4 Cara Mudah Mendapatkan Modal untuk Bisnis Anda

Dalam berbisnis, modal mungkin bukan hal yang terpenting, namun modal merupakan faktor pendukung yang sangat penting dalam sebuah bisnis.

Tentunya semua pebisnis sudah tahu soal ini, karena akan sulit untuk mengembangkan sebuah bisnis tanpa adanya modal yang cukup.


Nah, berikut ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal bisnis.

Baca juga: Tips Memasarkan Bisnis Rumahan dengan Efektif dan Efisien

Dan 4 hal ini di bawah ini adalah apa yang kata pak Tung Desem Waringin sebagai sebuah ‘seni’ dalam mendapatkan modal untuk mengembangkan sebuah bisnis.


1. Menabung dari Penghasilan

Menabung merupakan cara lama yang bisa anda lakukan dalam mendapatkan modal. Tapi cara ini bisa dibilang cara paling gampang, dan anda tak perlu “menyusahkan orang lain” dalam mendapatkan modal.

Sebab untuk mendapatkan modal, anda tidak perlu melibatkan orang lain agar mau meminjamkan uangnya.


2. Menarik Investor

Untuk bisa mendapatkan investor bukanlah hal yang mudah. Ada banyak rincian yang perlu anda jelaskan kepada mereka.

Anda harus memberikan penjelasan yang bisa meyakinkan mereka agar mau menanamkan modalnya kepada anda.

Anda juga harus membuat proposal yang sesuai dengan keadaan bisnis anda, jangan ada yang dikurangi atau dilebih-lebihkan pada saat pengajuan.

Untuk membuat investor percaya dan yakin pada bisnis anda tentunya bukan hal mudah. Jadi, pengajuan proposal ini juga adalah hal penting yang akan mempengaruhi nasib bisnis kalian berdua.

Sehingga berikan keyakinan yang lebih padanya kalau anda dan investor tersebut dapat memperoleh keuntungan yang diinginkan.


3. Meminjam Dana secara Simpan Pinjam

Di saat anda tidak punya modal dalam memulai sebuah bisnis, anda juga bisa meminjam dana kepada lembaga usaha simpan pinjam seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan Koperasi.

Di Indonesia sudah sangat banyak hal seperti ini. Anda bisa mengembalikan dana yang dipinjam apabila bisnis sudah berjalan dan keuntungan sudah didapat dari usaha anda. Namun, konsistensi usaha harus tetap anda jaga untuk tetap mendapatkan keuntungan yang stabil.

Meminjam dana seperti ini merupakan cara yang cukup mudah karena bunga dari pinjaman anda tersebut juga tidak terlalu besar dan masih bisa disesuaikan dengan keuntungan yang anda dapatkan.


4. Mencari Partner dan Menjual Ide Anda

Modal bisnis yang bisa anda dapatkan dengan mudah selanjutnya ialah dengan menjual ide, dan mengajak orang untuk menjadi partnership dalam bisnis anda.

Sebagai partner, tentunya orang tersebut juga harus ikut terjun langsung dalam bisnis tersebut. Anda bisa memberikan sertifikat sebagai jaminan untuk lebih bisa meyakinkan calon partner anda tersebut.

Anda harus bisa membuatnya percaya kepada anda, katakan bahwa dia harus cepat mengambil keputusan karena bisnis ini akan sangat menguntungkan untuk anda berdua.

Namun, ide yang anda miliki harus bisa teraplikasi dengan baik, untuk bisa benar-benar memberikan keuntungan kepada pemberi modal.

Demikian cara-cara mudah yang bisa anda lakukan dalam memperoleh modal untuk bisnis anda. Gunakan empat cara di atas yang menurut anda cocok sehingga anda bisa mengembangkan bisnis yang akan anda jalani tersebut. Jangan sampai bisnis tersebut malah merugikan orang lain dan juga anda.

Karena kesalahan dalam memperoleh modal pun akan berdampak buruk pada perkembangan bisnis anda ke depannya.

Untuk menghindari risiko yang terlalu besar, sebaiknya hindari meminjam dana dari para rentenir atau bank dengan suku bunga yang tinggi untuk mendapatkan modal bisnis anda.

Bunga yang terlalu besar akan bisa merusak usaha anda, sebab keuntungan dari penghasilan yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis anda selanjutnya malah habis untuk membayar bunga yang tidak sebanding dengan keuntungan yang anda dapatkan.

Sumber:
http://finance.detik.com/read/2015/04/09/070510/2881995/480/jurus-dapat-modal-bisnis-dari-celengan-hingga-jual-ide


Related Posts

4 Cara Mudah Mendapatkan Modal untuk Bisnis Anda
4/ 5
Oleh