Perusahaan-perusahaan “Tentara Bayaran” Paling Populer di Dunia

Perusahaan-perusahaan “Tentara Bayaran” Paling Populer di Dunia
sumber: uniquevideolucu.blogspot.com
Istilah yang cukup tenar dengan julukan “Tentara Bayaran”, tak perlu lagi diragukan tentang kemampuan mereka sebagai satuan tempur swasta yang profesional.

Adanya perusahaan militer swasta atau Private Military Company (PMC) ini membuat banyak laporan tentang rencana eksodus dari banyak pasukan khusus di seluruh dunia untuk masuk ke perusahaan militer swasta tersebut.

Dilaporkan berbagai pasukan elit dunia seperti Special Air Service (SAS) Britania Raya, Joint Task Force 2 Angkatan Darat Kanada, serta Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat banyak kehilangan anggotanya yang memilih keluar dan bekerja di perusahaan militer swasta.

Baca juga: 5 Mobil Dengan Harga Selangit Di Tahun 2015

Bukan tidak masuk akal, sebab perusahaan militer swasta ini memang menawarkan gaji yang cukup besar sampai US$ 100 ribu per tahun, bahkan hingga tiga kali lipat gaji anggota pasukan khusus di negara-negara maju.

Dan berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa penyedia jasa “Tentara Bayaran” paling populer di dunia.


1. AEGIS Defence Services (Inggris)

Sebuah perusahaan kontraktor militer yang berbasis di London bernama AEGIS Defence Services menjadi salah satu yang terkenal di dunia.

Perusahaan ini memiliki beberapa kantor cabang di Afganistan, Arab Saudi, Irak, dan USA. AEGIS pertama didirikan oleh Tim Spicer yang merupakan mantan CEO Sandline International, dan Mark Bulloug.

Perusahaan ini terdiri dari dua divisi dan berbasis di London. Divisi pertama adalah Research & Intelligence (Intelijen dan Riset) serta yang kedua Divisi Security Operation (Operasi Keamanan) yang mengkhususkan diri pada identifikasi, mitigasi, dan manajemen risiko.


2. Blackwater (Amerika Serikat)

Sebuah perusahaan militer swasta bernama Blackwater, yang dipimpin oleh Gary Jackson yang merupakan mantan NAVY SEAL ini memiliki fasilitas pelatihan yang lengkap di North Carolina, Amerika Serikat. Blackwater sudah dikenal sangat luas di kalangan pengguna jasa pengamanan di Amerika Serikat.

Perusahaan ini banyak membantu berbagai instansi pemerintah di Amerikas Serikat, seperti Departemen Pertahanan, Departemen Luar Negeri, dan Departemen Transportasi.

Termasuk juga berbagai perusahaan-perusahaan raksasa di Amerika Serikat dan negara-negara sahabatnya di seluruh dunia.

Di North Carolina dibangunan fasilitas pelatihan lengkap yang disebut Blackwater Academy untuk meningkatkan kepercayaan klien terhadap Blackwater.

Camp pelatihan berdiri di area seluas 24 km persegi dan terdiri dari sejumlah lapangan tembak indoor maupun outdoor.


3. Erinys International (Inggris)

Dibentuk pada 2001, Erinys International didirikan oleh manajer senior dan eksekutif dari kalangan industri manajemen security and risk. Mereka bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam bidang Security and Risk, perusahaan ini menyediakan layanan konsultasi dan perlindungan keamanan.

Bagi perusahaan yang beroperasi di daerah rawan seperti Timur Tengah dan wilayah sub sahara Afrika, Erinys menawarkan keahliannya dalam mengurangi risiko yang mungkin ditimbulkan.


4. Vinnell Corporation (USA)

Didirikan oleh A.S. Vinnell pada tahun 1931, awalnya Vinnell Corporation mendapat tugas untuk memblok jalan di Los Angeles.

Dan sejak saat itu sejumlah proyek lokal dan proyek pemerintah sudah ditangani oleh mereka. Operasi militer Amerika Serikat di Okinawa ditangani oleh perusahaan ini.

Selain itu, juga menangani pesawat Air France di Guam pada awal tahun 50-an, serta pada masa perang Korea merekalah yang mengirim personel dan peralatannya ke medan pertempuran.

Vinnell telah menerima bayaran sebesar US$ 800 juta sejak 1994 untuk pelatihan dan konstruksi saja. Vinnell pun membalasnya dengan membangun, menjalankan, dan melengkapi personel serta menulis doktrin untuk 5 akademi militer, 7 shooting ranges, dan sistem pemeliharaan kesehatan di kalangan militer.

Selain itu, juga memberikan training dan memberi perlengkapan kepada 4 mechanized brigade (brigade mekanik) dan 5 brigade infantri.

Di samping itu, Vinnell pula yang memberikan jenis dukungan logistik selama perang kepada Amerika Serikat dan pelanggan asingnya.

Bisa dibilang Vinnell terlibat cukup jauh dalam Perang Teluk I dan Invasi Amerika Serikat ke Irak di tahun 2003.

Wilayah operasinya bahkan sampai ke Afganistan dan Kosovo. Proyek pemulihan pasca perang juga menjadi proyek yang ditawarkan oleh Vinnell.


5. Military Professional Resources Inc. (Amerika Serikat)

Military Professional Resources Inc. (MPRI), merupakan perusahaan militer swasta yang dibentuk pada tahun 1988 oleh delapan mantan perwira militer senior Amerika Serikat. Dalam setiap operasinya, perusahaan ini mengandalkan mantan anggota militer.

Kantor pusat MPRI berada di Alexandria, Virginia. Segala bentuk kontrak baik di dalam Amerika Serikat maupun luar negeri dilakukan transaksinya di kantor itu.

MPRI memfokuskan bisnisnya untuk pemerintah maupun swasta di seputar persoalan pertahanan, penegakkan hukum dan pengembangan kepemimpinan.


6. DynCorp (Amerika Serikat)

DynCorp merupakan perusahaan militer swasta yang bermarkas di Reston Virginia Amerika Serikat. Mereka memiliki unit-unit usaha yang tidak hanya berhubungan dengan operasi bersenjata, tapi juga siap menerima kontrak untuk pemeliharaan pesawat-pesawat kepunyaan Angkatan Udara bahkan mengoperasikannya.

Pada tahun 2004, para pengawal bersenjata dikirimkan DynCorp ke Afganistan untuk melindungi Presiden Hamid Karzai.

Mereka menerima bayaran atas kontrak ini dari kantor State Department USA. Perusahaan ini mempunyai 23 ribu personel karyawan dan banyak memberi dukungan pada operasi militer Amerika Serikat.


Itulah keenam perusahaan kontraktor militer swasta yang cukup terkenal di dunia. Dan ternyata mereka ini juga sering terlibat dalam banyak perang yang terjadi di negara-negara Timur Tengah dan Asia.

Sumber:
wikipedi.org
http://humaniora.uniknya.com/2012/10/03/5-penyedia-tentara-bayaran-paling-terkenal/


Related Posts

Perusahaan-perusahaan “Tentara Bayaran” Paling Populer di Dunia
4/ 5
Oleh