Solusi Menghemat Biaya Konstruksi Kamar Mandi

Solusi Menghemat Biaya Konstruksi Kamar Mandi Hingga 60 Persen
Bukan hanya dibutuhkan di dalam rumah, kehadiran kamar mandi juga sangat penting untuk ada di lokasi seperti fasilitas umum, infrastruktur, proyek pembangunan gedung, dan di daerah-daerah terpencil.

Tampaknya untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan ini dengan efisien, kehadiran kamar mandi prefabrikasi sangat dibutuhkan.

Dibandingkan dengan kamar mandi konvensional, prefabrikasi ini lebih murah dan dapat menghemat ongkos konstruksi serta tenaga kerja sebesar 60 persen.

Tapi, mungkin ada di antara anda yang  belum tahu apa itu kamar mandi prefabrikasi. Kalau rumah prefabrikasi, atau yang sering disebut juga prefab home mungkin sudah tidak sedikit yang mengetahui.

Baca juga: Ikuti Tips Berikut Ini Apabila Ingin Merenovasi Kamar Mandi

Rumah prefabrikasi dirakit dari bagian-bagian yang sudah dibuat atau dicetak di luar lokasi pembangungan. Begitu juga dengan kamar mandi prefabrikasi, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan rumah atau bangunan prefabrikasi lainnya.

Sudah dua tahun ini unit kamar mandi prefabrikasi atau prefabricated bathroom unit (PBU) dikenalkan oleh Bulding and Construction Authority (BCA) Singapura.

Pada intinya, bagian-bagian PBU sudah dibuat di pabrik, hanya tinggal merakitnya saja di lokasi proyek. Setiap bagian PBU ini dibangun dengan menggunakan metode instalasi kering.

BCA Singapura menjelaskan dalam edarannya, PBU relatif memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan kamar-kamar mandi konvensional.

Pembangunan PBU ini tidak memerlukan lapisan batu bata, plester, pelapis anti air, pemasangan keran dan saluran air, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang menguras biaya serta menyita waktu. PBU jauh lebih hemat, pembangunan satu unit PBU paling lama hanya membutuhkan waktu setengah hari.

Pembangunan PBU juga tidak membutuhkan pekerja berkeahlian khusus. Setiap unitnya dijamin sudah melewati quality control di pabrik dan pemilik rumah tinggal memilih berbagai material yang telah tersedia.

PBU tidak tampak seperti kamar mandi “darurat” meskipun terlihat praktis dalam pengerjaannya. PBU dapat dibangun menggunakan lantai dan dinding beton, atau lantai beton dan dinding besi.

Tampilan keramik di dinding PBU juga bisa diperbaiki apabila dalam penggunaannya mengalami kerusakan.

Sejauh ini menurut BCA Singapura, PBU sudah digunakan pada 6 ribu unit tempat tinggal. Beberapa di antaranya adalah proyek terkenal, seperti Parc Emily, The Sail @ Marina Bay, Cube 8, Trellis Tower, St Regis Residences SIngapura, City Square Residences, dan masih banyak proyek lainnya.

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2014/08/02/195716421/Kamar.Mandi.Prefabrikasi.Menghemat.Tenaga.Konstruksi.60.Persen.
http://http//www.channelnewsasia.com/
Gambar:
www.solusiproperti.com


Related Posts

Solusi Menghemat Biaya Konstruksi Kamar Mandi
4/ 5
Oleh