Membangun Bisnis Fotografi yang Kreatif dan Sukses

Membangun Bisnis Fotografi yang Kreatif dan Sukses
jagofotografi.com
Dunia bisnis fotografi nampaknya hari ini kian digandrungi khalayak ramai dan berkembang dengan pesat.

Untuk mengembangkan bisnis ini dengan cara-cara yang kreatif, ada banyak hal yang bisa anda lakukan bila anda berminat menggelutinya.

Hanya saja, membangun ide kreatif dalam bisnis fotografi ini memang tidak mudah.

Karena semakin kreatif bisnis anda, semakin besar pula kemungkinan bisnis fotografi anda untuk dapat bersaing dan menjadi pilihan utama para klien.

Baca juga: 5 Cara Efektif Memperoleh Modal Untuk Bisnis Anda

Fotografi merupakan bisnis yang dalam pengerjaannya sangat mengedepankan kreativitas, dan ide-ide baru selalu dibutuhkan di dalamnya. Oleh karena itu, seni visual harus terkandung dalam setiap karya dan pesan mampu tersampaikan kepada setiap orang yang melihatnya.


1. Pilih Gaya dan Spesialisasi Anda

Belakangan ini, begitu banyak gaya dan pilihan dalam bisnis fotografi. Yang harus ditentukan pertama-tama adalah konsep yang anda inginkan itu seperti apa.

Misalkan, anda dapat membuat bisnis fotografi yang bertema pemandangan alam bila anda adalah orang yang suka berpetualang, atau bisa juga memilih bisnis fotografi yang bertema makanan bila anda adalah orang yang suka dengan beraneka ragam kuliner.

Penempatan diri anda di masyarakat sangat ditekankan di sini sehingga masyarakat bisa langung tahu karakter bisnis fotografi yang anda geluti.


2. Fotografer yang Tepat dan Peralatan yang memadai

Akan sangat berguna untuk anda bila membeli kamera dan lensa yang sesuai dengan spesialisasi. Tapi harus diingat kalau kamera dan lensa hanyalah alat, siapa fotografernya, itulah yang terpenting.

Bagus tidaknya kualitas foto anda tidak sepenuhnya dijamin oleh kamera dan lensa yang mahal. Namun, untuk menghasilkan foto yang berkualitas dan mengandung nilai seni yang tinggi, fotografer yang tepat dan peralatan yang memadai merupakan dua hal yang saling mendukung.


3. Membuat Portofolio yang Kreatif

Untuk meyakinkan klien dengan karya-karya anda, buatlah sebuah portofolio! Klien akan dapat mengetahui seberapa baik kualitas karya-karya bisnis fotografi anda dengan melihat portofolio yang anda buat.

Dari portofolio tersebut, klien juga akan bisa memilih referensi mana yang akan mereka gunakan sebagai konsep ide dan keinginan mereka.

Portofolio selain dapat menambah keyakinan klien dalam hal ide dan konsep, juga akan menambah kepercayaan mereka bahwa anda memang memiliki pengalaman yang mumpuni dalam bidang fotografi ini.


4. Pemasaran yang Baik

Semua bisnis pastinya harus ditunjang dengan strategi pemasaran yang baik. Media sosial seluas mungkin harus anda miliki. Ini untuk memudahkan akses bagi klien dalam menemukan bisnis anda.

Miliki akun di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menampilkan hasil karya-karya anda dengan membuat sebuah blog pribadi.

Berbagai input dari klien seperti ide baru, saran maupun kritik akan lebih mudah juga anda dapatkan dari media sosial tersebut.


Itulah, beberapa tips yang bisa dijadikan inspirasi dan gagasan dalam membangun bisnis fotografi. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru dalam dunia fotografi agar anda selalu bisa up to date dalam menemukan ide-ide baru dalam bisnis anda.

Sumber:
http://www.bisnishack.com/2014/10/4-tips-membangun-bisnis-fotografi-yang.html


Related Posts

Membangun Bisnis Fotografi yang Kreatif dan Sukses
4/ 5
Oleh