Cara Orang Kaya Mengelola dan Menyimpan Kekayaan Mereka

Cara Orang Kaya Mengelola dan Menyimpan Kekayaan Mereka
Orang-orang kaya di dunia ternyata jumlahnya terus bertambah, terutama di Amerika Serikat. Tahun lalu saja mengalami pertumbuhan 6 % jumlah orang superkaya di negeri Paman Sam ini.

Mereka adalah miliuner yang mempunyai kekayaan di atas US$ 30 juta atau setara dengan Rp 390 miliar.

Melihat kekayaan para miliuner ini terkadang timbul pertanyaan mengenai bagaimana cara orang kaya tersebut menyimpan uang mereka.

Berikut ini beberapa cara orang kaya menyimpan uang dalam kehidupan keseharian mereka, dilansir dari lifehack.org. Dan ternyata beberapa cara ini juga dapat menambah pundi-pundi kekayaan mereka menjadi lebih banyak.

Baca juga: Tahukah Anda kalau Menabung itu Ternyata Merugikan?


1. Waspada Terhadap Biaya yang Terlihat Kecil

Kebanyakan dari kita kadang luput memperhatikan biaya-biaya kecil yang bila dikumpulkan sebenarnya bisa menjadi besar. Kita akan sangat berhati-hati ketika ingin melakukan pembelian dengan harga tinggi atau saat akan melakukan investasi besar.

Namun, kita akan cenderung gampang untuk menghabiskan sembarangan pada biaya yang jumlahnya terlihat kecil.

Suze Orman, seorang penasehat keuangan pernah mengatakan, seandainya saja kita bisa mengurangi sedikit pengeluaran pada biaya-biaya kecil ini, maka nantinya akan memberikan dampak yang besar bagi keuangan kita.

Lihatlah, di bagian mana anda bisa memotong sedikit pengeluaran. Itu semua bisa menambah pundi kekayaan anda sampai jumlah yang berarti.


2. Berhenti Membeli Sesuatu yang Tak Perlu

Tidak jarang orang membeli sesuatu atau barang hanya untuk mengharapkan penghargaan dari teman, atau hanya sebagai gaya hidup supaya bisa terpandang di masyarakat. Padahal sebenarnya orang tersebut tidak terlalu membutuhkan barang itu. Berhentilah melakukan itu!

Hentikan membeli hal-hal yang tidak perlu hanya untuk mengesankan orang lain, padahal anda tidak minat dengan barang itu. Sekarang anda harus berhenti membuat orang terkesan hanya karena materi, anda harus menentukan sendiri batasannya.

Ingatlah, masih ada langit di atas langit. Belilah hal-hal atau barang yang benar-benar dibutuhkan dan tidak perlu membuat orang lain terkesan.


3. Menyisihkan Sebagian Besar Penghasilan

Orang kaya selalu menghamburkan uang mereka, mungkin begitulah pandangan kebanyakan orang selama ini. Padahal kenyataannya tidak demikian, mereka bisa tetap kaya karena selalu menyimpan sebagian besar pendapatan mereka.

Mereka selalu memastikan tidak akan menghabiskan uang mereka pada titik tertentu. Sebagai saran, simpanlah satu pertiga dari pendapatan anda, dan gunakan yang satu pertiga lagi untuk kebutuhan hidup anda.

Sedangkan yang satu pertiga lagi, untuk jaga-jaga sebagai dana cadangan dan juga untuk gunakan untuk beramal.


4. Konsentrasi ke Masa Depan

Menghabiskan uang untuk mendapatkan sesuatu yang disukai memang sangalah mudah. Akan tetapi, jika ‘semuanya’ dihabiskan tanpa peduli seberapa manfaat barang yang anda terima, inilah yang akan membuat kekayaan anda cepat berakhir.

Alihkan fokus anda dari kepuasan di masa sekarang, menjadi orientasi ke masa depan. Anda harus sukses dan kaya sebelum tua. Karena sebuah kata mutiara menyebutkan, “kalau anda bisa saja menjadi muda tanpa uang, tetapi anda tidak bisa tua tanpa itu.”


5. Buat Anggaran Keuangan

Rencana dan anggaran keuangan sangatlah berguna dalam mencegah kebocoran-kobocoran pengeluaran bulanan anda. Orang kaya tahu bagaimana uang itu akan datang dan ke mana uang itu harus pergi. Harus ada pemetaan dalam arus uang masuk dan arus uang keluar.

Gunakan aplikasi yang mudah digunakan. Sekarang banyak kok tersedia di market-market aplikasi smartphone. Atau bisa juga dengan Microsoft Excel, jika anda memang bisa menggunakannya.

Anda harus memastikan ke mana uang anda harus pergi, bukannya malah bingung dan bertanya-tanya ke manakah uang anda telah pergi.


6. Tawar-Menawar dalam Pembelian

Mengapa anda harus membayar lebih untuk sesuatu yang orang lain bisa membayar lebih murah untuk itu? Orang kaya selalu mendapatkan nilai tertinggi dari uangnya. Dengan melakukan penawaran hebat dan mencari yang lebih murah, mereka selalu mencoba mendapatkan nilai lebih.


Itulah cara orang kaya menyimpan dan mengelola keuangan mereka. Dengan melakukannya, bukan saja membuat mereka lebih hemat tapi juga bisa menambah pundi kekayaan mereka.

Sumber: www.merdeka.com
hedisasrawan.blogspot.com


Related Posts

Cara Orang Kaya Mengelola dan Menyimpan Kekayaan Mereka
4/ 5
Oleh

1 komentar:

8 April 2015 06.01 delete

kujungi juga yah blog ane .. http://newmedia48.blogspot.com/

Reply
avatar