Tips Mendulang Dolar Melalui Blog Dengan Google Adsense

Tips Mendulang Dolar Melalui Blog Dengan Google Adsense
Google Adsense semakin populer di Indonesia, sebagai salah satu bisnis yang bisa mendatangkan dolar melalui internet.

Google Adsense merupakan program penyedia layanan iklan berbayar oleh Google Inc. melalui konten-konten di sebuah website atau blog.

Para internet marketing yang hendak memasarkan suatu produk dan jasa atau mempromosikan website-nya akan memakai program Google Adwords, kemudian melalui Google Adsense inilah periklanan tersebut akan di publikasikan.

Google Adsense memiliki banyak sekali publisher yang sebelumnya sudah terdaftar dan terverifikasi. Untuk menjadi publisher Google Adsense, anda diharuskan memiliki sebuah blog/web dengan jumlah konten atau postingan paling sedikit 15 artikel dan juga jumlah pengunjung yang tetap setiap harinya.

Setelah web atau blog anda disetujui, maka barulah anda dinyatakan sebagai publisher adsense yang resmi dan bisa meraup dolar dari blog anda tersebut, tapi selama menjadi publisher adsense harus diingat juga agar jangan sampai anda melanggar berbagai ketentuan (TOS) yang sudah Google tetapkan.

Google Adsense akan membayar kita dari setiap klik unik pada iklan yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang ditampilkan di blog. Besarnya pendapatan per klik ini bervariasi, dan berbeda-beda untuk setiap iklannya.

Pendapatan klik tersebut akan diakumulasi jumlahnya dan dikirimkan oleh Google jika sudah melebihi ambang batas minimal saldo pendapatan anda, yaitu sekitar $100 dalam jangka waktu satu bulan sekali.

Penerimaan pembayaran ini bisa anda atur lagi sedemikian rupa tentunya sesuai pada ketentuan yang tertera di Google Adsense.

Untuk teknis mendaftarkan diri menjadi publisher adsense, serta kiat-kiat agar anda bisa diterima menjadi publisher, coba anda googling saja terlebih dahulu. Karena di posting berikut ini, kami hanya akan berbagai mengenai kiat-kiat menjalankan bisnis sebagai publisher adsense saja. Mari kita simak!


1. Fokus pada Satu Blog

Blog atau situs yang sudah disetujui oleh google maka harus selalu di optimasi. Fokuslah terlebih dahulu pada satu blog tersebut, perbanyak konten blog anda dengan konten-konten yang unik. Serta perbanyak pula backlink-backlink berkualitas yang menuju blog anda.

Perhatikan juga dari segi SEO Frendly apakah blog kita sudah sesuai atau belum. Agar pengunjung yang datang ke blog kita menjadi betah dan akan balik lagi ke blog kita di lain waktu.

Dengan semakin banyaknya pengunjung tetap yang datang ke blog kita, maka semakin banyak pula peluang kita untuk mendapatkan klik dari pengunjung sehingga potensi pendapatan dolar kita pun akan meningkat.


2. Pemilihan Keyword

Dalam memilih keyword (kata kunci), sebaiknya pilihlah kata kunci yang tingkat persaingannya rendah namun banyak dicari orang.

Namun, ada baiknya anda tidak menggunakan kata kunci yang telah banyak dikuasai oleh situs-situs besar dan mapan, soalnya blog baru akan sulit untuk bersaing pada halaman pertama mesin pencari.


3. Konten yang Unik

Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat, serta memiliki keunikan. Pengunjung yang memperoleh manfaat dari blog anda pastinya akan datang lagi untuk melihat posting-posting menarik lainnya.

Dengan begitu, iklan adsense yang dipasang pada blog akan berpeluang besar untuk di klik oleh pengunjung.

Pada pembuatan konten blog anda dilarang keras untuk mengcopy paste artikel orang lain karena itu jelas menyalahi peraturan Google Adsense, risikonya adalah google pagerank blog anda akan menurun dan parahnya akun anda bisa di banned oleh Google.

