Tahapan yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Blogger Sukses

Tahapan yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Blogger Sukses
Seorang blogger di jaman sekarang ini nampaknya sudah menjadi sebuah pilihan profesi.

Sebab, memang blogger bukan lagi hanya sekedar hobi atau media menulis catatan pribadi tapi sudah menjadi sebuah bisnis yang kalau kita serius menjalaninya bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan.

Menjadikan blog untuk bisa jadi sumber penghasilan tentunya membutuhkan proses, dan kemauan untuk terus belajar serta mendalami dunia internet marketing.

Ada tahap-tahap yang harus dilewati untuk menuju ke arah situ. Apa saja tahapannya? Yuk, kita simak informasi berikut ini!!!


1. Tahap Pengenalan

Tahapan yang pertama tentu anda harus mengenal terlebih dahulu pengertian blog, hal-hal dasar tentang blog, istilah-istilah penting dalam dunia blogging, dan seperti apa cara ngeblog yang benar. Sehingga anda dapat menghasilkan uang dengan blog untuk ke depannya.

Untuk memperluas wawasan, anda bisa belajar dari para blogger senior. Cari tahu lebih banyak mengenai blogging, sehingga nantinya anda dapat menentukan arah blog yang akan dibuat.

Butuh konsep yang matang untuk membuat blog yang nantinya akan di-monetize, karena tidak semua blog itu bisa diandalkan untuk menghasilkan uang.


2. Memilih Platform Blog

Kini semakin banyak platform blog yang bisa digunakan seiring terus meningkatnya popularitas media online. Dalam memilih platform blog yang akan anda gunakan untuk mendatangkan uang sebaiknya jangan sampai salah pilih.

Blogger/Blogspot dan Wordpress merupakan dua platform gratis yang paling banyak digunakan dalam dunia blogging.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun untuk monetize kami lebih menyarankan anda menggunakan platform blogger/blogspot saja. Platform Blogger memiliki banyak keunggulan dan memberikan lebih banyak ruang dalam hosting gratisannya.

Penggunaanya pun saya rasa lebih mudah dan tersedia banyak template blog gratis yang bisa anda gunakan sebagai halaman muka.

Walaupun ada sisi minusnya yaitu blog dapat dihapus sewaktu-waktu oleh Google sebagai pemilik platform Blogger apabila anda melanggar TOS yang sudah ditetapkan oleh Google.


3. Belajar Ilmu dan Pengetahuan tentang Blog

Butuh skill dan pemahaman mendalam tentang bidang apapun sebagai profesi yang akan kita geluti. Sama hal-nya dengan dunia blogging. Jika ingin menghasilkan uang dari blog, pemahaman dan kemampuan anda tentang “cara mencari uang dari blog” harus terus diasah.

Bekali diri anda terlebih dahulu dengan teknik dasar dalam pembuatan blog, kemudian sambil belajar anda juga dapat langsung mempraktikkan ilmu yang anda dapat dengan membuat blog anda sendiri.

Ilmu yang kita serap dapat kita terapkan secara bertahap dalam pengembangan blog dengan beberapa tahapan optimasi yang sudah anda pelajari.

Teruslah berlatih dengan langsung mempraktikannya pada blog anda, gunakan metode “Trial & Error” dalam belajar dan merealisasikan target yang ingin anda capai.


4. Menentukan Kata Kunci

Dalam membuat blog, sebelumnya disarankan untuk melakukan reset keyword (kata kunci) terlebih dahulu agar lebih memudahkan anda dalam menentukan topik blog dan arah blog ke depannya.

Riset keyword ini sangat diperlukan untuk mencari tahu tinggkat persaingan keyword, potensi komersil, jumlah pencarian di SERP, serta rencana waktu yang diperlukan dalam proses pengembangan blog.


5. Mempelajari Optimasi SEO

Agar mampu bersaing dengan blog-blog lain yang banyak bertebaran di dunia internet, blog anda apapun temanya harus selalu dioptimasi. Kuantitas sangat dibutuhkan oleh micro blog, karena biasanya blog dengan jenis micro atau personal blog hanya berisi beberapa artikel.

Lain halnya dengan portal besar yang memiliki ribuan sampai jutaan konten sehingga secara teknis lebih berpeluang untuk mendatangkan pengunjung dengan sendirinya.

Untuk mendongkrak posisi anda di SERP, anda harus belajar tentang teknik optimasi SEO (Search Engine Optimation). Optimasi SEO ini bisa diartikan sebagai usaha untuk mengoptimalkan blog kita agar dapat bersaing di halaman terdepan mesin pencari (search engine).

Para master di dunia blogging membagi teknik ini menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

Keduanya ini harus berjalan beriringan untuk bisa memberi peran besar dalam mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita melalui mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain).

Pelajari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam optimasi SEO, ini sangat penting dalam menjaga track blog anda agar tetap berada pada jalurnya.

Tidak semua metode optimasi dapat digunakan, ada juga teknik optimasi yang menyimpang atau populer dengan istilah blackhat dan ini harus anda hindari agar masa depan blog anda tetap aman.

Link bulding secara membabi-buta, melakukan spamming, dan menulis artikel hanya berisi kata kunci merupakan beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan dalam membangun blog.

Hindari pula meng-copy-paste artikel milik orang lain karena akan sangat berpengaruh dalam rangking anda di mesin pencari. Originalitas sangat diutamakan jika ingin blog anda dapat menghasilkan uang.


6. Menjadi Blogger Kreatif

Anda harus kreatif bila ingin menjadi seorang blogger, karena dalam menulis artikel haruslah unik dan berpotensi mendatangkan banyak pengunjung.

Untuk memberikan dorongan kepada pengunjung agar terus mengunjungi blog anda, buat konten yang berbeda dan unik serta tentu saja menarik. Tentu saja untuk melakukannya anda harus menjadi blogger yang kreatif.


7. Tetap Optimis

Blogging merupakan program jangka panjang, dimana menuntut para blogger untuk lebih bekerja keras dan cerdas dalam membangun bisnis blog mereka. Kuncinya adalah tetap optimis, tekun, dan konsisten untuk selalu update konten-konten yang menarik. 

Analisa kembali jika merasa masih ada yang kurang dengan blog anda dengan memeriksa kondisi “kesehatan blog” seperti struktur template, time loads, broken link, dan lain-lain.


8. Saatnya Monetize

Tiba waktunya untuk mulai menghasilkan uang online dari blog anda, tentunya dengan syarat kalau sudah memiliki pengunjung tetap yang banyak ke blog anda.

Dalam me-monetize banyak cara atau metode yang dapat anda pilih, di antaranya menjadi publisher iklan berbasis PPC (Paid Per Click) seperti Google Adsense, publisher iklan berbasis CPM (cost per mile) seperti PopAds, bergabung dengan program affiliasi, me-review suatu produk atau perusahaan, dan  masih banyak lagi lainnya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada posting kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru anda dalam memahami dunia blogging. Jangan lupa kunjungi posting-posting menarik kami yang lainnya. Terima kasih.

Sumber: http://bloggerlamongan.com/cara-mendapatkan-uang-dari-blog-gratis-alias-tanpa-modal/
Gambar: poponglina.com


Related Posts

Tahapan yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Blogger Sukses
4/ 5
Oleh

2 komentar

16 Mei 2015 14.29 delete

infonya menarik.. thanks min.. udah berbagi :D

Reply
avatar