Petunjuk Lengkap Membuat Toko Online Menggunakan Blogspot untuk Pemula

Sekarang ini, trend berbelanja perlahan mulai bergeser menjadi serba online dan sepertinya sudah menjadi trend shopping yang sangat digandrungi.

Para konsumen jadi lebih bisa menghemat waktu, serta lebih leluasa dalam memilih produk yang ingin dibeli di toko online anda.

Toko online seperti Lazada atau Zalora, mungkin anda sudah melihat bagaimana start up yang mereka lakukan, seakan berlomba untuk mempromosikan situs mereka dengan memasang iklan di social media ataupun di televisi.

Dan menurut beberapa riset, transaksi dari online shop di Indonesia yang terjadi setiap harinya dapat menembus nilai milyaran rupiah. Hal ini membuktikan bahwa potensi perdagangan online di Indonesia memiliki prospek yang bagus.

Baca juga: Arti Istilah dan Singkatan Dalam Dunia Internet Marketing

Nah, mungkin anda memang harus mulai membuat toko online sendiri. Dan ternyata, bila anda serius mau belajar, membuat website toko online atau E-commerce ini sangat mudah kok, bahkan bisa dibuat dengan gratis lho.

Anda bisa menggunakan blogger sebagai hostingnya (gratis), kemudian untuk template toko online-nya tinggal anda download saja secara gratis (pula).

Dengan anda memiliki web toko online sendiri, nantinya anda akan siap untuk melayani pembeli dari seluruh Indonesia, bahkan hingga seluruh dunia.


Keunggulan memiliki toko online milik sendiri

Keuntungan-keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dari memiliki toko online di antaranya, yaitu: pertama, jangkauan pasar anda bisa lebih luas, bahkan tidak ada batasan area dan mampu menjangkau hingga ke seluruh dunia.

Kedua, anda tidak memerlukan banyak karyawan dalam menjalankannya, untuk anda yang mungkin baru mulai mencoba bisnis di bidang toko online ini di mana penjualan yang terjadi setiap harinya belum cukup merepotkan, cukup anda sendiri yang bertindak sebagai bos dan juga karyawan nampaknya sudah cukup untuk menjalankannya.

Ketiga, dalam menjalankan bisnis ini modal atau biaya yang harus anda keluarkan tidaklah terlalu besar.

Misalkan, anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa domain yang hanya sekitar Rp 90 ribu per tahun.

Selain itu, adanya sistem dropship membuat anda tidak perlu menyediakan stok untuk barang dagangan, dan hanya tinggal menghubungi suplier apabila ada pembeli yang order di toko anda.


Hal yang harus dipersiapkan

Bila anda sudah tertarik dan mulai ingin mencobanya, ada 3 hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu.

Pertama, anda harus memiliki sebuah email yang valid untuk digunakan sebagai akun pendaftaran di Blogger.

Bila anda sudah memilikinya, anda tidak perlu membuatnya lagi. Email ini juga bisa anda gunakan sebagai contact dalam melayani pembeli apabila ada order melalui email.

Kedua, template toko online dengan tampilan selayaknya situs E-commerce. Template ini bisa anda download dulu terlebih dulu dengan gratis, anda bisa mencarinya di google. Ada banyak sekali template-template gratis yang bisa download di internet.

Pilihlah yang menurut anda menarik serta fast loading atau tidak dibutuhkan waktu lama untuk pembeli membuka halaman web anda secara keseluruhan.

Ketiga, persiapkan foto-foto produk yang akan anda pajang di toko online. Sebaiknya gunakan foto-foto original, jangan asal comot di google.

Karena ini sangat penting untuk menambah kepercayaan kepada calon pembeli sehingga mereka bisa lebih yakin ketika ingin membeli di toko online anda.

Keempat, miliki akun rekening di beberapa bank lokal. Minimal anda memiliki dua akun rekening bank lokal dengan nama pemilik yang sama, pilihlah bank yang mempunyai pengguna besar di Indonesia serta bank dengan akses transaksi yang mudah.

Hal ini selain memudahkan pembeli dalam bertransaksi, juga bisa menambah kepercayaan mereka ketika hendak melakukan transaksi pembelian dengan anda.


Langkah-langkah pembuatan toko online

Setelah anda mempersiapkan semua amunisi yang dibutuhkan untuk membuat toko online, selanjutnya anda sudah bisa mulai membuat toko online anda.

Langkahnya sederhana, dan anda bisa lebih mengembangkan sendiri toko online dari tutorial sederhana yang diberikan di bawah ini.

1. Daftar di Blogger (gratis)

Pertama-tama anda harus memiliki akun di blogger, bila anda belum punya tentu anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Daftarnya mudah kok, dan tentunya saja gratis. Anda tinggal mengikuti dan mengisi form yang sudah disediakan dari pihak Blogger.