Jika anda kesulitan dalam membuat konten, bisa anda siasati dengan mempekerjakan seorang penulis konten blog profesional dengan upah yang wajar atau bisa juga membeli artikel di sejumlah jasa penulisan artikel.


4. Ikuti Penempatan Iklan yang Disarankan

Penempatan iklan adsense pada blog anda sebaiknya mengikuti saran yang telah diberikan oleh Tim Google Adsense. Tempatkan iklan pada widget atau tempat yang mudah dilihat pengunjung, rapi dan tidak mengganggu isi konten pada blog.

Ini merupakan hal yang penting walau nampaknya sepele. Sesuaikan warna kotak iklan, tulisan atau link dengan warna template pada blog anda agar tampak serasi.

Pada iklan adsense, pilihlah opsi untuk menampilkan iklan teks/gambar agar persaingan iklan dalam blog anda lebih tinggi dan berpengaruh terhadap jumlah klik iklan adsense di blog anda.


5. Sabar dan Tekun

Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instant. Sukses dalam bisnis Google Adsense tidak dapat diraih dalam sekejap.

Butuh proses yang akan menghabiskan banyak waktu, baik dalam membangun jumlah pengunjung yang konstan serta eksperimen dalam tampilan iklan yang potensial. Itulah mengapa anda harus tekun dan barengi dengan kesabaran untuk bisa sukses di bisnis ini.



Banyak publisher adsense yang telah sukses dan mampu meraup ribuan dolar tiap bulannya. Jika anda mengikuti tips di atas, bukan tidak mungkin anda bisa mengikuti jejak mereka. Selamat berbisnis...!

Sumber:  http://www.matapencaharian.com/peluang-usaha-online-google-adsense.html
Gambar:  frizedianto.blogspot.com


Related Posts

Tips Mendulang Dolar Melalui Blog Dengan Google Adsense
4/ 5
Oleh

4 komentar

17 Maret 2015 21.07 delete

saya setuju dengan pendapat Anda harus fokus 1 blog, soalnya saya pernah mencoba mengurus beberapa blog dengan harapan dapat mendulang dollar lebih banyak lagi, tapi ternyata hampir semuanya berantakan.

Keingin membangun blog yang bertrafik tinggipun terbengkalai apalagi dollar yang didapatipun kian menurun, Karena fokus yang terpecah-pecah.

Dan dengan adanya artikel ini sudah sangat memotivasi saya, terimakasih sharenya. salam blogger

Reply
avatar
17 Maret 2015 23.48 delete

sabar dan tekun tuh yg sering jadi "lawan" saya klo mo posting..kadang males banget kadang semangat bgt buat update postingan :D

Reply
avatar
23 Juli 2015 12.02 delete

betul kata mas Hengki, memang dengan mengelola banyak blog bisa menambah peluang kita untuk memperoleh penghasilan lebih banyak lagi, tapi saya rasa lebih baik mengelola satu blog terlebih dulu, rampingkan alexa hingga < 100k, dan dapatkan traffik hingga ribuan perharinya, setelah blog sudah benar-benar mapan dan mendatangkan penghasilan dengan sendirinya, barulah kita coba membangun blog baru untuk lebih memperbanyak penghasilan.

soalnya kalo mengelola banyak blog, waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing blog bisa mapan itu bisa sangat lama dan bisa dibilang melelahkan gan. ^_^

Reply
avatar
23 Juli 2015 12.06 delete

sama seperti saya gan, apalagi bisa diibaratkan kalau bekerja di dunia blogging ini semacam investasi jangka panjang, hasilnya pun tidak bisa serta merta kita dapatkan saat itu juga. butuh waktu dan perjuangan kalau memang ingin sukses seperti mereka yang telah bisa mendatangkan passive income dari blog dengan sendirinya.

Reply
avatar