Tips Antisipasi Agar Tidak Tertipu Saat Berbelanja Online

Tips Antisipasi Agar Tidak Tertipu Saat Berbelanja Online
Belanja online nampaknya sudah menjadi hal populer di masyarakat.

Kemudahan akses serta beragamnya produk yang tersedia di internet menjadi hal yang menarik minat konsumen untuk berbelanja secara online.

Namun, anda harus hati-hati ternyata sistem penjualan online yang kian marak ini tidak lepas juga dari aksi para pelaku kejahatan alias penipu di dunia online.

Untuk mengantisipasinya, berikut ini kami akan sajikan informasi tentang hal apa saja yang dapat kita lakukan sebagai upaya pencegahan tindak penipuan di dunia online shop ini.

Baca juga: Tips Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi di Masyarakat

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua toko online atau buyer yang melakukan penipuan lewat dagangannya. Banyak juga kok para pedagang-pedagang di dunia online yang jujur dengan sungguh-sungguh mencari rezeki dari dagangan yang mereka jual di internet.


Kredibilitas dan Testimonial Penjual

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kredibilitas si penjual (seller). Jika buyer adalah perusahaan atau sebuah unit usaha, periksa apakah seller mempunyai blog atau web profesional yang jelas, terutama jika seller hanya menggunakan blog atau web dengan hosting dan domain gratisan.

Walau bukan jaminan seller ini penipu, tapi biasanya jika seller memang benar serius bisnis di internet maka mereka akan rela mengeluarkan modal untuk membeli nama domain dan menyewa hosting untuk portal bisnis dan usaha mereka.

Namun, tidak semua seller tanpa web toko online profesional ini adalah penipu, jika anda ingin berbelanja online lewat facebook atau portal forum jual-beli sebelumnya anda harus melihat bagaimana kredibilitas seller apakah bagus atau tidak.

Anda dapat melihatnya melalui rekomendasi dari banyak orang yang telah membeli produk atau menggunakan jasanya.

Bisa juga dengan mengetikkan nama seller atau toko atau perusahaan yang bersangkutan di pencarian Google, dan lihat bagaimana respon orang-orang yang pernah berhubungan dengan seller.

Merchant yang kredibel biasanya akan menampilkan alamat lengkap beserta kontak yang dibutuhkan dan selalu siap kapan saja dimintai bantuan.

Lebih disarankan lagi jika anda bertransaksi dengan orang yang benar-benar anda kenal atau mereka yang telah memiliki track record dan testimonial yang baik dari pelanggannya.

Testimonial adalah kesaksian dari para pembeli yang pernah bertransaksi dengan si penjual. Telitilah siapa saja yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian terhadap produk dan pelayanan seller.

Dan periksa lagi apakah seller ini pernah mendapatkan Surat Terbuka atau tidak, karena surat terbuka biasanya dilayangkan pembeli karena si penjual mempunyai cacat dengan pembeli.


Harga Pantas dengan Cara Pembayaran yang Fleksibel

Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan harga tertera adalah harga yang merupakan pasaran produk, jika lebih murah biasanya selisih tidak terlalu besar dan ada sistem kuantitas dalam pembelian atau penjualan dengan partai besar.

Lebih baik anda jangan melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga murah namun tidak masuk akal. Kemudian pertimbangkan juga cara pembayaran yang bisa dilakukan untuk transaksi.

Harap lebih berhati-hati dalam setiap transaksi online, utamakan transaksi dengan ketemuan secara langsung (COD) bila seller masih berada dalam satu kota atau letak daerah anda tidak begitu jauh dari lokasi seller.

Saat melakukan COD tadi, biasakan jangan terburu-buru dan periksa secara mendetail barang yang hendak anda beli.

Anda sebagai pembeli  tentu mempunyai hak untuk memastikan barang yang akan dibeli sesuai dengan apa yang ditawarkan atau digambarkan dalam situs yang si penjual publikasikan.

Jadi, anda juga harus menyimak dengan seksama keterangan maupun deskripsi dari barang yang seller jual di halamannya. Tanyakan juga apakah ada layanan purna jual atau garansi yang bisa anda klaim sewaktu-waktu terjadi kerusakan barang sesuai dengan ketentuan garansi yang tertera.

Bila seller berada di luar kota atau jauh dari kota tempat anda tinggal, maka harus disepakati oleh kedua belah pihak bagaimana cara pembayaran yang bisa dilakukan. Bila melalui transfer bank, cek kembali nama dan rekening seller.

Penjual yang serius berbisnis di dunia online biasanya memiliki rekening di lebih dari satu bank, minimal tiga jenis bank yang memang diketahui memiliki banyak nasabah.

Hal ini berguna dalam kemudahan transaksi pembeli untuk membayar melalui transfer bank yang tersedia pada cara pembayaran si seller. Sebaiknya pastikan nama pada ke semua rekening bank yang tersedia pada cara pembayaran adalah nama orang atau perusahaan yang sama.

Jika anda masih ragu dan khawatir tertipu, anda bisa mengajak pihak seller untuk menggunakan jasa Rekening Bersama.

Biasanya terdapat di situs Kaskus.co.id. Rekening Bersama ini maksudnya menggunakan jasa pihak ketiga untuk me-mediasi transaksi, jadi pembeli mentransfer uangnya ke kaskuser pengelola rekening bersama setelah itu disepakati oleh penjual untuk melakukan pengiriman barang ke pembeli sampai barang diterima dan tidak ada masalah, uang akan ditransfer dari pengelola rekening bersama kepada penjual.

Dan jika terjadi masalah dan barang tidak sampai ke tangan pembeli hingga batas waktu yang ditentukan, maka uang akan dikembalikan ke pembeli.

Untuk jasa rekening bersama biasanya ada semacam fee (biaya) yang harus dibayarkan tergantung besarnya nominal transaksi.

Untuk pembayaran fee harus disepakati terlebih dahulu siapa yang akan membayar biaya tersebut, namun biasanya biaya dari rekening bersama memang ditanggung oleh pembeli.

Memilih jasa rekening bersama juga jangan sembarangan, harus dilihat juga kredibilitas dan testimoni dari si penyedia jasa rekening bersama, serta utamakan rekening bersama yang benar-benar memberikan pelayanan terbaik serta fast respon.

Itulah sedikit tips dalam mengantisipasi anda dari kejahatan penipuan saat berbelanja online. Mungkin masih banyak tips-tips yang lain, tapi kalau menurut saya sih tips di atas sudah cukup mewakili.

Namun, tetap harus diingat bahwa tips di atas juga tidak bisa dijadikan jaminan anda terbebas dari penipuan seller palsu.

Kendati demikian, maksud dari tips ini bukanlah untuk menciutkan minat anda untuk tetap berbelanja online. Justru kami ingin mengajak anda agar lebih bisa memanfaatkan internet dalam berbisnis yang nyaman dan aman. Terima kasih, Semoga bermanfaat untuk anda.


Sumber:
 http://tokoonlinepalsu.blogspot.com/p/nomor-rekening-pelaku-penipuan-online.html
Gambar:
www.tribunnews.com


Related Posts

Tips Antisipasi Agar Tidak Tertipu Saat Berbelanja Online
4/ 5
Oleh