5 Langkah Jitu Memperoleh Dana Pinjaman Bank untuk Modal Bisnis Anda

5 Langkah Jitu Memperoleh Dana Pinjaman Bank untuk Modal Bisnis Anda
Ilustrasi: masuksini.info
Modal yang tidak sedikit seringkali dibutuhkan pada awal membuka sebuah usaha.

Untuk beberapa jenis usaha meskipun diklaim tanpa membutuhkan biaya, namun bagi mereka yang hendak memulai usaha di sektor tertentu memang tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Seringkali hal ini yang menjadi hambatan bagi mayoritas pebisnis yang ingin memulai usaha atau mengembangkan bisnisnya yang telah berjalan.

Baca juga: Tips Pintar Kredit Sepeda Motor Agar Lebih Menguntungkan

Akibatnya, banyak juga dari mereka yang menggagalkan niatnya untuk memulai bisnis tersebut. Padahal, bila anda mau berpikir serta bertindak, dalam mendapatkan pinjaman bank yang merupakan salah satu solusi untuk modal bisnis anda ini ada caranya yang cukup jitu.


1. Memberi Keyakinan Pada Pihak Bank

Pihak bank biasanya membutuhkan beberapa data sebagai pertimbangan dalam memberikan pinjaman kepada kliennya. Hingga akhirnya pihak bank akan bersedia mengabulkan permohonan pinjaman anda.

Nah, di sinilah anda harus mempunyai kemampuan dalam teknik lobi. Berbagai alasan harus diberikan untuk membantu anda mendapatkan dana pinjaman untuk keperluan modal bisnis anda.

Berikan penjelasan untuk meyakinkan pihak bank bahwa prospek yang sangat bagus dimiliki pada bisnis yang akan anda jalani.

Selain itu, berbagai alasan yang tepat juga harus bisa anda berikan untuk bisa mendapatkan pinjaman dana dari bank. Anda juga harus menunjukkan jiwa seorang pebisnis profesional kepada pihak bank supaya lebih meyakinkan lagi.


2. Berikan Persyaratan Dokumen yang Dibutuhkan Dengan Lengkap

Kelengkapan dokumen adalah hal yang sangat penting sebagai pertimbangan pihak bank untuk mereka memutuskan untuk mengabulkan permohonan atau tidak. Biasanya akan diberitahukan berbagai dokumen yang dibutuhkan oleh bank kepada anda yang hendak mengajukan pinjaman.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan itu antara lain laporan keuangan, fotocopy KTP, kartu keluarga, dan lain sebagainya. Akan lebih baik bila anda lampirkan surat legalitas usaha untuk lebih meyakinkan pihak bank.

Berbagai dokumen yang dibutuhkan jangan sampai lupa untuk disisipkan dengan rapi sehingga analisa akan lebih mudah dilakukan oleh pihak bank.


3. Persiapkan Agunan Beserta Surat-suratnya

Pinjaman dengan agunan ketika hendak diajukan, biasanya surat-surat dari barang yang anda ajukan sebagai agunan tadi akan diminta oleh pihak bank.

Agunan yang dipersiapkan, nilainya harus bisa mengcover dana yang akan dipinjamkan kepada anda. Ini juga akan menjadi bahan pertimbangan oleh pihak bank. Bila nilai agunan anda lebih rendah dari nilai pengajuan pinjaman, biasanya kecil kemungkinan pinjaman anda akan disetujui.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan juga pihak bank akan mengabulkan permohonan anda apabila memiliki bisnis yang cukup menjanjikan meski nilai agunan tidak mampu mengcovernya.

Namun, dengan catatan bahwa anda tidak pernah mempunyai riwayat kredit macet. Atau anda tidak sedang memiliki hutang di lembaga lain yang mana itu juga akan mengurangi kemampuan bayar angsuran anda tiap bulannya.

Jadi sebelum mengajukan pinjaman baru kepada pihak bank, pastikan bahwa anda sedang tidak memiliki tanggungan hutang di bank atau lembaga keuangan lain.


4. Rileks dan Percaya Diri Saat Bertemu Pihak Bank

Sebaiknya anda bersikap rileks dan tetap percaya diri saat anda bertemu dengan pihak bank. Jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh pihak bank akan menjadi kurang meyakinkan apabila anda terlalu tegang, tentu saja jawaban yang anda berikan jadi tidak lancar.

Padahal, jawaban-jawaban yang meyakinkan atas semua pertanyaan yang diajukan oleh bank merupakan pertimbangan penting lainnya dalam menentukan keputusan.


5. Selalu Tunjukkan Image yang Positif

Kepercayaan pihak bank untuk meminjamkan dana yang anda butuhkan sangat tergantung pada image yang muncul dari diri anda.

Untuk itulah anda harus menunjukkan image yang positif sehingga kepercayaan pihak bank akan semakin mantap dan akan menganggap anda memang layak untuk mendapatkan dana pinjaman tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan apabila hendak mengajukan pinjaman dana dari bank. Semoga dapat membantu dalam pengembangan bisnis anda. Salam sukses.

Sumber: http://ahlipresentasi.com/cara-jitu-mendapatkan-dana-pinjaman-bank-untuk-modal-usaha/#sthash.eLbV7prn.dpuf


Related Posts

5 Langkah Jitu Memperoleh Dana Pinjaman Bank untuk Modal Bisnis Anda
4/ 5
Oleh