Haruskah Toko Kelontong Melakukan Stock Opname?

Haruskah Toko Kelontong Melakukan Stock Opname?
bprnusamba-pecangaan.co.id
Proses Stock Opname merupakan sebuah mekanisme kontrol terhadap arus barang masuk dan barang keluar, di mana dalam proses tersebut dilakukan perhitungan stok secara fisik untuk pencocokkan dengan stok yang tercatat pada sistem.

Mekanisme ini sangatlah penting dilakukan oleh sebuah usaha perdagangan, namun justru banyak pengelola toko kelontong yang tidak tahu sama sekali atau bahkan mengabaikannya.

Stok opname yang dilakukan secara periodik dan teratur dapat memberikan banyak manfaat.

Manfaat utama yaitu anda jadi mengetahui dan dapat memonitor arus barang dagangan yang masuk dan maupun keluar toko.

Baca juga: Masih Bergunakah Kartu Nama Dalam Membangun Jaringan Bisnis?

Dari kegiatan stock opname ini, akan diperoleh informasi yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada barang yang hilang atau tidak tercatat selama proses transaksi berlangsung pada periode tersebut.

Dengan begitu anda bisa mengambil tindakan terkait dengan suatu temuan atau permasalahan yang terjadi.

Selain itu, stock opname juga memberikan manfaat agar anda bisa mengetahui kondisi persediaan barang dagang secara jelas dan sesuai kenyataan yang ada.

Misalnya seperti kondisi barang yang ada itu dalam keadaan baik atau rusak, sudah expired atau belum, apakah barang itu masih tren atau sudah ketinggalan zaman, dan lain sebagainya.

Fungsi adanya stock opname yang lain ialah untuk mengetahui nilai nominal dari persediaan barang yang tersedia.

Dari informasi nilai rupiah itulah maka akan digunakan sebagai penghitungan berapa Harga Pokok Penjualan (HPP) pada periode tersebut.

Dalam melakukan stock opname, masalah klasik yang paling sering ditemui adalah banyaknya item barang yang harus dihitung dan didata.

Kendala dalam melakukan hal tersebut sebenarnya bisa kita akali dengan tidak melakukan stock opname terlalu sering.

Anda bisa melakukannya setiap satu bulan sekali apabila terasa berat. Secara umum, jangka waktu ideal dalam melakukan stock opname memang satu bulan sekali. Sehingga akan tidak menyulitkan bagi anda yang melakukan usaha hanya hanya seorang diri.

Usaha toko kelontong juga haruslah memiliki pendataan yang jelas terhadap barang dagangan yang tersedia di tokonya, jadi penting sekali sebuah usaha toko kelontong untuk melakukan stock opname sesuai jangka waktu yang ideal.

Hal ini agar semua hal yang menyangkut usaha anda dapat terkoordinir dengan baik, sehingga keuntungan yang didapat juga bisa dikelola kembali dengan optimal.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/manfaat-stock-opname-bagi-toko-kelontong/


Related Posts

Haruskah Toko Kelontong Melakukan Stock Opname?
4/ 5
Oleh