Ingin Lebih Berhemat, Maka Harus Disiplin

Zaman sekarang cari uang itu susah, butuh pengorbanan dan kerja keras untuk dapat menghasilkan uang yang mencukupi dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Tapi, memang anda pun pasti sepakat dengan kami kalau menghabiskan uang itu sangatlah mudah, tak sesulit ketika kita harus bersusah payah dalam mengumpulkannya.
Ada kalanya kita memang menghabiskan uang benar-benar untuk kebutuhan hidup kita dan keluarga. Tapi akan sangat menyesal apabila uang yang kita habiskan itu bukanlah benar-benar untuk kebutuhan, tapi terbuang sia-sia tanpa kita bisa menikmatinya.

Nah, kebiasaan buruk seperti inilah yang seharusnya kita hilangkan. Menghabiskan uang hanya untuk kegiatan yang tiada bermanfaat, benar-benar suatu kerugian untuk keuangan dalam rumah tangga.

Nah, berikut ini kami akan berbagi tentang hal-hal yang sebenarnya sepele tapi ternyata sangat merugikan dan memboroskan keuangan anda. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama-sama!


1. Tertidur Hingga Lupa Mematikan TV

Hampir kebanyakan orang pasti memiliki televisi yang diletakkan di kamar tidur. Dan kebiasaan orang yang mempunyai televisi di kamar tidur, akan sulit tidur apabila tidak sambil menonton TV.

Tapi seringnya sih, TV masih menyala hingga anda lelap tertidur, jadi TV nya yang nonton anda tidur, bukan anda yang menonton TV sambil tidur. Hehe.

Tapi bukankah itu jadi suatu pemborosan energi dan biaya listrik? Berapa rupiah yang anda keluarkan setiap harinya hanya untuk kegiatan yang anda sendiri tidak menikmatinya secara langsung?

Kalau bisa sih, kebiasaan seperti ini sebaiknya anda hilangkan. Atau bisa juga dengan menyiasatinya menggunakan timer pada televisi anda.

Jadi, di saat anda tertidur, maka tidak lama kemudian TV pun akan ikut tertidur bersama anda. Dengan begitu anda jadi bisa menghemat biaya listrik untuk TV yang menyala tapi tidak ditonton tersebut.


2. Lupa untuk Kembali Mematikan Lampu

Matahari sudah meninggi, tapi lampu masih saja menyala karena anda lupa mematikannya. Atau ketika sudah tidak berada di dalam kamar, tapi lampu kamar tetap menyala.

Itu adalah hal yang sangat memboroskan, coba anda hitung berapa jam lampu di rumah anda setiap harinya menyala sia-sia.

Jadi, harus selalu ingat efisiensi biaya listrik agar keuangan anda tiap bulannya tidak terbuang sia-sia.


3. Membayar Denda

Denda tagihan listrik, denda tagihan kredit kendaraan bermotor, denda pajak, dan denda-denda lainnya yang muncul dikarenakan kelalaian atau kesalahan anda yang tidak disiplin.

Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk untuk pengelolaan keuangan rumah tangga. Dan tidak sedikit pun anda menikmati hasil dari pembayaran denda tersebut, karena itu akibat dari kesalahan anda sendiri yang kurang disiplin.

Seharusnya biaya denda ini tidak muncul bila anda lebih disiplin dan tentu saja hal ini akan mengurangi pemborosan biaya yang seharusnya anda bisa lebih menghematnya lagi.


4. Penggunaan Air Secara Berlebihan

Hemat air juga berarti anda menghemat pengeluaran biaya. Terutama bagi anda yang menggunakan air dari saluran PAM.

Gunakan air seperlunya, jangan sampai lupa ketika mengisi bak mandi hingga airnya penuh dan luber ke mana-mana.

Atau ketika menggosok gigi pada wastafel, gunakan gayung atau gelas untuk menampung air tersebut agar tidak terbuang sia-sia.


5. Kena Tilang Saat Berkendara

Ingatlah, peraturan lalu lintas dibuat untuk keselamatan dan kenyamanan anda dan juga para pemakai jalan lainnya.

Jangan sampai anda melanggar peraturan atau lupa membawa surat-surat kelengkapan berkendara anda.

Karena hal ini adalah penting untuk diperhatikan, agar anda tidak kena tilang pak polisi. Tilangan ini justru malah akan membuat keuangan anda menjadi boros dikarenakan biaya tak terduga yang harus anda keluarkan.

Mungkin niat anda memang bagus, agar cepat sampai tujuan, tapi caranya yang salah juga tidak bisa dibenarkan, karena justru akan memberi dampak negatif untuk anda sendiri.

Nah, itulah beberapa kegiatan maupun kejadian sepele yang sebenarnya tidak perlu terjadi apabila anda bisa lebih disiplin dan menjaga hati-hati pengeluaran anda dari sesuatu hal yang sebenarnya tidak memberi manfaat apapun pada diri anda.

Mungkin masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang memboroskan lainnya. Tapi ya sekali lagi penekanannya adalah disiplin itu sangat penting dalam kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/hal-sepele-yang-memboroskan-uang/


Related Posts

Ingin Lebih Berhemat, Maka Harus Disiplin
4/ 5
Oleh