Menghemat Konsumsi Listrik dengan Alat Rekam Jejak Meteran Listrik

Menghemat Konsumsi Listrik dengan Alat Rekam Jejak Meteran Listrik
Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini.

Nampaknya biaya hidup masyarakat akan semakin berat karena rencana kenaikan tarif listrik pada April mendatang.

Oleh sebab itu, agar biaya pengeluaran tidak berlebihan, tindakan penghematan dalam konsumsi listrik harus dilakukan.

Seorang dosen Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Dr Mat Syai’in ST MT membuat terobosan baru dengan menciptakan meteran listrik menggunakan kartu telepon seluler (simcard) agar pemakai listrik dapat mengetahui histori pemakaian energi tersebut.

Ia mengungkapkan, rekam jejak atau histori penggunaan listrik tersebut sangat berguna agar kita tidak bingung dengan tagihan dari PLN yang mungkin saja tiba-tiba membengkak dengan jumlah di luar dugaan.

Dengan menggunakan alat tersebut, maka pemilik bisa melihat langsung semua instalasi listrik yang teraliri energi itu, data pemakaian listrik disertai tanggal dan jam-nya sampai volume pemakaiannya.

Histori itu dapat dilihat pemilik melalui simcard yang dimasukkan ke dalam notebook atau komputer, sehingga perabot atau instalasi mana yang menggunakan listrik terbanyak bisa diketahui.

Dengan informasi dan data lengkap tentang pemakaian listrik, pemilik bisa melakukan pengelolaan sendiri agar beban energi di rumahnya menjadi terkendali. Semoga saja ide inovatif tersebut sudah mampu diaplikasikan di lingkungan rumah tangga, perhotelan dan industri dalam waktu dekat ini.

Sumber:  http://www.merdeka.com/uang/dosen-asal-surabaya-temukan-alat-pencegah-pemborosan-listrik.html
Gambar: lifestyle.kompasiana.com


Related Posts

Menghemat Konsumsi Listrik dengan Alat Rekam Jejak Meteran Listrik
4/ 5
Oleh