Richard Cantillon – Ahli Ekonomi Riil Pertama dalam Sejarah

Richard Cantillon – Ahli Ekonomi Riil Pertama dalam Sejarah
dareconomics.wordpress.com
Richard Cantillon merupakan tokoh yang misterius karena tidak banyak yang diketahui tentang bagaimana kelahiran dan masa mudanya.

Kegiatan finansial serta kematiannya juga penuh dengan kontroversial.

Namun, karya-karyanya memang cukup mempesona, dibalik kesibukannya mengabdikan seluruh hidupnya untuk menghasilkan uang, Cantillon sudah menulis risalah ekonomi riil yang pertama ada pada masanya, sebuah studi yang mendeskripsikan kerja dari sistem ekonomi dan hubungan timbal baliknya.

Dirinya pula yang memberi sumbangan teori moneter dan ia menjadi orang pertama yang mengungkapkan pentingynya pengusaha dalam memainkan peran ekonomi.

Baca juga: Francois Quesnay, Tokoh Pencipta Model Ekonomi Pertama

Brewer (1992, hlm. 2), menerka tahun kelahiran Cantillon yang masuk akal, yaitu 1687 di mana berdasarkan fakta bahwa Cantillon menjadi warga Perancis di tahun 1708, dan usianya pada saat itu pasti 21 tahun.

Ia pergi ke Perancis pada tahun 1716 untuk mengambil alih Bank kepunyaan sepupunya. Akan tetapi ia kemudian memutuskan kembali Inggris untuk menghindari masalah-masalah hukum yang terus dialaminya, dan di Inggris ia bisa hidup mewah dengan kekayaan melimpah yang diperolehnya dari kegiatan investasi dan peminjaman.

Satu-satunya tulisan karya ekonomi dari Cantillon yang masih tersisa adalah Essay on the Nature Commerce (Cantillon, 1975) yang diterbitkan lebih dari 20 tahun kemudian setelah rumahnya di London dilahap abis oleh api.

Suplemen statistik yang disebut-sebut ada dalam teks ini, tak pernah satupun ditemukan. Essay tersebut dibagi menjadi tiga bagian, serangkaian prinsip-prinsip dikemukakan, meliputi berbagai topik yang menjelaskan bagaimana cara ekonomi bekerja.

Bagian pertama pada Essay ini menggambarkan bagaimana ekonomi riil beroperasi, atau prinsip-prinsip apa yang mendasari produksi barang dan prinsip apa yang mendasari penyewaan orang untuk memproduksi barang tersebut.

Sedangkan, pada bagian kedua memfokuskan topik pada sistem moneter dan bagaimana hubungan uang dengan perekonomian riil.

Dan yang terakhir, bagiak ketiga merupakan merupakan penggambaran mengenai perdagangan internasional dan penukaran mata uang asing (Valas).

Sehingga untuk selanjutnya para ahli ekonomi saat ini memberi gambaran terhadap ketidakpastian dari uang ini dengan sebutan Effect Cantillon.

Cantillon memang menjadi tokoh yang sering dilupakan dalam ilmu ekonomi. Ia dikenal terutama karena ia berpengaruh terhadap Quesnay dan mazhab kaum physiocrat.

Serta karena Cantillon juga yang telah mengembangkan gagasan bahwa aliran uang menghubungkan berbagai sektor ekonomi yang berbeda.

Namun, sebenarnya posisi Cantillon di dalam sejarah lebih penting ketimbang hal tersebut di atas. Essay-nya merupakan risalah ekonomi riil pertama dalam sejarah. Karena alasan ini pula yang mungkin membuat Cantillon layak dianggap sebagai ahli ekonomi riil yang pertama.


Karya-karya Cantillon

Essai sur la nature du commerce en general (1975), diterjemahkan oleh Henry Higgs, New York, Augustus Kelley, 1964.

Karya-karya Tentang Cantillon

Spengler, Joseph, “Richard Cantillon: First of the Modern I,” Journal of Political Economy, 62, 4 (Agustus, 1954), hlm. 281 – 95.
Spengler, Joseph, “Richard Cantillon: First of the Modern II,” Journal of Political Economy, 62, 5 (November, 1954), hlm. 406 – 24.
Tarascio, Vincent, “Cantillon’s Theory of Population Size and Distribution,” Atlantic Economic Journal, 9, 2 (Juli, 1981), hlm. 12 – 18.
Bordo, Michael, “Some Aspect of the Monetary Economics of Richard Cantillon,” Journal of Monetary Economics, 12 (1983), hlm. 235 – 58.
Murphy, Antoin, Richard Cantillon: Entrepeneur and Economics, Oxford Clarendon Press, 1986.
Brewer, Anthony, Richard Cantillon: Pioneer of Economics Theory, London and New York, Routledge, 1992.


Sumber:
http://e-je.blogspot.com/2009/03/richard-cantillon-1687-1734.html


Related Posts

Richard Cantillon – Ahli Ekonomi Riil Pertama dalam Sejarah
4/ 5
Oleh