Beberapa Hal Penting Dalam Membangun Usaha Toko Kelontong

Beberapa Hal Penting Dalam Membangun Usaha Toko Kelontong
bprnusamba-pecangaan.co.id
Usaha toko kelontong merupakan salah satu bisnis rumahan yang cukup menjanjikan.

Usaha ini menjual barang yang memang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar sehari-harinya.

Jadi, memang toko kelontong ini bisa dibilang bisnis yang enggak ada matinya.

Walaupun terkesan bisnis yang mudah untuk dijalankan, tapi bila anda mempunyai usaha toko kelontong perlu juga untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya toko kelontong anda berkesan baik dan menarik di mata pelanggan anda.

Baca juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Toko Kelontong yang Efektif


1. Menjaga Kebersihan Toko dan Barang Dagangan

Kebanyakan tempat pelayanan umum ramai dikunjungi orang karena konsisi lingkungannya yang bersih dan terpelihara.

Hal tersebut juga berlaku bagi sebuah tempat usaha, termasuk toko kelontong. Agar toko kelontong anda menjadi pilihan utama orang-orang dalam berbelanja, tentunya faktor pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan lingkungan toko dan juga barang dagangan yang anda jual.

Peliharalah kebersihan lingkungan tempat anda berdagang, setiap ada kesempatan atau ketika hendak membuka toko di pagi hari, bersih-bersih adalah hal pertama yang harus anda lakukan.

Begitupun juga anda lakukan setelah selesai dan tiba waktunya untuk menutup toko, sebisa mungkin jangan menunda kebersihan.

Selain kebersihan lingkungan toko, juga barang dagangan anda harus selalu tampak bersih. Jangan sampai anda menjual barang yang tampak tidak terawat kepada konsumen.

Karena apabila tidak dibersihkan, selain akan memberi kesan ‘jorok’ kepada pelanggan, juga berisiko terhadap kesehatan pelanggan anda. Seperti sebuah semboyan mengatakan, “kebersihan pangkal kesehatan”.


2. Kerapihan Penataan Barang Dagangan

Kesan yang baik di benak konsumen juga akan muncul apabila anda meletakkan atau menata barang dagangan anda dengan rapi.

Selain kebersihan, kerapihan juga akan berkesan positif di mata konsumen, terutama pada saat kesan pertama, sehingga orang tidak akan sungkan untuk kembali lagi membeli di toko anda.


3. Berikan Rasa Aman Terhadap Konsumen

Perlu diperhatikan bahwa kepercayaan adalah sesuatu yang sangat mahal harganya. Membangun kepercayaan dan mempertahankannya bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Tapi salah satu faktor yang dapat memicu kepercayaan tersebut adalah dengan memberikan rasa aman kepada konsumen.

Produk-produk yang anda jual haruslah produk yang aman untuk dikonsumsi, jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa di setiap produk tersebut.

Jangan sampai konsumen membeli barang yang tanggal kadaluarsanya sudah lewat, karena bisa memberikan citra yang buruk bagi usaha anda.

Demikianlah hal-hal penting dalam mengelola toko kelontong agar selalu ramai pembeli. Kebersihan, Kerapihan, dan juga rasa aman merupakan faktor penting yang akan menciptakan rasa nyaman bagi para konsumen untuk berbelanja di toko anda.

Ketiga faktor tersebut harus selalu anda pelihara dan tanamkan dalam mindset apapun usaha yang anda jalankan.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/toko-kelontong-yang-oke/


Related Posts

Beberapa Hal Penting Dalam Membangun Usaha Toko Kelontong
4/ 5
Oleh

1 komentar:

10 Juni 2016 10.29 delete

ijin nyimak artikelnya gan
terimakasih atas informasinya
menambah wawasan buat yang baca

Reply
avatar