Berbagai Istilah yang Wajib Diketahui Oleh Publisher Google Adsense (Part 1)

Layaknya sebuah pepatah mengatakan, “Tak kenal, maka tak saya”. Begitu pula seharusnya apabila anda ingin menjadi seorang publisher Adsense yang sukses.

Tapi untuk anda yang mungkin belum tahu, Google Adsense adalah salah satu layanan dari Google untuk menampilkan iklan yang telah dipasang oleh pengguna Google Adwords.

Sedangkan Google Adwords sendiri merupakan program yang digunakan untuk pemasang iklan dengan biaya tertentu yang dibayarkan kepada pihak Google.


Nah, bagi anda yang ingin serius menggeluti bisnis menjadi Publisher Adsense, maka wajib hukumnya untuk anda mengenal seluk-beluk dalam Google Adsense, termasuk juga istilah-istilah yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa penjelasan singkat kaitannya dengan istilah-istilah tersebut.


Publisher

Publisher adalah pemilik situs web atau blog yang telah terdaftar dan telah disetujui oleh pihak Google Adsense untuk memasang kode iklan Adsense di situs milik mereka.

Setiap publisher Google Adsense wajib mematuhi persyaratan dan kebijakan yang telah dibuat oleh pihak google adsense, termasuk hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense.

Publisher google adsense diperbolehkan untuk memasang iklan google di semua situs web yang memenuhi persyaratan dan kebijakan program google adsense.


PIN Google Adsense

PIN Google Adsense adalah sebuah kode angka yang dikirimkan ke alamat pemilik akun adsense oleh Google melalui pos.

Biasanya kode ini akan dikirimkan setelah saldo akun mencapai batas verifikasi untuk pertama kalinya yaitu setelah earning mencapai $ 10.

Dan PIN ini nantinya harus digunakan pemilik akun dalam proses verifikasi alamat dengan memasukkan PIN yang tertera ke dalam form yang telah tersedia.


Klik

Pada iklan konten biasa, Google Adsense menghitung jumlah klik bila pengunjung situs mengklik iklan.

Pemilik akun google adsense dilarang keras meng-klik sendiri iklan dalam web nya karena bisa merugikan pihak pengiklan, dan risiko dari pelanggaran ini adalah akun anda akan di banned (suspended).

Untuk unit tautan, Google Adsense menghitung klik bila pengunjung mengklik iklan pada halaman iklan setelah memilih tautan di unit tautan.


Cost per Click (CPC) / Biaya Per Klik (BPK)

Cost per Click (CPC) bila diterjemahkan, artinya Biaya per klik (BPK), merupakan jumlah yang publisher dapatkan setiap kali pengunjung situs anda mengklik iklan dalam situs tersebut.

Besarnya BPK untuk satu kali klik iklan ditentukan oleh pengiklan. Nilainya bisa berbeda-beda antara pengiklan yang satu dengan pengiklan yang lainnya.

Pihak Google memberikan kebebasan pada pengiklan untuk menentukan besarnya BPK yang akan diterapkan pada iklan mereka.


Recent Earnings atau Penghasilan Terkini

Persentase dari penghasilan total yang baru-baru ini dihasilkan dari iklan dalam kategori tertentu.


Recent Ad Impressions (Tayangan Iklan Terkini)

Persentase total tayangan iklan yang baru-baru ini dihasilkan dari iklan dalam kategori tertentu.


Cost per Million (CPM) Ads / Biaya per Seribu Tayang (BPS)

Program ini merupakan salah satu program yang disediakan oleh pihak Google Adwords. Pengiklan yang menjalankan iklan BPS bisa menetapkan harga yang diinginkan per seribu kali penayangan iklan, memilih penempatan situs tertentu untuk menampilkan iklan, dan biaya akan dikenakan setiap kali iklan milik penayang ditampilkan sebanyak seribu kali.

Iklan BPS akan bersaing dengan iklan BPK dalam lelang iklan, sehingga hanya iklan yang berkinerja terbaiklah yang akan ditayangkan pada halaman. Jadi, pengiklan harus menawar BPS lebih tinggi daripada BPK agar iklannya bisa sering muncul.


API

API adalah Antarmuka Pemrograman Aplikasi, merupakan antar muka yang bisa digunakan aplikasi atau sistem komputer untuk mengakses kumpulan fungsi atau program dari pihak ketiga.

Lebih spesifiknya, Adsense API merupakan layanan beta gratis yang bisa dipakai pengembang situs Web untuk mengintegrasikan Adsense ke penawaran situs Web.

Anda bisa kunjungi http://code.google.com/apis/adsense/
untuk informasi lebih lanjut.


Bagi Hasil

Setiap publisher Adsense akan mendapatkan persentase dari biaya yang dibayarkan pengiklan untuk setiap klik pengguna atau tayangan pada iklan mereka. Persentase ini disebut sebagai bagi hasil, dan akan ditampilkan dalam penghasilan di akun AdSense.


Cakupan

Cakupan ialah persentase permintaan iklan yang menayangkan paling tidak satu iklan. Biasanya, cakupan akan membantu anda mengetahui pada situs mana saja iklan bertarget tidak mampu disediakan Adsense.

Rumus dari cakupan ini yaitu:
Cakupan=(permintaan iklan yang menampilkan iklan / total permintaan iklan) x 100


Lihat kelanjutan posting ini pada: Berbagai Istilah yang Wajib Diketahui Oleh Publisher Google Adsense (Part 2)


Sumber: https://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=en&answer=65086&topic=19363&rd=1
http://m-alwi.com/glosarium-daftar-istilah-dalam-google-adsense.html#newcommen


Related Posts

Berbagai Istilah yang Wajib Diketahui Oleh Publisher Google Adsense (Part 1)
4/ 5
Oleh