Bermacam Tipe Kecerdasan dalam Menunjang Karakter Profesi

Macam-macam Tipe Kecerdasan dalam Menunjang Karakter Profesi
Tipe kecerdasan itu maksudnya apa gan?

Terdapat beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa termasuk kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, atau kebijaksanaan.

Namun, beberapa psikolog tak memasukkan hal-hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan.

Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan.

Stenberg & Slater (1982) mendefinisikannya sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif.

Maksudnya tuh gini, saya kasih gambaran secara simpel aja ya. Masihkah anda ingat ketika dulu masih duduk di bangku sekolah? Saat itu, di semua mata pelajaran kita harus bersaing ketat dengan murid-murid lain untuk mendapatkan nilai tertinggi.

Simak juga: Upaya Saling Menjatuhkan dalam Persaingan Kerja yang Tidak Sehat

Walau ada beberapa yang berhasil, namun tidak sedikit pula yang hanya menguasai pada bidang-bidang tertentu. Bahkan banyak juga yang “payah” dalam pelajaran teori, namun mereka justru pandai dalam bidang lain seperti olahraga, menggambar, atau bermain musik.

Nah, perbedaan dalam kepandaian seseorang itulah yang biasanya dipengaruhi oleh tipe kecerdasan.

Mengapa kecerdasan orang bisa berbeda-beda dan faktor apa saja yang mempengaruhinya?

Itu karena manusia memang diciptakan unik, dan Tuhan memberikan kita dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Bahkan, pada orang kembar sekalipun, meski tampak sama namun mereka memiliki sifat dan karakter yang berbeda.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kecerdasan seseorang, yaitu:
- Faktor bawaan atau biologis
- Faktor minat dan pembawaan yang khas
- Faktor pembentukan atau lingkungan
- Faktor kematangan
- Faktor kebebasan

Apa saja tipe kecerdasan yang dimiliki manusia? Tolong dijelasin gan sekalian kasih contoh!

Oke gan, gini penjelasannya. Mohon disimak ya!

Setidaknya ada 10 jenis kecerdasan berbeda yang dimiliki oleh masing-masing manusia. Begitulah menurut Howard Gardner, seorang Profesor di bidang Psikologi dari Universitas Harvard. Berikut ini kami akan berbagi info tentang hal tersebut:

1. Kecerdasan Logika Matematika

Bagi anda yang jago berhitung dan selalu mendapat nilai tinggi di bidang Matematika, bisa dipastikan kalau anda adalah orang yang memiliki jenis kecerdasan semacam ini. Secara naluri, anda terbiasa meletakkan segala sesuatu di tempatnya dan mampu memahami penjumlahan di luar kepala.

Anda sangat menyukai dan menikmatinya. Bagi anda, memecahkan soal integral dan menghitung deret angka adalah hal yang sepele. Tak mengherankan, bila anda gemar pada permainan yang menantang otak, seperti catur, sudoku, dan game-game komputer.

Jurusan dalam bidang-bidang matematika seperti, ilmu komputer, dan statistik adalah beberapa jurusan yang cocok untuk anda. Albert Einstein, Stephen Hawking, dan Neil deGrasse Tyson adalah beberapa orang yang memiliki bakat sama dengan anda.

2. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik biasanya dimiliki oleh mereka yang senang menulis dan membaca. Selain itu, biasanya mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik dan pandai berbicara.

Kamu memiliki tipe kecerdasan ini bila kamu adalah orang yang merasa asyik dengan kegiatan menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Kamu melakukan itu semua dengan santai. Kamu juga menghafal informasi dan menambah kosakata.

Tak heran jika kamu juga memiliki kemampuan bercerita maupun mendongeng yang mumpuni. Dengan bakat yang kamu punya, bekerja menjadi jurnalis, guru, maupun penulis sangatlah cocok untuk kamu.

Memiliki kecerdasan ini, berarti kamu sama dengan Raditya Dika, Dee Lestari, J.K. Rowling, dan John Green

3. Kecerdasan Musikal

Jika kamu adalah orang yang selalu melakukan aktivitas yang terasa tidak lengkap tanpa mendengar hentakan dan alunan musik, maka kamu adalah orang yang mempunyai tipe kecerdasan musikal.

Kamu punya kelebihan dapat mendengar nada dan titinada pada suara-suara yang bagi orang lain mungkin akan sulit untuk membedakannya, seperti suara deburan ombak, desiran angin, kicauan burung, suara jangkrik, dan bahkan sebuah musik klasik.

Kecerdasan seperti ini akan mendukung bakat anda dalam memainkan satu alat musik atau lebih. Baik hanya dengan mendengarkannya saja, maupun lewat instruksi.

Kemungkinan besar, bisa jadi kamu menyukai banyak jenis aliran musik. Termasuk musik-musik zaman dulu yang disukai orangtuamu. Bob Dylan, Ananda Sukarlan, dan Tulus adalah pemilik kecerdasan ini.

4. Kecerdasan Naturalis

Kamu bisa jadi memiliki tipe kecerdasan naturalis bila berkebun, mendaki gunung, dan suka memelihara binatang adalah hobimu. Kamu merasakan adanya kaitan yang dalam antara jagat raya dan penghuninya, baik itu manusia, tumbuhan dan binatang.

Kamu suka meneliti dan mengamati dunia luar. Kamu suka meneliti dan mengamati dunia luar. Tak heran jika kamu gemar mengeksplorasi hutan belantara, mendaki gunung, bahkan berkebun serta bercocok tanam organik menjadi hobimu.

