Anda Pemula dalam Dunia Bisnis? Sebaiknya Baca Dulu Artikel Ini!

Tidak akan ada habisnya bila kita berbicara tentang dunia bisnis. Mulai dari jenis-jenisnya, jumlah modal yang dibutuhkan, strategi pemasaran yang dibutuhkan, sampai pengelolaan keuangan dari bisnis itu sendiri.

Bila disuruh memilih bisnis apa yang ingin kita jalani, tentunya kebanyakan pasti akan memilih bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil, tapi bisa mendapatkan keuntungan besar.

Namun, seperti kita ketahui bisnis seperti itu sangat jarang adanya. Kalaupun ada, pasti memerlukan kerja keras yang luar biasa untuk bisa mewujudkannya.

Mau tidak mau, namanya sebuah bisnis pasti memerlukan modal atau biaya. Tidak ada nampaknya sebuah bisnis yang sama sekali tidak membutuhkan modal.

Simak juga: 3 Strategi Jitu Memilih Saham yang Bagus

Pasti perlu modal, bisnis yang tidak bermodal itu hanya ada dalam dunia mimpi. Ya, kita harus bicara realistis.

Karena bisnis itu sama artinya dengan “spend money to make money” (artinya: buang duit untuk bisa dapat duit bro). Itulah hal pertama yang harus diketahui oleh pebisnis pemula.

Namun, disitulah salah satu tugas seorang pebisnis untuk memutar otaknya. Bagaimana agar biaya yang seharusnya dikeluarkan bisa diminimalisir, namun keuntungan yang didapat bisa konsisten, atau bahkan lebih banyak.

Memang ini bukanlah sesuatu yang mudah, karena dunia bisnis mempunyai dinamika yang unik dan akan selalu berubah atau berkembang dengan cepat.

Tapi jangan salah persepsi, justru sebuah bisnis itu akan lebih baik bila berjalan dengan lamban. Ya, bisnis yang bagus bukanlah bisnis yang berjalan dengan cepat.

Karena percaya atau tidak, jika suatu bisnis terlalu cepat berkembang maka akan ada suatu faktor X yang bisa menjatuhkan bisnis tersebut dengan lebih cepat.

Nah, berikut ini kami akan berbagi beberapa hal yang harus diperhatikan seorang pemula dalam memulai suatu bisnis. Apa saja itu? Yuk kita simak sama-sama!


1. Pemilihan Bisnis yang Akan Dijalani

Ada tiga kriteria yang bisa menjadi acuan anda dalam memilih sebuah bisnis. Pertama, memilih bisnis yang anda sukai.

Bisnis yang anda sukai itu bisa karena anda memang hobi dalam bidang bisnis tersebut atau karena anda menganggap bisnis tersebut sangat menantang, atau bisa juga karena yang lain.

Dengan kita menyukai bisnis yang akan digeluti, tentunya akan lebih mudah pula kita beradaptasi dengan bisnis tersebut.

Yang kedua, memilih bisnis yang sedang trend. Adanya suatu trend bisa mempermudah anda dalam menjual produk tersebut, karena minat masyarakat akan barang itu juga sedang tinggi.

Sedangkan untuk kriteria yang ketiga adalah memilih bisnis yang rendah persaingan. Semakin sedikit orang yang menjadi pesaing anda, akan semakin besar peluang anda untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Paling bagus adalah apabila ketiga kriteria bisnis tersebut bisa muncul secara bersamaan. Tapi tentu itu sangat jarang sekali terjadi.


2. Kenali Lebih Dalam Bisnis yang Menjadi Pilihan Anda

Setelah bisnis yang layak dan berpotensi untuk dikerjakan sudah anda pilih, tips berikutnya yaitu anda harus mengenali lebih dalam bisnis pilihan anda tersebut.

Bisa juga anda langsung terjun ke dalamnya bila ingin belajar dan mengenal bisnis itu lebih jauh. Apakah anda dapat merasakan potensinya atau tidak.

