dan bisnis, lulusan Hubungan Internasional memiliki peluang menjadi seorang peneliti dalam kasus-kasus ataupun permasalahan internasional.

Hasilnya, bukan tidak mungkin bila hasil dari penelitian anda dipakai di dunia internasional sebagai pemecah masalah dan pemberi solusi yang tepat atas isu-isu yang ada.



Itulah beberapa prospek kerja dari seorang sarjana Hubungan Internasional, silahkan anda pilih dari semua profesi tersebut sesuai dengan minat anda. Demikian posting kami kali ini, semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan melalui Facebook maupun Google plus. Terima kasih.

Sumber:
http://www.berkuliah.com/2014/07/7-prospek-kerja-untuk-sarjana-hubungan.html


Related Posts

Memilih Profesi yang Cocok untuk Sarjana Hubungan Internasional
4/ 5
Oleh