Sembilan Langkah Membuat Aktivitas Kerja Anda Lebih Sehat dan Bersemangat

Jika anda tahu, bahwa bekerja sepanjang hari di kantor itu sebenarnya tidak sehat. Duduk selama berjam-jam, kerjaan yang menumpuk, makan jadi tidak teratur, sehingga kesehatan anda bisa terganggu dan ditambah lagi dapat memicu stress.

Jangan sampai gara-gara terlalu sibuk bekerja, anda jadi lupa memperhatikan kesehatan.

Sangat dikhawatirkan karena keasikan anda dalam bekerja justru nantinya berakibat fatal bagi kesehatan, sehingga penghasilan yang kita dapat dari pekerjaan tidak sebanding dengan biaya berobat yang harus anda keluarkan jika terkena sakit.

Simak juga: Ternyata Banyak Istirahat dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berikut ini kami akan berbagi informasi yang dikutip dari Hipwee tentang tips yang dapat membuat hari-hari anda lebih sehat dan lebih bersemangat dalam aktivitas kerja yang produktif.


1. Sarapan di Pagi hari

Ketika merasa lelah saat bekerja dan membuat anda jadi tak bisa mengerjakan apapun, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan makan secara sehat. Dimulai dari sarapan. Sarapan membuat tubuh anda lebih berenergi untuk menjalani aktivitas selama satu hari ke depan.

Sarapan jangan asal kenyang, kalau terlalu kenyang juga nanti anda jadi mengantuk saat bekerja. Terpenting saat sarapan adalah asupan gizi yang masuk harus mencukupi dan seimbang. Biasakan pula untuk makan siang tepat waktu.

Luangkan waktu anda sejenak lepas dari meja kerja untuk makan siang di luar, agar ada suasana yang berganti walau sebentar. Jadi, saat kembali ke meja kerja setelah jam istirahat berakhir, anda akan merasa lebih fresh.


2. Ubah Ruang Kerja Lebih Ergonomis

Badanmu bisa pegal-pegal jika hanya duduk saja sepanjang hari di meja kerja. Apalagi bila posisi duduk kita dengan komputer kurang pas.

Ternyata mudah kok untuk menghindarinya, ubah meja kerja anda menjadi lebih ergonomis dengan mengatur layar monitor sejajar mata, memposisikan mouse dan keyboar sedemikian rupa, dan pastikan posisi duduk anda sudah benar.

Gunakan kursi yang nyaman dan menopang punggung agar tegak lurus.


3. Bangun dan Bergerak Walau Sejenak

Meja kerja yang ergonomis saja di kantor nampaknya belum cukup, tetap saja duduk terlalu lama itu berbahaya.

Penting sekali untuk sering bangun dari kursi dan banyak bergerak agar anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit dan cidera. Bangkitlah dari kursi anda dan berjalan-jalan sebentar, paling tidak setiap setengah jam.


4. Hindari Terlalu Lama Menatap Komputer

Bila sepulang kerja anda pernah mengalami mata sakit atau kepala pusing, menatap layar monitor terlalu lama bisa jadi adalah penyebabnya. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, beristirahat sejenak akan bisa membantu mencegah kelelahan mata.

Meski agak mahal, kacamata khusus untuk komputer juga mempan sebagai pencegahan. Atau ketika mata anda beralih dari layar, usahakan untuk melihat kekejauhan.


5. Bergaul dengan Rekan Kerja

Berkawan dengan sesama rekan kerja walau kadang suka mengganggu dan sering menyebalkan ternyata bisa menghilangkan stress lho. Bahkan, menurut penelitian, yang ramah dengan rekan kerja dapat memperpanjang umur mereka lebih lama.

Bila berkenan, mereka bisa membantu anda untuk mengerjakan sesuatu. Rekan kerja bisa membuat anda lebih sehat dan meningkatkan produktivitas selama tidak mengalihkan konstrensasimu dari pekerjaan.


6. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Kadang kita lupa pentingnya berolahraga, padahal sangat berperan bagi daya tahan tubuh agar tetap sehat dan lebih bersemangat dalam beraktivitas. Namun, tuntutan pekerjaan kadang membuat kita susah untuk mengatur waktu berolahraga.

Tidak usah repot-repot ke gym, gunakan waktu luang anda di kantor untuk sekadar naik turun tangga, push up, atau bawa barbel supaya bisa latihan angkat beban di kantor.


7. Pentingnya Ibadah untuk Menjaga Kesehatan Rohani

Setiap waktu ibadah atau sholat tiba, hentikan sejenak aktivitas kerja anda. Ibadah ini selain merupakan kewajiban anda sebagai umat beragama, ternyata juga menjaga agar jiwa atau rohani anda tetap sehat.


8. Cukup Tidur

Siapapun pasti tahu kalau kurang tidur tidak baik untuk kesehatan. Produktivitas kerja juga akan terganggu bila anda ngantor sambil mengantuk. Namun, pada kenyataannya hanya sedikit yang mau mengubah kebiasaan tidur mereka supaya lebih baik.

Bila anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di waktu malam, anda bisa mencoba curi-curi waktu saat jam istirahat untuk tidur siang secukupnya.

Dengan tidur sejenak ini dapat membuat anda lebih produktif dan kreatif saat bangun. Pastikan juga waktu tidur anda tidak terlalu lama atau tidak terlalu singkat.


9. Langsung Pulang

Bekerja lebih lama tidak berarti lebih produktif. Jika sudah tiba waktunya, langsung pulang dan beristirahat itu lebih baik.


Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah padatnya jadwal kerja kita. Semoga bermanfaat dan membuat anda lebih bersemangat menggapai karir dan cita-cita.

Sumber:
http://www.hipwee.com/tips/menciptakan-hari-hari-kerja-yang-sehat-dan-penuh-semangat/


Related Posts

Sembilan Langkah Membuat Aktivitas Kerja Anda Lebih Sehat dan Bersemangat
4/ 5
Oleh

1 komentar: