6 Saran Penting Menentukan Agen Properti yang Profesional

Beberapa Saran Dalam Menentukan Agen Properti yang Profesional
gambar: videoproperti.com
Ada sebuah trik lama yang dipakai para agen real estate yaitu dengan menaksir harga lebih tinggi dalam menjual properti.

Hal tersebut dilakukan agar orang yang menjual properti kemudian memilih agen tersebut dibanding kompetitornya yang lain karena terkesan dengan angka yang besar.

Akan tetapi, masalah yang sering muncul adalah properti yang hendak dijual tersebut akan berada dipasaran selama berbulan-bulan dikarenakan harganya yang terlalu berlebihan.

Para pemilik rumah yang cerdas tentunya dapat mengetahui trik marketing tersebut dan melihat dengan benar mana broker yang profesional dalam menjualkan properti mereka.

Baca juga: Tips-tips Penting dalam Memulai Karir Menjadi Broker Properti yang Sukses

Sebab, praktek yang dikenal sebagai menjual sebuah listing ini hanya salah satu dari sekian banyak trik yang digunakan untuk menarik perhatian kliennya oleh para agen real estate.

Untuk membantu para penjual rumah dalam menentukan agen real estate yang tepat, sejumlah tips dirilis oleh Portal properti Lamudi. Tips tersebut diharapkan dapat membantu kebutuhan para pemilik rumah untuk cepat berhasil menjual properti miliknya.


1. Lakukan Interview

Pembicaraan yang santai jangan diperlakukan pada pertemuan pertama dengan agen properti. Lakukan pertemuan selayaknya interview pekerjaan, dengan anda adalah si pemegang keputusan final sementara si agen sebagai pencari posisinya.

Lontarkan pertanyaan-pertanyaan spesifik yang dapat anda gunakan untuk mencari tahu sejauh mana pengalaman penjualan mereka. Sebelum anda membuat keputusan, bicaralah setidaknya dengan tiga orang agen dan cari tahu pula bagaimana mereka beroperasi.


2. Cari Tahu Profil Online Mereka

Banyak informasi tentang bagaimana seseorang bekerja dapat juga diketahui dari profil online mereka di website maupun media sosial.  Dapatkanlah gambaran bagaimana cara mereka bekerja dari website, blog dan akun sosial media seperti Twitter, dan Facebook yang mereka miliki.

Carilah informasi tentang mereka maupun kantor agensinya dengan cepat. Lihat bagaimana cara mereka dalam mencari potensial pembeli dan memasarkan properti secara online.


3. Ketahui Reputasi Agen

Hal pertama yang harus diperhatikan saat mencari agen real estate yang dapat dipercaya adalah melihat bagaimana reputasi mereka. Apakah pernah kantor agensi tersebut mendapatkan lisensi atau penghargaan lain selama melakukan penjualan.

Website perusahaan biasanya dimiliki beberapa kantor agen ternama dan memuat alamat kantor resmi serta beberapa prestasi yang pernah mereka raih. Agen terpercaya dapat ditentukan dari acuan ini.


4. Referensi dari Para Klien Sebelumnya

Mintalah referensi tertulis kepada agen dari klien-klien mereka sebelumnya, termasuk kontak mereka. Pastikan bahwa anda tidak akan menyalahgunakannya.

Anda bisa menghubungi klien-klien mereka sebelumnya dan menanyakan hal-hal penting tentang agen tersebut. Cari tahu bagaimana testimonial agen properti dari para klien sebelumnya.


5. Pilih Agen yang Punya Keahlian di Pasar Lokal

Kuncinya adalah mencari agen yang benar-benar punya banyak pengetahuan di sekitar wilayah yang menyangkut sektor real estate tersebut. Idealnya, bukti catatan penjualan properti di area lokal tersebut harus dimiliki oleh agen properti yang profesional.

Apa saja faktor fasilitas yang ada di lokasi tersebut, bagaimana kondisi lingkungannya dan seperti apa kebijakan pemerintah yang ada di wilayah tersebut, sangatlah mempengaruhi dalam penjualan properti mereka.

Agen properti yang profesional harus memiliki pengetahuan lebih baik tentang pasar lokal bahkan dibandingkan para penghuninya. Itulah yang dapat membantu anda mendapatkan keuntungan dari penjualan properti yang anda miliki.


6. Jangan Terfokus Pada Harga Jual

Ada faktor lain yang lebih penting ketimbang anda hanya berfokus pada perkiraan harga jual. Kunci mendapatkan deal sebaik mungkin adalah bagaimana cara agen dalam bernegosiasi.

Anda harus benar-benar mencari agen yang mampu diandalkan dan dapat dipercaya untuk bersama dengan anda memikirkan hal terbaik dalam proses penjualan tersebut.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-trik-properti/tips-memilih-agen-properti-yang-profesional


Related Posts

6 Saran Penting Menentukan Agen Properti yang Profesional
4/ 5
Oleh