3 Kriteria Memilih Investor yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Kriteria Memilih Investor yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Untuk menjadi entrepreneur di Indonesia, mungkin sekaranglah saat yang paling tepat.

Nampaknya memang tidak pernah terlihat gairah para investor seperti yang terlihat sekarang ini.

Berbagai peluang bisnis baru mulai banyak diminati para investor, dan mereka seolah saling berkompetisi dengan agresif untuk bisa menanamkan modalnya di bisnis tersebut.

Inilah yang membuat pasar sekarang ini mulai kebanjiran modal.

Sosok entrepreneur yang tangguh di lingkungan semacam ini akan memperoleh posisi yang sangat bagus. Bahkan, bisa dibilang kalau para entrepreneur sekarang ini mempunyai posisi tawar untuk menentukan siapa yang menjadi pemodal dan rekan dalam membangun bisnis mereka.

Baca juga: Tips Penting untuk Mendapatkan Investor bagi Sebuah Startup

Namun, masalahanya sekarang adalah bagaimana menentukan investor yang paling sesuai untuk bisnis anda? Berikut ini kami akan berbagi beberapa kriteria dalam menentukan investor yang tepat untuk bersama membangun bisnis anda.


1. Kualitas dan Kekuatan Jaringan Investor

Saat memilih investor, uang bukanlah satu-satunya yang jadi pertimbangan anda. Perlu diingat, uang memang hal pertama yang harus dimiliki oleh investor, namun jangan terburu-buru. Bila anda sudah yakin bila investor punya cukup uang, modal bukanlah lagi suatu masalah.

Faktor yang sebenarnya jauh lebih penting adalah apakah investor ini mempunyai kualitas, karakter, aset, atau atribut lain yang dimiliki dan bisa membawa bisnis anda pada kemajuan.

Kekuatan jaringan pribadi maupun profesional yang dimiliki pemodal adalah satu hal mudah yang perlu jadi perhatian.

Memiliki jaringan yang kuat merupakan sesuatu yang sangat-sangat penting di pasar Indonesia, dan dapat menjadi kunci pembuka gerbang menuju klien-klien baru, karyawan, serta vendor yang sebelumnya mungkin sulit untuk didapatkan.

Anda harus memastikan juga bahwa jaringan yang dimiliki investor terkait dengan bisnis yang anda kelola. Jadi, jaringan yang kokoh merupakan hal penting. Dan yang terpenting pula, untuk membantu mengembangkan bisnis, apakah investor anda bersedia memberdayakan koneksinya tersebut.


2. Berpengalaman dan Memiliki Wawasan Industri

Pengalaman dan wawasan tentang industri menjadi kriteria penting selanjutnya. Investor yang baik bagi bisnis anda adalah orang yang juga bisa menjadi pelatih sekaligus mentor untuk memahami lika-liku dan spektrum bisnis anda.

Selain itu, juga bisa memberikan saran maupun gagasan di setiap rintangan yang belum pernah anda hadapi sebelumnya.

Pastikan anda memilih investor yang enak diajak berdiskusi serta dapat menjadi rekan yang harus secara regular anda update. Anda akan dapat menghemat waktu untuk tidak perlu menjelaskan secara detail setiap kali anda harus membuat keputusan bisnis.

Karena anda tahu bahwa investor yang anda miliki memahami sektor bisnis yang sedang digeluti.

Tidak hanya itu, tambahan rasa percaya diri juga akan anda miliki karena merasa bahwa persetujuan dari orang yang paham benar tentang industri telah diberikan dalam setiap keputusan yang anda buat.


3. Senantiasa Mendukung Saat Menghadapi Masa Sulit

Ada kalanya kita dihadapkan dengan kondisi di mana saat investasi yang mereka berikan tidak segera membuahkan hasil. Hal yang penting adalah bagaimana investor dapat mengatasi kondisi tersebut.

Kenyataannya, banyak investor lebih suka menanamkan modal pada entrepreneur yang pasti berhasil. Jarang sekali ada investor yang bisa mendukung dan membantu anda dalam melewati masa-masa sulit.

Di sinilah anda harus siap menghadapi tantangan besar yang berarti sangat penting dalam proses perjalanan bisnis anda.

Padahal, mungkin juga mereka tidak akan mengakuinya kalau seringkali kesuksesan sebuah perusahaan yang tiba-tiba populer tidak ada sangkut pautnya dengan kemampuan si pemodal.


Lalu, bagaimana caranya anda mengetahui kalau investor anda mempunyai kriteria tersebut? Tentunya Anda harus mencari tahu ke perusahaan yang pernah mendapatkan penanaman modal dari investor tersebut.

Terutama perusahaan yang pernah melewati masa-masa sulit. Hubungi dan tanyakan orang-orang di perusahaan itu tentang bagaimana hubungan mereka dengan investor saat kondisi menjadi sulit.

Apabila investor terus mendukung, sangat membantu dan gigih dalam usaha melakukan perbaikan situasi, investor seperti inilah yang anda cari.

Perlu diingat, bahwa dukungan saat situasi berjalan lancar memang suatu yang mudah, namun mencari investor yang mau tetap mendukung saat situasinya memburuk, inilah yang susah.

Sumber/gambar:
http://www.merdeka.com/khas/mencari-investor-yang-tepat.html
www.raywhitesentul.com


Related Posts

3 Kriteria Memilih Investor yang Tepat Untuk Bisnis Anda
4/ 5
Oleh