Tapi untuk di awal sebaiknya jangan menggunakan modal terlalu besar dulu, untuk menghindari risiko kerugian yang terlalu besar apabila bisnis tersebut gagal di awal.

Anggaplah bahwa ini adalah tahap awal anda belajar dan mengenali bisnis tersebut dengan terjun langsung ke dalamnya.

Namun, anda memang anda butuh waktu untuk bisa mengenali dan mendalami potensi yang terdapat pada bisnis tersebut.

Dan apabila anda merasa setelah menjalaninya beberapa waktu tidak menemukan potensi yang benar-benar cocok dalam bisnis tersebut, sebaiknya tinggalkan saja bisnis itu.

Hal tersebut normal dan cukup wajar. Yang penting anda jangan sampai menyerah. Gagal di bisnis satu, belum tentu gagal di bisnis lainnya.


3. Evaluasi Bisnis Anda dan Temukan Pola Di Dalamnya

Tips selanjutnya yaitu kita harus mengevaluasi kembali bila bisnis yang kita jalani itu sudah bisa kita rasakan potensinya.

Pelajari dan temukan pola yang tepat dalam bisnis anda tersebut. Jika pola bisnis yang cocok untuk bisnis anda sudah ditemukan, maka peluang anda untuk sukses dalam bisnis itu akan semakin besar.


4. Perbesar Skala Bisnis Anda

Tips yang selanjutnya perlu anda perhatikan adalah kemungkinan untuk memperbesar skala bisnis anda. Sebuah bisnis harus berkembang, jangan sampai stagnan atau hanya diam di tempat.

Apalagi sampai mengalami kemunduran. Bila itu terjadi anda harus berpikir untuk meninggalkan bisnis itu dan cari bisnis lainnya.

Perbesar dan kembangkan lagi skala bisnis anda apabila anda sudah menemukan potensi besar dalam bisnis tersebut.

Kembali lagi, evaluasi harus terus dilakukan secara berkala. Keuntungan yang anda dapatkan jangan dihabiskan semua secara konsumtif.

Tapi gunakan untuk menambah modal atau aset baru dalam bisnis anda sedikit demi sedikit. Sehingga tidak terasa nanti bisnis anda tahu-tahu sudah berkembang dengan sendirinya tanpa disadari.

Sedangkan untuk masalah manajemen sebaiknya anda tidak terlalu memusingkan hal tersebut, karena bisa dipelajari dengan metode learning by doing.


5. Siapkan Proyek Bisnis Lain Selagi Sempat

Segala sesuatu pasti ada siklusnya. Seperti halnya sebuah market atau pasar, akan ada yang namanya sebuah limit atau batasan.

Artinya akan ada masa di mana bisnis anda akan berkembang dan tentu juga akan mengalami penurunan, bahkan bisa saja berakhir.

Seorang pebisnis handal pasti akan dapat mengetahui gejala pasar yang seperti ini. Oleh karena itu, seorang investor cerdas biasanya akan terlebih dahulu mengantisipasi hal ini.

Proyek bisnis baru sudah harus disiapkan sebelum sampai pada masa berakhirnya bisnis anda yang sekarang.

Untuk dapat mengetahui kapan gejala tersebut akan datang, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau anda harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap bisnis anda dan temukan pola di dalamnya.


Nah, itulah beberapa tips yang bisa menjadi hal penting untuk anda perhatikan sebagai seorang pemula dalam bisnis.

Jadilah pebisnis yang cerdas dan peka terhadap berbagai peluang serta ancaman yang ada. Salam sukses!

Sumber:
http://beritabisnis.bisnisa.biz/2014/12/tip-bisnis-untuk-pemula-agar-cepat.html


Related Posts

Anda Pemula dalam Dunia Bisnis? Sebaiknya Baca Dulu Artikel Ini!
4/ 5
Oleh