Keunggulan dan Kesulitan Menjadi Entrepreneur

Keunggulan dan Kesulitan Menjadi Entrepreneur
Apapun profesi dan bidang pekerjaan anda tentu selalu ada suka dan duka yang mengiringinya.

Walau ada kalimat bijak yang mengatakan, “selalu ada kemudahan di balik setiap kesulitan”, namun tak jarang orang yang mengabaikannya dan cenderung menyerah ketika kesulitan tersebut melanda.

Sama halnya dengan seorang entrepreneur. Banyak orang mungkin akan beranggapan bahwa menjadi pengusaha itu kelihatannya menyenangkan.

Kelebihan yang paling terlihat adalah seorang pengusaha memiliki kebebasan dan kesempatan untuk menjadi bos bagi dirinya sendiri.

Baca juga: Peran Penting Kewirausahaan Bagi Masyarakat

Tidak akan ada atasan yang selalu memerintah sana-sini atau memarahinya ketika melakukan suatu kesalahan.

Namun, benarkah demikian? Posting berikut ini pastinya akan mengubah pandangan anda tentang hal tersebut.


Keunggulan-keunggulan Menjadi Seorang Entrepreneur

- Kendali Penuh Atas Pekerjaannya

Seorang pengusaha mempunyai kendali penuh atas apa yang dikerjakannya. Apa yang ingin dilakukan dan keterampilan apa yang hendak dipelajari dan diterapkan. Tentu saja hal ini memberikan kepuasan atas segala pengorbanan yang dilakukan dan hasil kerja yang didapatkan.

- Banyak Tantangan yang Menyenangkan

Berwirausaha memang sesuatu yang menarik. Banyak pengusaha menganggap pekerjaan yang mereka lakukan adalah sesuatu yang menantang dan menyenangkan. Menemukan peluang-peluang baru setiap hari yang akan mengasah kemampuan, keterampilan dan mental anda.

- Kebebasan dan Fleksibilitas

Seorang Entrepreneur mempunyai kebebasan untuk bekerja kapanpun sesuai keinginan, dimanapun mereka inginkan, dan bekerja dengan siapapun yang dikehendaki. Selain itu, tidak ada jadwal jam kerja yang mengikat, tentu saja semua itu harus didasari dengan komitmen yang kuat.

- Pendapatan yang Rasional

Seorang pengusaha bisa saja memiliki pendapatan yang tak terhingga, pastinya pendapatan tersebut biasanya berbanding lurus dengan kerja keras dan modal yang telah dikeluarkan.


Itu tadi adalah beberapa keunggulan-keunggulan yang biasanya dimiliki oleh seorang pengusaha. Namun jangan salah, berwirausaha bukan tanpa hambatan. Bahkan hambatan-hambatan yang dihadapi bisa dibilang lebih sulit ketimbang seorang karyawan.

Sebelum anda menjadi seorang entrepreneur, pengetahuan tentang kesulitan dan hambatan yang akan dihadapi sudah harus anda ketahui. Karena hal ini akan membantu calon pengusaha untuk bisa mengembangkan strategi dalam mengantisipasinya.

Wawasan hambatan berwirausaha akan membentuk wawasan kepribadian pengusaha yang sangat penting dalam proses kewirausahaan.

Kesulitan-kesulitan yang Sering Dihadapi Pengusaha

- Dihadapkan pada Suatu Keputusan yang Sulit

Seorang pengusaha memang mempunyai wewenang untuk membuat keputusan sendiri. Namun, seringkali dalam membuat keputusan tersebut seorang pengusaha harus berhadapan dengan pilihan-pilihan yang sulit.

Konsekuensi dari setiap keputusan yang diambil juga tidak hanya mempengaruhi usaha yang dijalaninya tersebut, tapi juga menentukan nasib orang-orang yang bekerja dalam perusahaannya.

- Persaingan yang Ketat

Kehadiran para pesaing kerap kali menjadi momok yang tidak bisa dianggap sepele. Sebagai pemilik usaha, apakah usaha besar atau usaha kecil, mental berkompetisi memang harus tertanam dalam jiwa pengusaha.

Munculnya kompetitor dengan modal yang lebih besar dan strategi yang lebih matang, seringkali akan membuat suatu usaha mengalami kemunduran.

- Pendapatan yang Tidak Menentu

Pendapatan yang diperoleh seorang pengusaha memang tidak bisa dipastikan karena sering berubah-ubah. Banyak faktor yang mempengaruhinya, suatu waktu keuntungan yang didapat bisa sangat tinggi. Di lain waktu juga bisa saja sangat rendah, atau bahkan merugi.

- Lebih Banyak Waktu untuk Dikorbankan

Jadwal kerja seorang pengusaha tidak dapat diprediksi, walau kelihatannya mereka tampak bebas tanpa ada keterikatan jam kerja. Tapi justru sebenarnya mereka memerlukan waktu lebih banyak untuk dikorbankan demi usaha dan bisnisnya.

Jika seorang karyawan selepas jam kerja mempunyai banyak waktu bersama keluarga, tidak demikian bagi seorang pengusaha.


Selain beberapa kesulitan di atas, tentu masih banyak kesulitan-kesulitan yang dihadapi seorang enterpreneur.

Berbagai halangan dan rintangan besar sangat berpengaruh pada mental pengusaha dalam mengembangkan bisnis yang dijalani. Tidak sedikit pengusaha yang kehilangan motivasi dan memilih untuk berhenti.

Dalam masyarakat khususnya di Indonesia juga masih ada persepsi yang menganggap bahwa berwirausaha merupakan pekerjaan yang lebih rendah derajatnya dibandingkan karyawan kantoran, Pegawai Negeri Sipil, Dokter, atau Pejabat Pemerintahan.

Coba saja anda bandingkan, dan jawab dengan jujur! Menurut anda lebih keren mana profesi pedagang pakaian dengan Sekurity atau Satpam? Atau lebih keren mana peternak ayam dengan Karyawan pabrik? Simpan saja jawabannya untuk anda sendiri!

Sumber/gambar:
http://menjadiwirausaha.com/keuntungan-dan-kekurangan-menjadi-entrepreneur/
www.pusatcinta.com


Related Posts

Keunggulan dan Kesulitan Menjadi Entrepreneur
4/ 5
Oleh

1 komentar:

7 April 2015 12.43 delete

wah keren juga nih mas..!!!

Reply
avatar