Tips Membuat dan Mengirim Resume Kerja Dengan Baik

Tujuan setiap pelamar saat membuat lamaran kerja tentu agar pihak perusahaan tertarik untuk mengenal dan memanggil anda untuk interview.

Karena itulah para pelamar berusaha mencari cara supaya dapat membuat lamaran kerja yang dapat bersaing dengan pelamar lain dan mendapat perhatian dari pihak perusahaan.

Untuk mendapatkan pekerjaan, langkah awal yang paling penting adalah membuat lamaran kerja dengan baik. Selain itu, Curricullum Vitae atau daftar riwayat hidup juga merupakan dokumen penting yang harus disiapkan dalam berkas lamaran kerja yang anda kirimkan.

Baca juga: 6 Hal yang Mengharuskan Anda Mencari Pekerjaan Lain

Berikut ini kami bagikan kepada anda tips dalam membuat resume atau lamaran kerja yang baik agar langkah awal anda dalam seleksi administrasi dapat berjalan lancar.

1. Berikan Informasi yang benar, isilah resume anda dengan informasi nyata yang benar tanpa rekayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih.

2. Cantumkan data yang lengkap dan ringkas. Data yang penting untuk dicantumkan seperti nama, alamat, usia, status pernikahan, latar belakang pendidikan, kemampuan atau keterampilan yang dimiliki, dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang dapat menunjang profil anda. Buatlah resume dengan ringkas, lebih ringkas dari sebuah CV. Sebaiknya resume yang dibuat maksimal sebanyak satu halaman saja.

3. Resume dibuat dengan tulisan yang jelas dan mudah dibaca. Resume harus jelas, ringkas dan mudah dimengerti oleh pembaca. Setiap paragraf sebaiknya diusahakan jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Tulislah kalimat yang baik, setiap kata jangan disingkat-singkat dan tidak diulang-ulang.

4. Teliti kembali sebelum Resume anda dikirim. Lakukan pemeriksaan ulang, jangan sampai ada yang ketinggalan atau ada yang salah tulis. Anda juga harus memeriksa ulang data-data yang anda unggah bila melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja. Jangan lupa bila anda mengirim kerja lewat email, pastikan subjek yang anda cantumkan jelas dan singkat serta beri nama file attachment dengan jelas.

5. Sertakan informasi tambahan yang mendukung. Seperti pengalaman kerja atau kemampuan yang relevan dengan bidang pekerjaan. Bisa juga untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa anda memang benar-benar serius, cantumkan pula prestasi yang pernah didapatkan dalam pengalaman kerja anda. Jangan menuliskan informasi tambahan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan anda, karena selain membuat resume anda tambah panjang juga akan merepotkan anda dalam pekerjaan nantinya.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang bagaimana menulis resume yang baik agar perusahaan tertarik untuk memanggil anda dalam proses seleksi berikutnya. Semoga sukses.

Sumber: http://tipskarir.com/cara-membuat-resume-untuk-melamar-kerja/


Related Posts

Tips Membuat dan Mengirim Resume Kerja Dengan Baik
4/ 5
Oleh