Alih-alih menggunakan pestisida dan obat-obatan kimia berbahaya, kamu lebih memilih cara-cara organik untuk mengusir hama. Saat mendengar tentang perusakan hutan serta pencemaran lingkungan, kamu tak hanya diam tak peduli, kamu aktif berperan jadi aktivis pecinta lingkungan.

Profesi yang cocok untuk kamu yang memiliki tipe-tipe seperti di atas adalah menjadi arkeolog, ahli geologi, ahli botani, maupun peneliti lingkungan.

5. Kecerdasan Tubuh Kinestetik

Kecerdasan tubuh kinestetik dimiliki oleh mereka yang mampu menggerakkan tubuh dengan cekatan. Dengan kecerdasan seperti ini, kamu mampu menggerakkan tubuh dengan anggun dan santai, serta jago menangani dan memanipulasi objek.

Kamu bisa menirukan gerakan orang lain dengan sempurna dan sangat suka melatih tubuh hingga mencapati kondisi terbaik. Selain itu, kamu memiliki bakat dalam kerajinan tangan seperti menjahit, menenun, memahat, dan membuat gerabah.

Seniman seperti Saptohoedojo, Affandi, sampai pemahat terkenal Auguste Rodin memiliki kecerdasan tubuh kinestetik ini.

6. Kecerdasan Visual Spasial

Dengan kecerdasan visual spasial ini, seseorang mampu menghafal peta dengan mudah. Bahkan, kamu bisa langsung tahu kalau sebuah bangunan atau rumah kurang simetris.

Kalau kamu atlet, kamu bisa menentukan dengan hampir sempurna berapa derajat yang diperlukan untuk bisa mencetak angka pada permainan bola basket atau hoki. Kamu bisa menggambar apapun yang kamu lihat, dan mampu secara mental memutarbalikkan bentuk-bentuk yang rumit.

Kamu jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang seperti puzzle,rubik, dan kamu bisa membuat berbagai macam bentuk dari permainan Lego. Penting sekali bagi arsitek seperti Ridwan Kamil atau ahli tata kota memiliki jenis kecerdasan ini.

7. Kecerdasan Eksistensial

Orang yang memiliki kecerdasan eksistensial cenderung suka merenung dan berpikir secara mendalam. Kamu suka sekali bergelut dengan pertanyaan-pertanyaan sulit. Seperti mengapa kita hidup? Mengapa dunia ini tercipta? Dan apa yang akan kita jumpai setelah kita meninggal dunia?

Kemungkinan besar kamu adalah penggila buku-buku Jostein Gaarder dan penggemar berat film-film Christopher Nolan. Segala hal yang memiliki arti filosifi, kamu akan sangat menyukainya.

Kamu menyukai segala hal yang memiliki arti dan filosofi. Jika memiliki kecerdasan ini, ilmu filsafat dan teologi mungkin cocok untuk kamu dalami.

8. Kecerdasan Interpersonal

Kamu yang memiliki kecerdasan interpersonal merupakan teman yang menyenangkan dan tempat curhat yang melegakan buat semua orang. Kamu memiliki kepekaan yang tinggi kepada orang lain, dan mudah untuk memahami serta mengetahui suasana hati maupun perasaan mereka.

Tak heran jika kamu sering dijadikan sebagai tempat berkeluh kesah oleh teman-temanmu. Kamu juga memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan kamu adalah seorang mediator yang handal.

Kamu bisa menghentikan pertengkaran antara dua temanmu dan masih bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka berdua. Selain itu, kamu juga memahami betul tentang dirimu sendiri.

Di saat banyak orang di luar sana yang mengalami krisis identitas, kamu justru paham betul mengenai dirimu sendiri. Kamu amat mengerti  perasaan, mimpi, dan ide yang kamu miliki, dan kamu setia pada tujuan hidupmu, serta yakin akan cita-cita yang akan kamu raih.

Kamu suka menulis catatan harian, merenungi pikiran-pikiran yang kamu punya, bahkan tenggelam di dalamnya untuk waktu yang lama karena kamu begitu menikmatinya. Figur publik yang terkenal memiliki kecerdasan ini: Oprah Winfrey

9. Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan Spiritual tak hanya dimiliki oleh mereka para pemuka agama, beberapa dari kamu mungkin memilikinya. Anak Indigo adalah sebutan awam yang cocok disematkan kepadamu. Kamu bisa merasakan kehadiran energi lain di sekitarmu.

Kamu dapat melihat apa yang tak dapat dilihat oleh orang lain. Tebakanmu seringkali benar, dan firasatmu juga kuat. Terlepas dari apakah kamu sering beribadah atau tidak, namun kamu memilki keyakinan bahwa ‘dunia lain’ itu memang ada.

Kamu amat sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religius.


Demikian penjelasan tentang berbagai tipe kecerdasan yang dimiliki manusia, salah satu tipe kecerdasan tersebut mungkin ada di dalam diri kamu. Bahkan ada juga yang memiliki dua, tiga, atau lebih tipe kecerdasan dalam dirinya.

Namun, sebaiknya memang kita memfokuskan diri pada salah satu tipe kecerdasan yang kita punya, agar bisa lebih berkembang dan menjadikanmu ‘expert’ pada bidang tersebut.


Sumber/gambar:
Wikipedia.org
http://www.hipwee.com/motivasi/cerdas-tak-selalu-harus-jago-matematika-di-antara-10-kecerdasan-ini-yang-mana-yang-kamu-punya/
serbaserbi-rafha.blogspot.com


Related Posts

Bermacam Tipe Kecerdasan dalam Menunjang Karakter Profesi
4/ 5
Oleh

1 komentar:

4 April 2015 17.16 delete

Keren gan, nambah pengetahuan.. (y)

Reply
avatar