5 Cara Efektif Memperoleh Modal Untuk Bisnis Anda

Beberapa Cara Efektif Memperoleh Modal Untuk Bisnis Anda
startupbisnis.com
Sebenarnya, penduduk Indonesia ini mempunyai jiwa kreativitas yang tinggi. Masyarakat Indonesia banyak juga yang berminat untuk menjadi wiraswasta.

Namun, sulitnya modal sering menjadi kendala utama yang dihadapi oleh pebisnis di Indonesia. Akibat kehabisan modal, banyak bisnis-bisnis potensial yang terpaksa gulung tikar.

Oleh karena itu, dalam posting kali ini kami akan berbagi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha bagi anda yang berniat untuk membuka usaha sendiri.


1. Mengajukan Pinjaman di Bank

Meminjam dana ke bank merupakan pilihan utama untuk modal usaha anda. Umumnya, untuk bisa mendapatkan pinjaman, bank akan meminta suatu jaminan (agunan) kepada anda.

Baca juga: Menentukan Strategi Bisnis Tepat Menggunakan Analisis SWOT

Namun, sudah banyak juga saat ini bank yang memberikan pinjaman tanpa jaminan, produk pinjaman ini biasanya disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Keuntungan mendapatkan modal dengan meminjam di bank adalah pembayarannya yang bisa dicicil dan anda tetap mendapatkan hak penuh atas usaha milik anda.

Namun, cicilan dan bunga yang kita setorkan ke bank akan terasa berat apabila usaha yang kita lakukan belum berjalan dengan stabil apalagi untuk usaha yang baru mau mulai berdiri.

Paling tidak pengajuan pinjaman ke bank ini dilakukan apabila usaha anda sudah memberikan keuntungan cukup stabil tiap bulannya, dan anda membutuhkan modal untuk pengembangan usaha tersebut.


2. Pinjaman Kepada Perusahaan Pembiayaan

Pinjaman non bank ini biasanya bisa anda dapatkan dengan mengajukan ke perusahaan pembiayaan maupun koperasi dengan jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor.

Hanya saja, dana yang bisa dipinjamkan dari pembiayaan non bank ini tidak sebesar pemberian pinjaman dari bank karena sumber dana yang dimiliki oleh perusahaan pembiayaan juga biasanya terbatas.

Maksimal pinjaman yang bisa diberikan dari perusahaan pembiayaan biasanya di bawah Rp 250 juta. Itu pun juga disesuaikan dengan nilai kendaraan bermotor yang dijadikan jaminan.

Keuntungan dari mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan adalah waktunya relatif cepat biasanya hanya satu hari atau maksimal dua hari.


3. Modal dari Investor

Apabila anda belum punya keberanian untuk meminjam dana ke bank maupun non bank, anda bisa melakukan cara lain yaitu menawarkan orang atau kelompok untuk menanam modal pada usaha anda, isitilahnya adalah mencari investor.

Anda bisa mengajak orang lain yang mempunyai dana lebih namun untuk mau menginvestasikan uangnya di bisnis anda. Dan nantinya, mereka ini menjadi pemegang saham untuk bisnis anda tersebut.

Akan tetapi, memang bukan usaha yang mudah untuk meyakinkan investor menanamkan uangnya pada usaha anda.

Mereka juga tidak ingin menanggung risiko kerugian dari sebuah usaha yang belum jelas prospeknya. Maka dari itu, analisis bisnis harus dilakukan pada usaha yang akan anda jalani atau kembangkan.

Harus ada sumber pendapatan dan keuntungan yang jelas pada bisnis anda, serta margin yang sesuai dari pembagian hasil atas keuntungan yang didapat. Selain itu, investor juga mempunyai sebagian hak atas kepemilikan usaha tersebut.

Jadi, segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis tersebut harus diketahui, didiskusikan dan mendapat persetujuan dari investor.


4. Sumber Modal dari Kartu Kredit

Untuk mendapatkan modal usaha, kartu kredit juga bisa dijadikan alternatif. Hanya saja, modal yang didapat juga tidak terlalu banyak, disesuaikan dengan limit kartu kredit yang anda miliki.

Kartu kredit ini cocok untuk jenis usaha yang membutuhkan modal tidak terlalu besar. Selain itu, akan berguna sekali disaat anda membutuhkan dana yang sifatnya mendesak. Anda tak perlu repot mengajukan pinjaman terlebih dahulu ke bank.

Anda bisa memperoleh dana tunai untuk membiayai modal usaha hanya dengan menggesek kartu kredit pada ATM, serta belanja alat-alat kebutuhan usaha dengan cepat dan mudah. Sedangkan, untuk pelunasannya tidak usah khawatir karena bisa dilakukan dengan cara mencicil.


5. Pengajuan Barang Modal Kepada Leasing

Leasing merupakan program pendanaan yang diberikan oleh suatu lembaga keuangan non bank yang berbentuk perusahaan pendanaan. Anda juga bisa memperoleh modal usaha menggunakan jasa leasing.

Hanya saja, pinjaman modal yang diberikan biasanya berbentuk aset bergerak untuk perusahaan seperti kendaraan bermotor, traktor, genset, atau bukan dalam bentuk uang tunai.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Semoga bermanfaat untuk pengembangan usaha dan bisnis anda serta dapat meningkatkan profit anda setiap bulannya.


Sumber:
http://www.marketing.co.id/5-cara-untuk-mendapatkan-modal-usaha/


Related Posts

5 Cara Efektif Memperoleh Modal Untuk Bisnis Anda
4/ 5
Oleh

3 komentar

16 April 2015 09.39 delete

hhhmm, harus minjam ya
ntar kalau mau buka usaha ane coba

Reply
avatar
16 April 2015 09.39 delete

ntar ane coba kalau mau buka usaha

Reply
avatar