Kembangkan Hobi Anda Menjadi Ide Bisnis yang Menguntungkan

Pingin mulai berbisnis, tapi bingung mau bisnis apaan nih?

Banyak bahan dan referensi yang bisa dijadikan suatu bisnis. Hobi yang selama ini anda tekuni pun sebenarnya bisa dijadikan aktivitas yang menguntungkan.

Hobi bisa menjadi potensi bisnis dan ladang penghasilan yang menguntungkan jika ditekuni dengan baik. Apalagi bila anda adalah orang yang kreatif, persaingan bukanlah suatu hal yang perlu anda takuti nantinya.

Tapi gimana kalau gagal?

Kegagalan merupakan suatu risiko yang memang harus dihadapi oleh mereka para pebisnis. Tapi, jangan jadikan kegagalan menjadi momok yang perlu kita takuti.

Baca juga: Mengubah Hobi Fotografi Anda Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Lebih baik kita mencoba terlebih dahulu, dan jikalau gagal maka kita harus segera bangkit dan evaluasi segala hal yang menyebabkan kegagalan tersebut.

Namun bila anda belum mencobanya karena takut gagal, justru itulah kegagalan anda yang sesungguhnya, atau bisa diartikan kita sudah ‘kalah sebelum berperang’.
Kembangkan Hobi Anda Menjadi Ide Bisnis yang Menguntungkan

Kuncinya adalah kita harus tahu bagaimana selera pasar, terus memperluas jaringan, jangan pernah berhenti untuk terus belajar, terus mengeksplorasi berbagai peluang, serta yang pasti harus ramah dan jadi orang yang menyenangkan untuk semua orang.

Lalu, apa saja hobi yang bisa kita jadikan ide bisnis menguntungkan?

Ada banyak kok, namun di posting kali ini kita hanya akan mengulas beberapa saja. Yuk kita simak sama-sama.


1. Seni dan Kerajinan

Tidak semua orang memiliki keterampilan di bidang satu ini dan mengembangkan serta memanfaatkannya bisa jadi ide berbisnis yang sangat menguntungkan.

Misalnya anda gemar menganyam sesuatu, atau membuat hasil-hasil rajutan, maka terus kembangkan kreasimu dan modali dengan bahan baku berkualitas. Lakukan dengan semangat dan kerja keras, lalu lihat hasilnya yang menguntungkan, bahkan bisa kita expor.


2. Bikin Kue

Hobi bikin kue dapat kita kembangkan jadi bisnis yang menguntungkan, anda bisa membuat bolu atau cake untuk acara ulang tahun, menerima pesanan brownies untuk acara besar lain, membuat kue kering menjelang lebaran, hingga bikin cemilan ringan untuk dijual dan dipamerkan di etalase rumahmu setiap harinya.

Promosikan kue-kue buatanmu dari mulut ke mulut, sengaja membuka usahanya di rumahmu, bahkan mengenalkannya juga lewat media online.


3. Desainer Pakaian

Bila anda punya kemampuan menjahit pakaian, coba deh manfaatkan itu sebagai modalmu untuk berkreasi mendesain pakaian unikmu sendiri.

Gunakan kemampuan ini untuk mendesain pakaian saat ada keluargamu yang akan mengadakan acara lamaran, coba juga desain pakaian unik saat ada kontes menari di sekolah-sekolah.

Asal jangan lupa, banyak melihat gambar, juga ide-ide berbusana dan kembangkan juga teknik menjahitmu agar kemampuanmu semakin meningkat. Jasa menjahit juga bisnis jasa yang gak ada mati nya selain makanan.


4. Fotografi

Kalau anda berminat besar pada dunia fotorafi, menguasai berbagai teknik dan memiliki peralatannya cukup lengkap, kenapa nggak mengembangkan kemampuan ini jadi sesuatu yag menghasilkan? Coba ambil kesempatan menjadi fotografer amatiran.

Kamu bisa bantu-bantu teman dan kenalanmu yang ingin prewedding, mengabadikan acara dan banyak momen khusus, dan sebisa mungkin mempromosikannya sebagai lahan usaha. Kalo pas ada event tawarkan diri untuk jadi seksi dokumentasi.


5. Menari, Olahraga, atau Bela Diri

Anda yang memiliki kemampuan menari, olahraga, atau beladiri, juga bisa dikembangkan jadi bisnis menguntungkan. Anda bisa mengajar anak-anak untuk menguasai keterampilan tersebut dan memanfaatkannya dalam berbagai momen.

Bisa dengan mengajar anak-anak SD sebagai permulaan, jika sudah ada prestasi atau kejuaraan yang dimenangkan, nantinya pasti akan ada tawaran untuk mengajar ke tingkatan yang lebih tinggi.


6. Berkebun

Hobi satu ini selain mempercantik pekarangan rumah, sekaligus bisa menjadi pemasok kebutuhan dapur lho. Maka anda dapat mengembangkannya pula jadi bagian menguntungkan untuk memperindah tempat orang lain juga.

Mulai saja berkebun, tekuni dan bisa juga berkreasi dengan tanaman-tanaman hias yang cantik. Banyak kok orang yang sukses dengan menekuni bisnis tanaman hias.


7. Desain Interior

Banyak orang selama ini yang berpikiran bahwa desain interior merupakan sesuatu yang mahal. Namun, kita bisa mematahkan persepsi tersebut apabila memulainya dari sebuah hobi yang menarik. Mulai dulu dari yang kecil, dan sekali kamu membuktikan bakatmu, kamu bisa mengembangkannya jadi sesuatu yang besar dan semakin berpotensi menghasilkan.

Untuk mengawalinya, desain saja dulu kamar kamu, sulap kamarmu yang kecil dengan desain kreasimu sehingga terlihat lebih luas dan indah. Semua ada ilmu dan skillnya, anda pasti bisa bila mau mempelajarinya.


Itu dia tadi beberapa hobi yang bisa anda tekuni menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Selamat mencoba!

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/5518ee44a09a39a4698b456c/?ref=homelanding&med=hot_thread
gladisco.lintas.me
www.futuready.com


Related Posts

Kembangkan Hobi Anda Menjadi Ide Bisnis yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh