4 Cara Marketing Online yang Efektif untuk Bisnis Dengan Modal Kecil

4 Cara Marketing Online yang Efektif untuk Bisnis Dengan Modal Kecil
Lebih banyak cara dan tempat untuk bisnis saat ini dalam menjangkau pasar. Salah satu media yang cukup potensial adalah melalui internet.

Terutama untuk bisnis modal kecil atau usaha kecil menengah, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat walau dengan sumber daya dan anggaran terbatas, namun bisnis harus tetap berjalan optimal.

Pemasaran online kini menjadi cara yang cukup efektif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan mendatangkan keuntungan lebih pada usaha anda.

Baca juga: Beriklan di Internet Kini Semakin Mudah Dengan Google Adwords

Akan tetapi, dalam menjalankan strategi pemasaran secara online ini juga tidak bisa asal sembarangan.

Dibutuhkan langkah-langkah khusus untuk bisa mencapai target dengan tepat. Mau tahu langkah-langkah apa saja yang harus anda lakukan dalam marketing online ini? Silahkan disimak tips-tipsnya di bawah ini!


1. Buatlah Sebuah Blog

Blogging merupakan salah satu strategi pemasaran online yang cukup baik.

Anda bisa membuat sebuah informasi maupun tips-tips yang ada hubungannya dengan penjualan anda untuk diberikan kepada klien atau calon konsumen. Konten tersebut bisa anda posting di blog, dan mempromosikannya secara sosial.

Website utama penjualan anda akan mendapatkan dukungan dari adanya blog yang anda buat. Dampak positif pada SEO juga akan didapat dari sini.

Bila secara intens anda bisa mengupdate blog anda, maka dampak signifikan juga akan diperoleh pada kemampuan website anda untuk lebih mudah ditemukan dalam Search Engine. Semakin sering anda blogging, semakin banyak pula traffic yang datang ke website anda.


2. Manfaatkan Situs Jejaring Sosial

Bisnis modal kecil yang anda jalani harus didukung pula dengan pemasaran pada jejaring sosial. Peran media sosial ini bisa menjadi luar biasa untuk  bisnis anda bila anda bisa menggunakannya dengan maksimal.

Anda bisa memilih salah satu media sosial yang ramai pengunjung seperti Facebook, Twitter, maupun Google Plus.

Dan mulailah lebih aktif dalam berinteraksi dengan teman-teman di jejaring sosial tersebut misalnya dengan sering berbagi konten, bergabung dengan forum diskusi, dan terlibat dengan komunitas.

Facebook bisa anda jadikan media sosial yang cukup potensial dalam marketing online anda. Semakin anda sering berinteraksi dengan penghuni di dalamnya, semakin besar pula kemungkinan teman-teman anda di facebook untuk melihat konten-konten yang anda bagikan.

Jika ingin lebih efektif lagi, anda bisa menggunakan fitur Facebook-Ads yang tersedia, namun memang membutuhkan sedikit biaya untuk menggunakannya.


3. Berbagi Image di Pinterest dan Instagram

Pinterest dan Instagram merupakan dua layanan berbagi image yang mempunyai pengikut cukup besar terutama kalangan perempuan.

Bila bisnis anda di bidang industri makanan, pakaian atau salon, sangat penting untuk teratur posting di Pinterest dan Instagram. Karena media ini mendukung sekali untuk produk-produk yang sangat visual.


4. Beriklan di Layanan PPC

Memasang iklan pada program PPC bisa dijadikan cara yang jitu dalam marketing online anda. Biaya yang dibutuhkan untuk beriklan di layanan juga relatif murah. Google Adwords merupakan salah satu penyedia layanan PPC terbaik.

Pemasaran anda bisa lebih tertarget dengan menggunakan Adwords. Biaya yang anda keluarkan dalam strategi pemasaran online pada Adwords ini tidak akan sia-sia karena layanan ini memang sudah terbukti sangat efektif dalam mengenalkan dan mempromosikan sebuah brand atau produk.

Begitu juga traffic yang akan anda dapatkan di website anda. Pastinya traffic ini juga berasal dari orang-orang yang memang relevan dengan keyword dari bisnis anda tersebut.


Demikian beberapa cara marketing online yang efektif untuk usaha anda dengan modal kecil. Anda bisa menjalankan semua cara di atas, atau memilih salah satu kombinasi dari semuanya yang dirasa sesuai dengan budget dan sasaran konsumen anda. Semoga bermanfaat, dan jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan belajar....

Sumber/gambar:
http://blog.sribu.com/2014/08/12/7-tips-marketing-online-terbaik-untuk-bisnis-modal-kecil/
opentoexport.com


Related Posts

4 Cara Marketing Online yang Efektif untuk Bisnis Dengan Modal Kecil
4/ 5
Oleh