Cara Mudah Menentukan Niche Toko Online Agar Lebih Fokus

Menentukan target niche toko online dapat diartikan sebagai memilih sebuah kelompok orang atau pasar dengan area minat yang lebih spesifik di tengah pasar yang lebih besar.

Contoh mudahnya adalah bila anda ingin menjual produk dengan segmen pasar kelompok pria, maka niche yang dapat anda pilih tentunya produk-produk yang biasa dipakai oleh lelaki seperti fashion pria, jam tangan, tas, topi, dan berbagai jenis produk lain yang berhubungan dengannya.

Memilih niche untuk toko online akan membuat anda bisa lebih fokus dalam berjualan. Dan lebih memudahkan pembeli untuk mengingat toko online anda.

Baca juga: Penerapan Pajak Bagi Bisnis Online Kecil-Menengah Masih Kurang Tepat

Setidaknya adan 3 hal mendasar yang bisa anda jadikan prinsip dalam menentukan Niche toko online untuk memudahkan anda dalam berjualan agar lebih fokus dengan target pasar yang lebih khusus.


Niche Toko Online Berdasarkan Hobi

Apapun pekerjaan bila berawal dari sebuah hobi, pastinya akan terasa lebih ringan. Niche toko online yang berdasarkan minat atau hobi anda tentu akan membuat anda lebih menikmati dalam berjualan.

Misalkan saat ini anda sedang hobi bermain futsal, anda bisa menjual berbagai perlengkapan untuk bermain futsal sebagai niche toko online anda. Atau anda sedang hobi terhadap batu akik, bisa juga tuh menjadikannya sebagai niche toko online anda.

Anda bisa bertanya pada rumput yang bergoyang... (hehe bercanda aja lu gan). Anda bisa bertanya pada diri anda sendiri mengenai hal apa yang sedang anda minati saat ini.

Apakah kemudian hobi anda tersebut bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan? Barang-barang apa saja yang berhubungan dengan hobi anda dan bisa dijadikan dagangan?

Bagaimana, mudah bukan menentukan niche berdasarkan hobi? Menentukan niche toko online berdasarkan hobi ini memang bisa dikatakan cara paling mudah.

Menentukan Niche Berdasarkan Trend atau Musiman

Sesuatu yang sedang trend memang bisa memunculkan ide-ide baru dalam berbisnis. Trend ini juga biasanya datang ketika mendekati suatu momen tertentu.

Misalkan momen ramadhan, anda bisa memilih pakaian muslim dan perlengkapan sholat sebagai niche toko online. Atau momen saat tahun ajaran baru, anda bisa memilih niche seperti perlengkapan sekolah, buku-buku, alat tulis, seragam, dan lain-lain.

Namun, sebaiknya penentuan niche pada suatu trend tertentu jangan hanya mengandalkan satu toko online saja. Seiring pergantian musim (trend) anda sudah harus bersiap untuk membangun toko online lainnya.

Karena biasanya, jika suatu momen telah usai maka daya beli konsumen terhadap barang-barang yang berhubungan dengan momen tersebut juga akan berkurang. Memang sih, barang dagangan anda akan tetap laku, namun pembelinya akan sangat drastis berkurang.

Nah, dikhawatirkan omset yang anda dapat dengan adanya penurunan angka penjualan toko online tersebut tidak akan bisa menutup biaya operasional yang anda keluarkan sehari-hari.

Menentukan Niche Berdasarkan Kebutuhan Harian Masyarakat

Hal-hal yang bisa disebut kebutuhan harian adalah sesuatu yang berhubungan dengan Kelahiran, Kehidupan Sehari-hari, dan Kematian.

Niche yang berhubungan dengan kelahiran contohnya seperti pakaian bayi, perlengkapan perawatan bayi, peralatan makan bayi, dan sebagainya. Sedangkan bila hubungannya dengan kehidupan sehari-hari contohnya makanan, pakaian, kosmetik, dan sebagainya.

Dan bila kaitannya dengan kematian, niche yang bisa kita gunakan seperti kain kafan, batu nisan, kamper, dan sebagainya.


Nah, itulah beberapa cara mudah dalam menentukan niche untuk toko online anda. Terserah anda mau pilih yang mana. Semoga sukses ya bos jualannya...!

Sumber:
http://www.tokoonlinepemula.com/strategi-toko-online/3-patokan-dalam-memilih-niche-toko-online/


Related Posts

Cara Mudah Menentukan Niche Toko Online Agar Lebih Fokus
4/ 5
Oleh