Online Trust di Indonesia dalam Berbisnis masih Perlu Terus Dibangun

Online Trust di Indonesia dalam Berbisnis masih Perlu Terus Dibangun
Sekarang ini bisnis online memang sedang marak, cukup banyak masyarakat Indonesia mulai melakukan transaksi melalui online.

Berbagai situs jual-beli juga kian ramai menyemarakkan perbelanjaan online.

Namun, nampaknya kepercayaan konsumen di Indonesia yang menggunakan media online dalam berbisnis masih harus terus dibangun.

Karena ternyata hanya kalangan tertentu saja yang baru mulai berani berbisnis di dunia online, belum bisa merambah ke semua kalangan.

Baca juga: Anda Pemula dalam Dunia Bisnis? Sebaiknya Baca Dulu Artikel Ini!

Mira Sumantri selaku Product Marketing Manager Small Medium Bussiness Google menyampaikan bahwa toko-toko online di Indonesia masih perlu untuk melakukan pembenahan tampilan dan pelayanan agar masyarakat bisa lebih percaya dan merasa aman ketika melakukan transaksi online.

Online trust di Indonesia dinilai masih setengah hati, dan itulah mengapa pihak Google ingin terus membantu pengusaha untuk bisa terus membangun bisnisnya di dunia online. Salah satunya yang dilakukan adalah dengan membantu pengusaha melalui pelatihan-pelatihan.

Konsumen masih banyak yang khawatir ketika hendak membayarkan uangnya dalam berbelanja online. Kewaspadaan masyarakat ini memang harus dimaklumi karena masih banyak juga oknum-oknum yang menggunakan media online sebagai modus untuk melakukan penipuan.

Memang sebenarnya agak sedikit lucu ketika melihat faktanya di Indonesia, jualan online tapi ‘sistem payment’-nya kok masih ketemuan. Itu mah sama saja dengan cara konvensional.

Maka dari itu, seharusnya sistem payment di Indonesia harus dikembangkan lagi agar lebih terpercaya. Sehingga nantinya akan semakin banyak orang mau belanja online.

Mira Sumantri juga menambahkan, masih butuh usaha yang intens untuk mengubah perspektif masyarakat Indonesia bahwa sebenarnya E-commerce atau jual beli online itu sebenarnya normal dan aman.

Semoga ke depannya jual beli online di Indonesia bisa sebesar dan seluas di luar negeri. Seperti di India atau Singapura misalnya, di sana ada yang namanya great online shopping festival atau seperti festival belanja online namun dengan skala nasional.

Di sana Google juga menggaet partner-partner atau merchant yang terpercaya dan meng-involve even-even tersebut di negara lain. Pihak Google Inc. juga nampaknya akan mulai coba melakukan itu di Indonesia pada tahun depan. Sehingga jual beli online akan lebih terbiasa di masyarakat.

Sumber/gambar:
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/607202-bisnis-online--pengusaha-perlu-bangun-kepercayaan-konsumen
bisnisukm.com


Related Posts

Online Trust di Indonesia dalam Berbisnis masih Perlu Terus Dibangun
4/ 5
Oleh