2. Download dan Pasang Template Toko Online

Selanjutnya, dalam blog yang akan gunakan sebagai toko online maka tampilannya juga harus seperti toko online pada umumnya, dan template untuk tampilan toko online tidak tersedia secara standar di blogger.

Untuk itu, anda harus mencari template yang menurut anda sesuai dengan toko online anda, kemudian download dan instal di blog anda tersebut.

Cara instalnya cukup mudah, anda loggin ke blogger, kemudian pilih blog yang akan anda pasangi template-nya, pada sidebar sebelah kiri di blogger pilih “template” >> Cadangkan/pulihkan.

Klik “Pilih template” >> pilih “upload” dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian lihat tampilannya.

3. Membuat Posting Produk di Toko Online

Sedikit berbeda dengan anda menulis untuk blog biasa, membuat posting di toko online anda harus menyertakan foto produk, harga, serta deskripsi dari produk tersebut.

Dan untuk toko online jangan sampai posting terlalu panjang, buatlah sesingkat mungkin dan yang pasti memuat informasi produk secara keseluruhan.

4. Promosikan Toko Online Anda

Setelah semua langkah di atas anda lakukan, sekarang adalah langkah yang paling penting dari kesemuanya, yaitu promosi.

Anda harus bisa mendatangkan pengunjung ke toko online anda. Promosi ini ada yang sifatnya gratis, ada pula yang berbayar.

Untuk yang gratis, anda bisa mempromosikan website anda di social media, forum jual-beli, Instagram, dan lain-lain.

Sedangkan apabila anda memiliki cukup modal, saran kami sebaiknya anda menggunakan promosi yang berbayar.

Selain lebih cepat mendatangkan trafik ke toko online anda, memasang iklan yang berbayar juga akan membuat promosi produk anda lebih tepat sasaran.

Caranya, anda bisa memasang iklan di Google Adwords, Facebook Ads, Forum-forum jual-beli, atau bisa juga dengan memasang link banner anda di web/blog yang memiliki trafik tinggi setiap harinya.

Namun, untuk promosi paling favorit yang digunakan banyak internet marketer, salah satunya adalah Google Adwords dan Facebook Ads. Anda boleh mencoba keduanya agar promosi anda lebih efektife.


Tips Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Membuka Toko Online

Nah, bagaimana tentang ulasan membuat toko online di atas? Cukup mudah bukan? Ada baiknya, anda juga mempelajari berbagai macam pengetahuan tentang blog serta teknik SEO dalam mendukung toko online tersebut agar biaya dalam promosi online anda bisa lebih diminimalisir.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan toko online. Silahkan simak penjelasan di bawah ini!

1. Gunakan Nama Toko yang Gampang Diingat

Pilihlah nama toko yang menurut anda gampang diingat orang, terutama untuk awal anda membuka toko online, ini sangatlah bermanfaat. Sesuaikan juga nantinya dengan nama domain anda agar lebih SEO Friendly.

2. Gunakan Tampilan yang Sesuai

Buatlah tampilan yang sesuai dengan tema produk anda, hal ini sangat penting karena tampilan yang selaras dengan produk anda akan membuat pengunjung nyaman dan mudah mengenali toko online.

Contohnya, untuk produk-produk fashion sebaiknya sebaiknya gunakan tampilan dengan warna-warna cerah agar memberi kesan funky kepada pengunjung.

3. Cantumkan Nomor Kontak dan Alamat dengan Jelas

Hal ini merupakan langkah yang baik untuk membangun kepercayaan lebih jauh antara anda sebagai penjual dengan para pembeli.

Sebisa mungkin jangan buat pembeli ragu dengan toko online anda yakinkan bahwa anda memang serius berjualan dan berniat melakukan penipuan.


Demikianlah posting kami kali ini yang membahas tentang petunjuk lengkap dalam pembuatan toko online untuk bisnis jualan anda. Semoga penjualan anda bisa terus meningkat setiap harinya. Selamat mencoba.

Sumber:
http://www.bukablog.com/2014/10/cara-membuat-website-toko-online-gratis.html


Related Posts

Petunjuk Lengkap Membuat Toko Online Menggunakan Blogspot untuk Pemula
4/ 5
Oleh

2 komentar

23 April 2015 21.11 delete

Keren gan artikelnya.Saya juga ada rencana buat bikin toko online tapi masih banyak yang harus dipelajari.Khususnya nyari suplayer yang terpercaya.

Reply
avatar
11 April 2016 17.02 delete

terima kasih gan, sangat bermanfaat. kebetulan belum lama ini baru bikin toko online melalui jasa web toko online. ternyata lebih mudah dan cepat.

Reply
avatar