Cara Ampuh Marketing Offline dan Online Untuk Bisnis Rumahan

Cara Ampuh Marketing Offline dan Online Untuk Bisnis Rumahan
anekakeripikmalang.com
Sebenarnya ada banyak kegiatan pemasaran yang bisa anda lakukan bagi pemilik usaha rumahan untuk mempromosikan produk anda.

Secara garis besar ada 2 jenis strategi marketing yang bisa dilakukan, kedua strategi ini bisa dijalankan sendiri-sendiri atau secara bersamaan bila hasilnya ingin lebih maksimal.

Kedua metode strategi tersebut adalah kegiatan marketing offline dan kegiatan marketing online. Dengan keduanya,diharapkan bisa meningkatkan pendapatan untuk usaha rumahan anda.

Simak juga: Kemasan Menarik Sangat Penting pada Industri Makanan Ringan


Strategi Marketing Bisnis Offline

Kegiatan marketing offline memang terlihat konvensional, namun keefektifannya jangan anda ragukan.

Sebelum strategi marketing online menjamur sekarang ini, strategi marketing offline sudah lebih dulu berjaya. Dan berikut ini merupakan beberapa kegiatan marketing offline yang dapat anda terapkan.


1. Mensponsori Acara Seminar

Men-demo-kan produk maupun jasa anda dengan menyampaikan berbagai hal seputar bisnis yang anda jalani kepada target pasar dalam sebuah seminar.

Anda bisa mencari sebuah kepanitiaan atau event organizer yang hendak mengadakan acara-acara workshop atau seminar seputar usaha dan bisnis, dan bekerja sama dengan mereka melalui program sponsor.

Jelaskan apa saja produk yang anda tawarkan melalui usaha rumahan anda di sela acara dengan berkoordinasi terlebih dahulu kepada pihak panitia.

Bisa juga dengan merencanakan kegiatan seminar anda sendiri dan mengambil tema yang ada kaitannya dengan bisnis anda.


2. Menggunakan Media Cetak

Anda dapat menggunakan berbagai media cetak seperti brosur, poster, spanduk, atau kartu nama dan berbagai bentuk perlengkapan marketing cetak lainnya.

Pasang atau sebarkan iklan cetak anda tersebut pada tempat-tempat strategis dan mudah menarik perhatian orang.


3. Membangun Relasi dan Jaringan

Melalui berbagai kegiatan marketing offline yang anda lakukan, jangan serta merta langsung berharap pada peningkatan penjualan anda saat itu juga.

Tapi di samping itu anda juga sembari membangun relasi dan jaringan anda. Anda juga bisa mengikuti berbagai perkumpulan wirausaha dan juga berkenalan dengan banyak pemilik usaha dan pebisnis lain guna membangun hubungan yang profesional dengan mereka. Semakin luas dan kuat jaringan anda, semakin mudah untuk anda bisa menguasai pasar.


Strategi Marketing Bisnis Offline

Peningkatan jumlah pengguna internet yang signifikan setiap harinya membuat internet menjadi strategi marketing yang sangat potensial. Berbagai cara bisa anda lakukan, dari mulai yang gratis (minim biaya) hingga yang berbayar.


1. Membuat dan Membangun Website Profesional

Bila anda menggunakan media online dalam kegiatan pemasaran bisnis rumahan anda, website dengan tampilan profesional haruslah anda miliki.

Dengan begitu, secara tidak langsung akan lebih meningkatkan kredibilitas usaha rumahan yang anda jalankan juga.


2. Manfaatkan Jejaring Sosial

Pengguna internet di Indonesia ternyata didominasi oleh para pengguna media sosial, seperti facebook, twitter, google plus, Blackberry messenger, instagram, bahkan youtube.

Hal ini merupakan target pasar yang cukup strategis, untuk itulah anda harus bisa memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin untuk strategi bisnis rumahan anda.


3. Membuat Blog yang Informatif

Buatlah sebuah blog dan mulailah kegiatan blogging anda. Isi blog anda dengan info-info menarik yang ada kaitannya dengan bisnis rumahan yang sedang anda jalankan.

Dengan semakin banyaknya pengunjung blog anda, akan semakin banyak juga orang yang mengetahui keberadaan usaha rumahan anda dan siapa tahu di antara mereka ada yang tertarik.


4. Beriklan di Internet

Beriklan merupakan salah satu kegiatan marketing sudah tidak diragukan lagi keefektifannya. Walaupun ada biaya yang memang harus dikeluarkan, tapi sudah tentu hasilnya lebih efektif dan lebih cepat ketimbang dengan cara-cara gratis.

Anda bisa mencoba dua periklanan yang sangat manjur, yaitu Google Adwords dan Facebook Ads sebagai pilihan.


5. Daftarkan Bisnis anda Pada Direktori Online

Submit web dan blog yang telah anda buat ke situs-situs direktori online, agar calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan bisnis anda melalui mesin pencari. Anda bisa mendaftarkannya pada Google Site maupun Yahoo Local.


Kombinasi dari kedua strategi marketing di atas sangatlah ampuh untuk memberi efek peningkatan penjualan pada bisnis anda.

Semoga posting kali memberi manfaat untuk anda dan silahkan membaca berbagai posting menarik lainnya di blog ini! Terima kasih.

Sumber:
http://blog.sribu.com/2014/05/20/strategi-marketing-mudah-dan-jitu-untuk-usaha-rumahan-2014/


Related Posts

Cara Ampuh Marketing Offline dan Online Untuk Bisnis Rumahan
4/ 5
Oleh