Persiapan Diri dalam Mencari Pekerjaan Baru

Persiapan Diri dalam Mencari Pekerjaan Baru
Dalam mencari kerja atau berpindah pekerjaan, kita tentu harus senantiasa mempersiapkan diri.

Seperti persiapan ketika akan membuka sebuah bisnis, persiapan karir ini sama pentingnya. Untuk mencari lowongan pekerjaan, segala persiapan harus dimulai dari diri sendiri.

Jika anda mempunyai rencana untuk berpindah kerja, sebelum keluar dari pekerjaan anda sebaiknya mantapkanlah hati. Jangan sampai nantinya anda mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai harapan dan passion anda.

Baca juga: Persiapkan Karir Hidup Anda Memasuki Usia 30-an

Lalu bagaimana cara persiapan diri dalam mencari kerja atau berpindah pekerjaan yang sesuai? Berikut kami sajikan tips-tipsnya.


1. Evaluasi diri

Evaluasi diri penting untuk dilakukan sebelum anda memutuskan untuk mencari pekerjaan atau bekerja di perusahaan baru. Untuk menunjang karir yang lebih baik ke depannya, anda harus mengukur sampai dimana kemampuan dan keterampilan anda.

Cari tahu, kemampuan anda dalam menjalankan tugas dengan baik sampai sejauh mana. Dengan begitu, nantinya anda tak akan salah memilih perusahaan atau jenis pekerjaan baru.


2. Menggali Kemampuan Diri

Apabila ingin mencari pekerjaan baru dikarenakan pekerjaan yang sekarang dijalani tidak meningkatkan kemampuan anda (kemampuan analisis, manajerial, dan lain-lain), maka anda membuat keputusan yang tepat.

Namun, jika anda masih ingin bekerj di tempat yang sama sebaiknya jangan berkutat dengan tugas yang itu-itu saja. Cobalah cari tugas atau pekerjaan lain yang bisa menggali dan mengasah kemampuan serta keterampilan yang lain.

Agar nantinya pada saat keluar dari pekerjaan anda akan memiliki berbagai kemampuan yang menguntungkan dalam pengembangan diri.


3. Program Pelatihan Tambahan

Dalam persiapan karir ada satu hal yang paling penting, yaitu perlu adanya penjembatan kemampuan antara karir lama dengan karir baru. Sebelum anda berniat pindah bidang pekerjaan dan beralih ke karir yang baru, anda harus meningkatkan kemampuan baru.

Anda bisa mengikuti program-program kursus singkat yang dapat membekali anda dengan kemampuan yang diperlukan pada pekerjaan baru anda. Dengan begitu, bekerja di tempat baru tidak akan membuat anda kaget bila kemampuan tambahan sudah anda miliki.


4. Pencarian Informasi tentang Pekerjaan

Mencari info tentang karir baru merupakan hal yang penting dalam persiapan karir itu sendiri. Anda dapat memanfaatkan internet atau bertanya dengan teman-teman untuk mencari lowongan pekerjaan baru.

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang pilihan karir baru yang ingin anda geluti, bertanya dengan orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang tersebut juga tidak ada salahnya.

Di karir yang baru anda pilih harus diketahui prospek masa depan seperti apa yang bisa anda dapatkan. Membuat pilihan karir yang realistis menjadi hal pasti, cobalah untuk mengetahui pro dan kontra dari rencana pilihan karir anda yang baru untuk membantu anda membuat pilihan tersebut.


5. Siapkan Mental Anda

Memulai karir baru hampir sama seperti memulai karir dari awal. Adaptasi dengan rekan kerja, jenis pekerjaan, atasan, dan budaya kerja yang baru akan anda lalui. Untuk itulah perlu adanya persiapan mental kerja yang mantap.

Tidak hanya itu, anda harus bisa memotivasi diri bahwa untuk mendapatkan karir yang lebih baik dan meraih impian, pilihan yang anda buat dalam pekerjaan baru merupakan hal yang tepat.

Untuk menjaga anda tetap semangat dan berpikir positif, cobalah berangkat kerja dengan perasaan bahagia, tetap tenang, sarapan sebelum berangkat, menghidari macet, atau liburan di akhir pekan.

Demikian tips-tips yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda mempersiapkan diri di karir yang baru. Jangan sampai di pekerjaan yang baru anda malah kemunduran, tidak bahagia, dan tidak berkembang dikarenakan persiapan yang kurang.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan silahkan untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya tentang dunia karir di blog ini.

Sumber:
http://nusantarahub.com/hal-penting-yang-harus-kamu-perhatikan-untuk-persiapan-karir/
Gambar:
kidsgen.blogspot.com


Related Posts

Persiapan Diri dalam Mencari Pekerjaan Baru
4/ 5
Oleh